Selasa, 30 November 2021

Hingga 22 Maret 2020, RSD Gunung Jati Telah Menerima 66 Warga Pemeriksaan Diri Screening Covid-19

Populer

UMK Kota Cirebon Tahun 2022 Naik Sebesar Rp. 33 Ribu

Cirebon,- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon dan Dewan Pengupahan Kota (Depeko) telah menggelar rapat penetapan Upah Minimum Kota...

Barisa Cafe Usung Konsep Pantai Lengkap dengan Pasirnya

Cirebon,- Jika kamu rindu dengan suasana pantai di Bali, kafe ini menghadirkan konsep dengan suasana pantai. Namanya Barisa Cafe,...

Open Bidding di Pemkab Cirebon Minta Pendampingan KPK RI

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon meminta para pejabat Eselon II yang ikut tes seleksi open bidding mampu membuat inovasi untuk kemajuan...

Pengurus Ikatan Alumni UGJ Cirebon Periode 2021 – 2025 Resmi Dilantik

Cirebon,- Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) periode 2021-2025 resmi dilantik. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang...

Catat Tanggalnya, TDA Cirebon Gandeng Lintas Institusi Gelar Pesta Wirausaha dan Vaksinasi

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon bersama Polres Cirebon Kota, Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan komunitas lainnya akan...

Cirebon,- Berkenaan dengan upaya penanggulangan virus Corona atau Covid-19, Rumah Sakit Daerah Gunung Jati (RSDGJ) Kota Cirebon telah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan dalam penanganan covid-19.

Menurut catatan RSD Gunung Jati, bahwa sampai dengan tanggal 22 Maret 2020 jam 21.00 WIB, pihaknya telah menerima 66 warga yang memeriksakan diri (skrining covid-19).

“Kami mengapresiasi kesadaran dan partisipasi warga dalam penanggulangan virus Corona (covid-19),” ujar Direktur RSD Gunung Jati Kota Cirebon, dr. Ismail Jamaludin saat pers Conference di Kantor Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Senin (23/3/2020).

Loading...

Warga yang memeriksakan diri, lanjut Ismail, terbanyak dari Kabupaten Cirebon sebanyak 35,3 persen, diikuti Kota Cirebon 26,5 persen, Kuningan 7,4 persen, Majalengka 4,4 persen, Indramayu 2,9 persen, dan dari daerah lain sebanyak 23,5 persen. 7,4 persen diantarnya warga negara asing (WNA) yang berasal dari Tiongkok dan Filipina.

BACA YUK:  Chefi's Arabian Cafe & Resto Wakafkan 2,5% Profit ke Pondok Modern Tazakka

“Dari 66 orang yang telah memeriksakan diri, 22 orang tidak masuk kriteria kategori penderita covid-19. 35 orang kategori ODP (Orang dalam pemantauan), 8 orang kategori PDP (pasien dalam pengawasan) dan 1 orang terkonfirmasi positif,” bebernya.

“RSD Gunung Jati telah merujuk sebanyak 4 pasien ke rumah sakit lain, karena ruangan di RS Gunung Jati penuh,” tambahnya.

Lanjut Ismail, 1 orang pasien yang terkonfimasi positif (Corona) saat ini dalam kondisi sehat, tetapi tidak diperbolehkan pulang apabila hasil swab sebanyak dua kali menunjukan hasil negatif.

“Kalau kondisinya sudah membaik, tidak panas, tidak batu dan sudah tidak sesak. Tapi kita masih menunggu hasil swab pasien tersebut sampai dua kali dinyatakan negatif,” terangnya.

Dalam penanganan covid-19, RSD Gunung Jati Kota Cirebon memiliki ruang isolasi dengan kapasitas 6 tempat tidur, yang terdiri dari 4 tempat tidur untuk perawatan biasa dan dua tempat tidur untuk perawatan insentif.

BACA YUK:  Antisipasi Penggunaan Narkotika dan Asusila, Petugas Gabungan Gelar Razia di Kost-kostan

“Untuk saat ini ruang isolasi penuh, ada 6 pasien yang sedang dirawat. Pasien yang memerlukan isolasi, untuk sementara ditempatkan di anteroom atau ruang tunggu, sebelum dirujuk ke rumah sakit lain,” bebernya.

Sejak beberapa hari yang lalu, tambah Ismail, RSD Gunung Jati berusaha menambah kapasitas sejumlah 29 tempat tidur. Ruang isolasi ini menggunakan ruang perawatan yang sebelumnya tidak digunakan.

“Kami juga masih akan terus menambah kapasitas tempat tidur dengan mengalih fungsikan ruang IPSRS dan rumah tangga menjadi ruang isolasi,” paparnya.

Pihak RSD Gunung Jati Kota Cirebon menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk tidak menyebarkan berita yang dapat membentuk opini negatif masyarakat.

Sehingga, masyarakat enggan mendatangi fasyankes untuk melakukan skrining covid-19, justru kontraproduktif dengan upaya pemerintah dalam penanggulangan covid-19.

“Dukung kami, kuatkan kami dan doakan kami,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kenaikan Harga Minyak Goreng Harus Diredam

Jakarta,- Gejolak kenaikan harga minyak goreng hingga akhir tahun diprediksi masih terus merangkak naik. Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik...

Ratusan ASN di Kota Cirebon Dapat Anugerah Satyalancana Karya Satya

Cirebon,- Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Pemerintah Daerah Kota Cirebon memberikan anugerah kepada 218 Aparatur Sipil Negara (ASN). Anugerah...

Tingkatkan Pengalaman Nonton, Telkomsel Jalin Kolaborasi dengan Catchplay+

Jakarta,- Telkomsel berkolaborasi bersama Catchplay+ untuk meningkatkan pengalaman menonton bagi masyarakat dengan membuka akses lebih luas dalam menikmati hiburan digital berkualitas kelas dunia yang...

Jalin Kemitraan, RS Sumber Kasih Cirebon Gelar Kompetisi Futsal

Cirebon,- Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon menggelar Futsal Competition bersama mitra kerja. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari 27 -28 November 2021 di Lapangan...

More Articles Like This