Hypnobirthing Diperlukan sebagai Pendamping Saat Melahirkan

Cirebon,- Hypnobirthing adalah teknik persalinan yang melibatkan teknik relaksasi dan hipnosis. Teknik seperti ini untuk mengurangi rasa cemas saat melahirkan.

Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Juliantina Mulus Rahaju mengatakan hypnobirthing ini dibutuhkan sebagai pendamping pada saat melahirkan. Karena, membantu ibu agar merasa siap secara fisik, mental, sekaligus spiritual saat melahirkan.

“Hypnobirthing ini sebetulnya hanya pendukung pada saat proses kehamilan dan kelahiran. Sehingga kelahiran bisa berjalan lancar dan mengurangi sara sakit,” ujar Juliantina saat ditemui About Cirebon, Kamis (28/10/2021).

BACA YUK:  Ketua DPR RI Puan Maharani Kunjungan Kerja di Kota Cirebon

Menurut Julianti, yang ditakutkan oleh perempuan-perempuan melahirkan adalah rasa sakit dan mulesnya. Namun, yang paling penting melahirkan adalah momen yang tidak pernah dilupakan dalam kehidupan seorang wanita.

“Berapapun dia melahirkan, dia pasti ingat. Itulah pengalaman-pengalaman seorang wanita yang tidak bisa dilupakan seumur hidup,” katanya.

“Jadi mari kita bantu wanita-wanita di Kota Cirebon ini bisa melahirkan dengan nyaman dan momen itu bisa diingat serta menyenangkan,” sambungnya.

Juliantina menjelaskan angka kematian ibu dan bayi saat melahirkan sampai dengan bulan September 2021 sudah ada 12 kematian. Dan itu, tambah Juliantina, kebanyakan penyebabnya karena COVID-19.

BACA YUK:  Komisi III DPRD Kota Cirebon Minta Percepatan Pencetakan Kartu BPJS Kesehatan

“Kematian ibu dan ana saat melahirkan itu ada penyebabnya tidak langsungnya. Dalam hal ini ibu hamil yang terkonfirmasi COVID-19,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 45 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.