Ini Dia Terobosan Kreatif yang Diluncurkan Polres Cirebon

Cirebon,- Polres Cirebon meluncurkan salah satu terobosan kreatif, yaitu Command Center, Rabu (9/5/2018).

Kapolres Cirebon, AKBP. Suhermanto mengatakan Command Center berisi beberapa aplikasi berbasis IT untuk mengatasi kemacetan lalu lintas, salah satunya adalah fasilitas CCTV di beberapa pintu tol yang ada di wilayah Cirebon.

“Di sini, kami berkoordinasi dengan Bina Marga untuk melihat jumlah kendaraan yang melintasi pintu tol yang ada di wilayah hukum Polres Cirebon,” ujarnya.

Untuk mengatasi kemacetan, pihaknya telah membentuk tim urai yang saat ini sedang dilakukan pelatihan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon dan berkoordinasi dengan instansi terkait yang berkaitan dengan toilet portabel dan SPBU berjalan.

BACA YUK:  Kapolres Cirebon Kota Beri Edukasi kepada Penjual Minyak Goreng Curah Agar Harga Sesuai HET

“Toilet portabel ini untuk mengantisipasi apa bila terjadi kemacetan dan bila masyarakat kehabisan bahan bakar saat kemacetan sudah ada SPBU berjalan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, saat ini CCTV yang sudah terpasang ini bekerja sama dengan Polres Cirebon dan terpasang di Command Center baru 4 titik pintu tol dan rencananya akan diperbanyak kembali sesuai dengan kebutuhan.

“Termasuk di jalur arteri akan dipasang CCTV yang terkoneksi dengan Command Center. Sehingga bila ada kemacetan kami sudah bisa menggerakkan anggota melalui ruangan ini,” bebernya.

BACA YUK:  Sidak Lokasi Program Kotaku, Komisi II DPRD Kota Cirebon Dapat Keluhan dari Warga

Selain itu, AKBP Suhermanto menambahkan terkait aplikasi yang sedang kami rintis yang diberi nama Sigabon kepanjangan Polisi Siaga Cirebon. Aplikasi ini terdapat beberapa pelayanan masyarakat, salah satunya adalah Panic Button.

“Jadi, bila ada masyarakat mengalami gangguan di wilayahnya seperti kejahatan atau kemacetan bisa melapor melalui aplikasi,” tambahnya.

“Bila ada yang melaporkan melalui aplikasi tersebut kami akan mengirim anggota yang terdekat di lokasi pelaporan,” imbuhnya. (AC212)

(Dilihat: 9 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.