Indocement Bantu Indobatik Ciwaringin Tingkatkan Ekonomi Kreatif

0
372
Deklarasi Indobatik Ciwaringin di Grage City Mall, Sabtu (9/12/2017)

Cirebon, 9 Desember 2017,- Sejak tahun 2012, Indocement memberikan sumbangsih dengan melaksanakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR) berupa pelatihan membatik untuk meningkatkan konsistensi produk batik tulis Ciwaringin.

Perjalanan yang dilalui untuk meningkat ekonomi kreatif di Batik Ciwaringin cukup panjang. Tahun 2014, Tiga Roda memfasilitasi Koperasi Anugrah Batik Ciwaringin dan dibantu dari Universitas Gajah Mada (UGM) yang terus menerus memberikan pelatihan kepada pengrajin batik.

Aston Hotel

Setelah semuanya siap, akhirnya pada hari ini Sabtu (9/12/2017) para pengrajin batik mendeklarasikan terbentuknya Indobatik Ciwaringin. Acara ini digelar di Atrium Grage City Mall yang dihadiri oleh Direktur Eksekutif Indocement, Kuky Permana; Ketua Yayasan Batik Jawa Barat Ir. Sendy Ramania Wurandani; Dr. Moh. Fahrurrozi Kepala Departemen Kimia UGM serta pada pejabat di lingkungan dinas pemerintahan Kabupaten Cirebon.

Direktur Eksekutif Indocement, Kuky Permana mengatakan bahwa dengan terbentuknya Indobatik Ciwaringin dapat menjadi destinasi wisata baru di Cirebon sehingga ciri khas Batik Ciwaringin dengan menggunakan pewarna alami semakin diminati.

“ Kami berharap, deklarasi ini bisa meningkatkan ekonomi kreatif yang mampu menarik wisatawan,” lanjutnya.

Istana Kerang

Selain itu, Ketua Yayasan Batik Jawa Barat Ir. Sendy Ramania Wurandani mengemukakan perlunya regenerasi untuk para pengrajin agar generasi muda bisa meneruskan Indobatik Ciwaringin ini karena saat ini banyak didominasi oleh generasi tua.

Acara deklarasi dan pameran Indobatik Ciwaringin digelar selama 2 hari, 9 – 10 Desember 2017 di Atrium Grage City Mall dengan melakukan beberapa kegiatan Lomba Foto, Pameran Batik, Lomba Desain Batik dan Lomba Mewarnai untuk anak.(AC400)