Ingin Kuliah di STAN? Ini Syaratnya

0
805
Kampus STAN

Jakarta – Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Diploma I dan Diploma III, dengan kuota 7.301 orang untuk tahun ini. Pada situs resminya yang dikutip About Cirebon, Senin (9/4/2018), syarat umumnya yaitu calon mahasiswa merupakan lulusan tahun 2017 atau calon lulusan tahun 2018 dari semua sekolah menengah atas atau sederajat.

Dalam keterangannya disebutkan persyaratan nilai bagi pendaftar lulusan tahun 2017 dan sebelumnya harus memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah (bukan hasil pembulatan) dengan nilai baik. Nilai baik yang dimaksud adalah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

Aston Hotel

Bagi pendaftar calon lulusan tahun 2018, harus memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XlI) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00. Dengan kata lain, angka 2,80 untuk skala 4,00.

Para pendaftar harus memenuhi ketentuan pada saat pendaftaran dan yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

Ada juga persyaratan usia maksimal pada 1 September 2018 adalah 20 tahun. Artinya, calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 1998 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2018 adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.

Selain itu juga ada persyaratan fisik, harus berbadan sehat dan bebas dari Napza (narkoba, psikotropika. dan zat adiktif lainnya). Kriteria berbadan sehat yang dimaksud yakni, mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik; mampu melakukan tugas seperti menganalisis, mengetik, menyampaikan ide, dan berdiskusi; dan mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berjalan atau dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda.

Pendaftar juga harus berstatus belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan. Khusus spesialisasi kepabeanan dan cukai ada persyaratan tambahan. Untuk spesialisasi diploma I, pendaftar laki-laki harus memiliki tinggi badan minimal 165 cm dan perempuan harus memiliki tinggi badan minimal 155 cm.

Untuk spesialisasi Diploma III, pendaftar laki-laki harus memiliki tinggi badan minimal 165 cm, tidak cacat badan, dan tidak buta warna. Selain itu bagi pendaftar STAN pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat ditoleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri. (AC350)