Ini Penjelasan BMKG Jatiwangi Soal Angin Kencang di Wilayah Ciayumajakuning

Cirebon,- Sudah beberapa hari ini, kondisi kecepatan angin di wilyah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) terus mengalami peningkatan.

Peningkatan kondisi kecepatan angin di Ciayumajakuning beberapa hari ini disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan di wilayah utara dan selatan ekuator.

Devi Ardiyansyah, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Jatiwangi mengatakan posisi matahari yang berada di utara ekuator mendukung terbentuknya pusat tekanan rendah di wilayah tersebut yang mencapai 990 hPa, sedang di wilayah selatan mulai terbentuk pusat tekanan tinggi (1029 hPa).

BACA YUK:  Pj Wali Kota Cirebon Berkomitmen Siap Kerja Sama dengan Pemilik Media Online di Cirebon

“Perbedaan tekanan yang cukup signifikan tersebut berpengaruh pada peningkatan kecepatan angin di wilayah selatan ekuator,” ujarnya kepada About Cirebon melalui pesan singkat, Sabtu (4/8/2018).

Kata Devi, mengingat wilayah Ciayumajakuning yang berada di selatan dekat dengan pusat tekanan tinggi yang berada di daratan Australia dan didukung oleh faktor lokal adanya Gunung Ciremai (menjadi Angin Kumbang).

“Sehingga, menyebabkan terjadinya peningkatan kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning,” bebernya.

Lanjut dia, berdasarkan hasil pengamatan dari Stasiun Meteorologi Jatiwangi-Majalengka, arah kecepatan angin umumnya dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan maksimum mencapai 56 km/jam.

BACA YUK:  Peringati Hari Pendidikan Nasional, Indocement Cirebon Launching Tutorial Bahasa Inggris dan IPA

“Kondisi peningkatan kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning di prakirakan dapat mencapai nilai maksimum hingga 56 km/jam dan masih akan berlangsung hingga 3 hari kedepan,” bebernya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakan agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti pohon tumbang dan juga peningkatan tinggi gelombang mencapai kurang lebih 1,5 meter di Perairan Utara Cirebon dan Indramayu. (AC212)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *