Ikon Baru Kota Cirebon Replika Pedati Gede Mulai Dipasang di Taman BAT

Cirebon,- Replika Pedati Gede yang berada di kawasan Taman BAT Kota Cirebon sudah memasuki tahap perakitan, Kamis (10/11/2022). Rencananya, ikon baru Kota Cirebon ini akan diresmikan oleh Wali Kota Cirebon pada 12 Desember 2022 mendatang.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Cirebon, Wandi Sofyan mengatakan saat ini Replika Pedati Gede sudah mulai perakitan di Taman Pedati Gede yang berada di kawasan BAT Kota Cirebon. Selanjutnya, kata Wandi, akan dilakukan penanaman tanaman dan finising.

BACA YUK:  Mulai Hari Ini, Paspor Indonesia Masa Berlaku 10 Tahun Diterbitkan

“Insyaallah tanggal 12 Desember 2022 mudah-mudahan sudah bisa diresmikan oleh Bapak Wali Kota Cirebon. Untuk perakitan kan kita jadwalkan 4 hari, akan tetapi bisa saja besok sudah selesai,” ujar Wandi kepada About Cirebon, Kamis (10/11/2022).

Menurut Wandi, pengerjaan Replika Pedati Gede sudah on the track sesuka jadwal. Apalagi pengerjaan taman sudah mencapai 60 persen dan hal tersebut terus dikejar oleh rekan-rekan dari tim ITB yang ada di lapangan.

“Seperti contohnya sesuai target, awal November 2022 untuk pembuatan Replika Pedati Gede juga sudah dilaksanakan dengan baik. Mudah-mudahan taman juga bisa sesuai dengan target,” ungkapnya.

BACA YUK:  BPBD Kota Cirebon Berangkatkan Petugas dan Keperluan Logistik ke Cianjur

Sementara itu, Herro Yudhistira, Kepala Bidang Perumahan Prasarana Sarana dan Utilitas DPRKP Kota Cirebon menjelaskan Replika Pedati Gede menggunakan bahan komposit,  yang memiliki bahan yang sangat kuat dan pemeliharaannya pun mudah. Bahan komposti, menurut Herro, merupakan bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan pesawat terbang, pesawat tempur, kapal laut, hingga mobil.

“Jadi tidak mudah keropos, tidak kena erosi, bahkan tahan lama, ketimbang menggunakan bahan kayu. Kalau kayu kan kekuatannya 10-15 tahun dan pemeliharaannya sangat mahal. Kalau ini pemeliharaannya mudah, ringan dan tahan lama,” ujar Herro saat ditemui About Cirebon di lokasi Replika Pedati Gede.

BACA YUK:  Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon, Pemkot Cirebon Diminta Maksimalkan PAD

“Bahan komposit ini kuat di udara tropis seperti di Kota Cirebon, apalagi dekat pantai dan terkena air laut asinnya pasti nempel. Insyaallah ini kuat,” tambahnya. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *