Iduladha, Kasultanan Kanoman Cirebon Lakukan Tradisi Grebeg Ageng

Cirebon,- Di Hari Raya Iduladha, Keraton Kanoman Cirebon melakukan tradisi Grebeg Ageng, yang berlangsung di Komplek Makam Sunan Gunung Jati, Rabu (22/8/2018).

Acara Grebeg Ageng merupakan tradisi yang menjadi prosesi ritual Keraton Kanoman Cirebon sejak beberapa abad lalu. Prosesi tersebut dalam bentuk pengakuan terhadap silsilah para leluhur dan perhelatan yang berisi doa-doa kepada raja yang telah wafat sebagai pendahulu keraton.

Dalam acara Grebeg Ageng, Gusti Sultan Raja Muhammad Emirudin diwakili oleh Pangeran Raja Mochammad Qodiran beserta segenap keluarga dan kerabat keraton melakukan Salat Iduladha.

BACA YUK:  Lakukan Kolaborasi dengan Kemenkop UKM, Inkubator Bisnis Umar Usman Dukung Peningkatan Rasio Kewirausahaan di Indonesia

Sebelum melakukan Salat Iduladha, Pangeran Patih Raja Mochammad Qodiron mengganti baju dengan jubah kebesaran keraton sebagai tanda Keprabonan atau Keprabuan dan kepemimpinan, yang kemudian dilanjut menuju Masjid Agung Gunung Jati untuk melakukan Salat Ied.

Usai melaksanakan Salat Ied, Pangeran Patih melanjutkan tradisi sungkeman, kemudian melakukan ziarah kubur ke makam para leluhur.

Ratu Raja Arimbi, selaku Juru bicara Keraron Kanoman mengatakan prosesi ritual Grebeg Ageng esensinya melakukan ziarah kubur oleh Sultan Kanoman yang diiringi segenap keluarga mapun kerabat keraton, serta silaturahmi kepada masyarakat.

BACA YUK:  KNPI Kota Cirebon, Rumah Besar Para Pemuda untuk Bentuk Karakter Kepemimpinan dan Kepedulian Sosial

“Prosesi Grebeg Ageng berlangsung setiap tahun, sebagai rasa syukur kepada Allah SWT karena dapat melaksanakan ibadah Salat Iduladha,” tambahnya.

Lanjut Ratu, prosesi ritual ini dijadikan sebagai media pertemuan atau silaturahmi dan mengukuhkan persaudaraan antara umat Islam dengan masyarakat yang berziarah di makam Kanjeng Sunan Gunung Jati.

“Rangkaian prosesi Grbeg Ageng dalam banyak sisi, telah mengekspresikan khazanah kebudayaan yang tidak bisa dilepaskan dari spirit masyarakat Cirebon dan masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, atas nama Keluarga Besar Kesultanan Kanoman Cirebon, Ratu Arimbi, mengucapkan Selamat hari Raya Iduladha 1439 H.

BACA YUK:  Bingung Cari Jajanan Berkuah? Baso Ikan Tuna Solusinya

“Semoga, amal ibadah kita semua dapat menghantarkan menjadi orang-orang yang bertaqwa,” tutupnya. (AC212)

(Dilihat: 20 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.