Imigrasi Cirebon Kukuhkan Tim Pora Tingkat Kecamatan dan Tim Pora Laut

Cirebon,- Kantor Imigrasi kelas II Cirebon menggelar kegiatan Rapat Kordinasi dan Pengukuhan Tim Pora (Pengawasan Orang Asing) tingkat kecamatan serta tim pengawasan orang asing laut, yang berlangsung di Ballroom Aston Cirebon Hotel, Jalan Brigjen Darsono Bypass Cirebon, Kamis (22/2/2018).

Indro Purwoko, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Jawa Barat mengatakan, bahwa petugas imigrasi kelas II Cirebon membawahi wilayah III Cirebon, sementara petugasnya terbatas.

“Sehingga, dibentuknya Tim Pora ini untuk memberikan informasi-informasi terkait keberadaan orang asing, atau kegiatan orang asing, maupun pelanggaran terkait dengan Undang-undang Keimigrasian,” ujarnya.

BACA YUK:  Hibur Penumpang KA, Daop 3 Cirebon Hadirkan Live Music hingga Pojok Baca

Targetnya, kata dia, tentunya masing-masing punya peran sendiri-sendiri, terkait dengan masalah-masalah keberadaan orang asing yang ada di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon, Muhammad Tito Andrianto menambahkan, Pengukuhan Tim Pora tingkat kecamatan ada 134, terdiri dari unsur Camat, Danramil, Kapolsek. Dan Tim Pora Laut.

“Untuk total peserta yang dikukuhkan ada sekitar 450 orang,” jelasnya.

Ia menjelaskan, cara kerja tim pora ini sifatnya wadah untuk kordinasi yang berkaitan dengan keberadaan orang asing. Setiap informasi akan kita tampung, bila mana ada pelanggaran.

BACA YUK:  Ingat Masa Sulit, Grage Group Rutin Gelar Syudulimar

“Jika ada pelanggaran pidana kita serahkan kepada kepolisian, unsur ketenagakerjaan diarahkan ke Disnaker,” bebernya.

Untuk Tim Pora Laut, pihaknya melibatkan Syahbandar, TNI AL, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Indonesia (KPLP), ada juga Polairud. (AC212).

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *