Ini Penjelasan Kadis Lingkungan Hidup Kota Cirebon Terkait Penumpukan Sampah

0
168
Pengangkutan sampai di TPSS Kesambi Kota Cirebon

Cirebon,- Sejumlah Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di Kota Cirebon yang mengalami penumpukan sudah dilakukan pengangkutan, Rabu (5/9/2018).

Pantauan About Cirebon, pengangkutan sampah yang mengalami penumpukan dilakukan oleh Kepolisian bersama-sama dengan TNI dan juga Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, diantaranya TPSS Jalan Kesambi dan Jalan Pamitran.

Aston Hotel

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Abdullah Syukur mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kapolres Cirebon Kota dan juga Dandim 0614 Kota Cirebon terhadap permasalahan sampah di Kota Cirebon.

Syukur menjelaskan, kondisi penumpukan sampah yang yang terjadi dikarenakan permasalahan perubahan sistem penganggaran, yang akhirnya mengalami keterlambatan.

“Kebetulan saat itu jatuh pada hari libur Sabtu dan Minggu. Tetapi, hari Senin sudah mulai dilakukan pengangkutan,” ujarnya kepada awak media disela-sela pengangkutan sampah di Jalan Kesambi Kota Cirebon, Rabu (5/9/2018).

Istana Kerang

Permasalahannya, kata Syukur, pada hari Jumat hingga Minggu mengalami overload atau penumpukan sampah. Dirinya pun merasa heran, bisa terjadi penumpukan sampah.

“Kalau dilihat dari volume sampah warga, tidak mungkin sebanyak ini,” terangnya.

Karena terjadi penumpukan di sejumlah TPSS di Kota Cirebon, pihaknya melakukan pengangkutan dengan sistem fokus di 1 TPSS terlebih dahulu sampai bersih. Kemudian dilakukan pengangkutan di TPSS selanjutnya.

“Tiap hari, kita melakukan pengangkutan di 3 sampai 4 TPSS yang mengalami penumpukan,” jelasnya.

Lanjut Syukur, sampah merupakan permasalahan yang sangat luar biasa, sehingga kita harus ada upaya-upaya khusus penanganan sampah di Kota Cirebon.

“Untuk TPSS yang berada di jalan protokol, kami sudah mengusulkan di tahun 2019 agar ditutup saja,” pungkasnya. (AC212)