Ini Hasil Gambar yang Menggunakan Kayu Jati Belanda Bakar

Cirebon,- Menggambar biasanya dilakukan menggunakan media kanvas, namun berbeda yang dilakukan oleh Rumah Poster Cirebon. Pasalnya, media yang digunakan menggunakan bahan dasar kayu jati Belanda.

Berawal dari hobi dan membuat tatto, Harry Lesmana atau yang biasa disapa Ucok ini memulai bisnis menggambar menggunakan bahan dasar kayu sejak tahun awal tahun 2017.

Menurut Ucok, bahan dasar yang digunakan memang berbeda dari lukisan-lukisan lain, karena bahan kayu jati Belanda sebelum digambar, dibakar terlebih dahulu.

“Kayu jati belanda dibakar agar bisa terlihat urat kayunya,” ujar Ucok kepada About Cirebon, Minggu (22/7/2018) di lokasi pembuatannya di Jalan Sukalila Selatan Kota Cirebon

BACA YUK:  C20 SDG’s and Humanitarian Working Group International Multistakeholders

Ucok menjelaskan, menggambar di atas kayu jati Belanda ini menggunakan empat metode bergambar seperti metode air brush, ada juga menggunakan metode crayon carandache, metode contour, dan juga metode decal.

“Kalau tingkat kesulitan gambar yang akan digambar di atas kayu jati Belanda biasanya menggunakan metode decal,” ungkapnya.

Lanjut dia, bila gambar tersebut telah selesai, untuk hasil akhirnya gambar tersebut dilapisi oleh blinken clear agar gambar bisa tahan lama dan awet.

“Pembuatannya bisa memakan waktu dua hari untuk satu lukisan, tapi tergantung juga dengan tingkat kerumitan yang akan digambar,” jelasnya.

BACA YUK:  Meski Ada Pelonggaran, Program Vaksinasi di Kota Cirebon Tetap Lanjut

“Kadang, kalau lagi santai atau tidak ada pesanan, dalam tiga hari bisa menghasilkan lima gambar,” imbuhnya.

Sampai sekarang, Ucok telah menghasilkan kurang lebih 200 gambar kayu Jati Belanda Bakar. Ratusan gambar tersebut Ucok jual melalui  online, salah satunya di Tokopedia dan Bukalapak.

“Yang pesen online banyak, ada yang dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, bahkan ada juga yang pesan dari luar Pulau Jawa seperti Bali dan Kupang,” katanya.

Selain menggamar di atas kayu jati Belanda bakar, kata Ucok, bisa juga menggambar di atas hardcase handphone.

BACA YUK:  Politisi Golkar Kota Cirebon, Lili Eliyah Dilantik Menjadi Anggota DPRD Jawa Barat

“Kalau di hardcase handphone bisa dikerjakan hanya satu hari saja, dengan biaya Rp. 50 ribu. Sedangkan untuk harga gambar kayu jati belanda mulai dari Rp. 195 ribu,” jelasnya.

“Untuk ukuranya bervariasi, ada ukuran 40×50 cm, 50x70cm, dan 60×90 cm. Kalau di luar ukuran tersebut masuknya menjadi costume,” tutupnya. (AC212)

(Dilihat: 134 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.