Ini Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru di Kota Cirebon

Cirebon,- Proses Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPBD tahun ajaran baru 2023-2024 untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) dimulai sejak 4 Mei sampai 16 Juni 2023. Saat ini, Dinas Pendidikan Kota Cirebon mulai menyiapkan proses tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Kadini mengatakan untuk pelaksanaan PPDB akan tetap mengikuti peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan atau Permendikbud Republik Indonesia. Selain itu, pelaksanaan PPDB di Kota Cirebon tetap mengikuti peraturan walikota yang sudah dimiliki oleh Pemerintah Kota Cirebon.

“Kami tetap berpedoman Permendikbud untuk pelaksanaan PPDB, seperti adanya jalur afirmasi, jalur akademik, jalur prestasi dan, jalur zonasi,” ujar Kadini kepada About Cirebon, Jumat (26/5/2023).

Pelaksanaan PPDB tahun ini, kata Kadini, pihaknya fokus juga terhadap sekolah-sekolah yang menjadi spesifikasi sekolah. Karena, menurutnya, yang menjadi kendala setiap tahunnya terkait dengan sekolah-sekolah yang berada dipinggiran yang susah mendapatkan calon siswa.

BACA YUK:  691 PPK Dilantik, Pj Wali Kota Cirebon Minta PPPK Berikan Pengabdian dan Pelayanan yang Terbaik

“Sesuai dengan Perwal yang sudah ada, ada beberapa spesifikasi sekolah khusus. Misalnya SMPN 4 Kota Cirebon, sekolah khusus olahraga untuk pembinaan,” katanya.

Kemudian, tambah Kadini, pihaknya tengah mengupayakan sekolah SMP yang fokus terhadap spesifikasi lain, seperti seni tari, seni budaya, hingga bisnis.

“Kami harap bila ada sekolah memiliki spesifikasi lain selain olahraga akan mempermudah sekolah untuk mencari peserta didik baru,” ungkapnya.

Sementara itu, perihal PPDB tahun ajaran 2023-2024 akan dimulai dengan penerimaan untuk jenjang PAUD dan SD, dengan jadwal mulai tanggal 4 Mei sampai 16 Juni untuk agenda pengumuman dan sosialisasi pendaftaran calon peserta didik baru.

BACA YUK:  Edukasi Para Orang Tua, Jammiyah SMP Islam Al-Azhar 5 Kota Cirebon Gelar Seminar Parenting

Kemudian, pada tanggal 19 Juni – 24 Juni dilanjut dengan pendaftaraan, 26 – 28 Juni tahap seleksi, 30 Juni – 1 Juli tahap pengumuman dan penetapan peserta didik baru, 3 Juli – 8 Juli Daftar ulang, 17 – 20 Juli masa pengenalan lingkungan sekolah/MPLS sampai pada tanggal 21 Juli untuk hari pertama KBM berlangsung untuk tahun ajaran baru.

“Untuk jadwal PPDB tingkat SMP, akan dilakukan dalam dua tahap, ditanggal yang sama, mulai tanggal 4 Mei – 16 Juni pengumuman dan sosialisasi dan pendaftaran calon peserta didik baru,” terangnya.

Untuk PPDB tahap pertama, kata Kadini, akan dimulai tanggal 19 – 24 Juni untuk pendaftaraan dan verifikasi berkas tahap 1 dan tanggal 26 Juni pengumuman hasil seleksi tahap 1, dilanjut pada tanggal 27 – 30 Juni untuk daftar ulang atau registrasi tahap 1.

BACA YUK:  Gedung Bundar Akan Jadi Zona Kreatif Warga Kota Cirebon, Ini Fasilitasnya

Setelah tahap 1, dilanjut dengan tahap 2, dimulai pada tanggal 5 – 11 Juli untuk pendaftaraan dan verifikasi berkas tahap 2, tanggal 12 Juli pengumuman hasil seleksi tahap 2, sampai 13 – 15 Juli untuk daftar ulang atau registrasi tahap 2.

“Setelah kedua tahap selesai, di tanggal 17 – 18 Juli, peserta didik baru akan mulai masuk tahap MPLS, dan secara bersamaan, tanggal 21 Juli peserta didik baru di semua tingkatan akan memulai kegiatan belajar mengajar untuk hari pertama,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *