Ini Antisipasi yang Dilakukan Polres Cirebon Kota Hadapi Pemilu 2019

0
21

Cirebon,- Kapolres Cirebon Kota, AKBP. Roland Ronaldy meninjau gudang penyimpanan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, di Gudang Bentoel, Jalan Pronggol, Kota Cirebon, Jumat (29/3/2019).

1. Kolaborasi Dengan KPU

Aston Hotel

Menurut Roland, pengecekan gudang logistik dalam rangka untuk mengetahui sejauh mana konsen dari kepolisian dan kotak suara ataupun surat suara yang sudah dilakukan sortir dan lipat (sorlip) disimpan di tempat yang aman.

“Dalam artian, potensi-potensi seperti mungkin bocor, kemalingan, kebakaran, dan sebagainya, kita antisipasi,” ujarnya saat meninjau gudang logistik KPU Kota Cirebon.

Lanjut Roland, peninjauan ini juga ingin mengetahui sejauh mana persiapan pensortiran dan lipat, sehingga nantinya bisa berkolaborasi dengan KPU Kota Cirebon dalam hal pengamanan.

“Seperti mengambil surat suara, kita siap untuk mengawal. Sehingga kita bisa jemput bola dan kalau terprogres seperti ini kita jadi tahu,” terang Roland.

2. Tindakan Antisipasi

Untuk mengantisipasi hal-hal di atas, menurut Roland, kita sudah menyiapkan anggota di masing-masing gudang dan juga mendirikan tenda.

“Kita piketkan anggota setiap harinya pagi dan malam, untuk menjaga gudang penyimpanan,” bebernya.

Kemudian, lanjut Roland, pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak pemadam kebakaran untuk menyediakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), untuk persiapan tindakan pertama.

“Kita juga sudah berkordinasi dengan KPU terkait jadwal-jadwal kegiatan KPU untuk persiapan Pemilu,” jelasnya.

3. Patroli Cyber

Selain itu, kata Roland, Polres Cirebon Kota sampai saat ini selalu melakukan patroli cyber untuk mengantisipasi potensi-potensi adanya hacker, black campaign, ujaran kebencian, dan lain sebagainya.

“Namun, sampai saat ini kita belum menemukan adanya itu di Kota Cirebon,” ungkapnya.

Menurut Roland, antisipasi ini terus dilakukan dan tidak menutup kemungkinan dengan situasi politik seperti ini bisa terjadi hal-hal tersebut.

“Sehingga, kita harus siap sebelum peristiwa itu terjadi. Dan untuk tim cyber kita siapkan 20 anggota,” tegasnya. (AC212)