Ini Pesan Rektor untuk Lulusan UGJ yang Baru Diwisuda

0
45

Cirebon,- Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Kota Cirebon menggelar Sidang Terbuka Senat dalam agenda Wisuda Sarjana dan Magister ke-53, yang berlangsung di Auditorium Kampus 1 UGJ, Jalan Pemuda, Kota Cirebon, Selasa (26/3/2019).

Pada acara sidang terbuka senat wisuda Sarjana dan Magister ke-53, UGJ Kota Cirebon mewisuda sebanyak 700 mahasiswa.

Aston Hotel

1. Pesan Rektor UGJ

Rektor UGJ Kota Cirebon, Dr. H. Drs. Mukarto Siswoyo, M.Si. berpesan kepada lulusan UGJ, bahwa saat ini sudah memasuki era industri 4.0, persaingan semakin ketat bahkan mungkin saja pekerjaan yang dulu di idam-idamkan malah menjadi hilang.

“Oleh karena itu saya berpesan kepada mereka, di era sekarang ini bukan saja mengandalkan ijazah yang didapat dengan keterampilan di kampus, tetapi mereka harus dapat mengembangkan kecerdasan emosional dan spritual serta kegiatan sosial, agar dapat bersaing dipasar kerja,” ujarnya usai kegiatan wisuda.

Lanjut Mukarto, lulusan UGJ juga harus dapat membangun bentuk-bentuk usaha kekinian yang memang sedang trand saat ini.

“Jadi, banyak hal yang memang harus mereka perjuangkan. Ini bukan akhir dari perjalanan mereka, tetapi justru awal perjalanan mereka untuk mencapai kesuksesan,” ungkapnya.

“Karena suksesnya seseorang di dunia karir itu, tidak melulu berdasar atas kecerdasan intelktual,” imbuhnya.

2. Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian, kata Mukarto, hampir 85 persen kesuksesan seseorang atas hasil skil-skil mereka, serta kecerdasan emosional sosial, bahkan spiritual.

“Sehingga, seiring dengan doa, semoga mereka lulusan UGJ dapat mencapai apa yang ingin dicapai dan dicita-citakan,” terangnya.

3. Capaian UGJ Di Awal 2019

Tiga bulan terakhir ini, kata Mukarta, sudah banyak capaian-capaian yang diraih oleh UGJ diawal tahun 2019 salah satunya adalah dosen-dosen UGJ yang mengajukan proposal untuk memperoleh dana hibah dari Kemenristekdikti melonjak tajam dari tahun sebelumnya.

“Bulan ini atau tiga bulan pertama, kita mencapai 90 persen proposal yang diajukan, lolos dengan nilai total hampir Rp. 2 Milyar dana dari Kemenristekdikti,” bebernya.

Menurut Mukarto, itu merupakan tonggak capaian prestasi dari UGJ salah satunya.

Kemudian capainya yang kedua, lanjutnya, UGJ mendapatkan akreditasi A untuk program studi Ilmu Hukum, ketiga terkait pendaftaran mahasiswa baru sudah mencapai 889.

“Itu baru gelombang satu, tahap satu. Ini masih lama perjalanannya,” ujarnya.

Selain itu, UGJ telah membuka tiga prodi baru dan sudah mendapatkan surat keputusan untuk menerima mahasiswa, diantaranya adalah prodi Teknik Elektro, Teknik Pengembangan Wilayah dan Teknologi Tata Kota, prodi Profesi Pendidikan Guru.

“Masih ada tiga lagi yang masih menunggu keputusannya,” tutup Mukarto. (AC212)