Ini Dia Strategi PMI Kota Cirebon dalam Memenuhi Stok Darah Sepanjang Ramadan

0
25

Cirebon,- Jelang Ramadan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon mulai berupaya melakukan pemenuhan stok darah. Hal ini dilakukan agar sepanjang Ramadan persediaan darah tetap stabil dan tidak terjadi kekurangan darah.

Ketua PMI Kota Cirebon, dr. M. Edial Sanip., Sp.J.P., FIHA. mengatakan pihaknya mulai gencar akhir-akhir ini menggelar donor darah di berbagai instansi, perhotelan, maupun komunitas.

Aston Hotel

“Kebanyakan orang biasanya jarang melakukan donor darah saat Ramadan, karena siang hari mereka berpuasa. Tapi kami tetap adakan jadwal datang ke RW-RW, kelurahan, bahkan masjid-masjid bagi yang ingin mendonor sehabis salat tarawih,” jelasnya kepada About Cirebon.

Alternatif lainnya, PMI Kota Cirebon menggelar donor darah bekerja sama dengan gereja-gereja di Kota Cirebon. Pada saat Ramadan, masyarakat non muslim bisa tetap mendonorkan darahnya.

dr. Edial mengaku biasanya kebutuhan darah meningkat antara 20% sampai 30% saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Karena dari tahun-tahun sebelumnya ada yang terjadi kecelakaan mudik dan lainnya, sehingga membutuhkan darah yang cukup banyak. Bahkan pihaknya membuka posko PMI di titik-titik tertentu.

Istana Kerang

“Kami selalu koordinasi antar PMI di wilayah sekitar agar pemenuhan stok darah tetap stabil. Ini sebagai upaya membantu masyarakat ketika urgen membutuhkan darah,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap, semoga masyarakat Kota Cirebon tetap bisa mendonorkan darahnya, baik datang langsung ke PMI Kota Cirebon maupun mengikuti donor darah saat datang ke RW-RW atau kelurahan. (AC560)