Hari Sumpah Pemuda, Para Pelaku Hotel dan Komunitas Gelar Aksi Bersih-bersih Sampah Plastik

0
69
Membersihkan sampah plastik di Pelabuhan Cirebon, Minggu (28/10/2018)

Cirebon,- Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) menggelar bersih-bersih pantai Cirebon, Minggu (28/10/2018).

Kegiatan yang berlangsung di Pantai Pelabuhan Cirebon tersebut dihadiri oleh 200 orang, dengan membersihkan sampah-sampah plastik yang berserakan di bibir pantai.

Aston Hotel

“Kegiatan ini sebagai ajang kampanye untuk masyarakat Cirebon. Kami mengumpulkan sampah-sampah plastik karena sampah jenis tersebut sulit untuk diurai, sedangkan di laut banyak sekali ikan-ikan dan biota laut lainnya yang harus tetap tumbuh,” ungkap Ketua Pelaksana, Wily Asih.

Diakui Wily, sampah plastik banyak sekali tersebar dan sangat dekat dengan kehidupan manusia. Melalui kegiatan ini pula, sebagai sarana edukasi, memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempat yang seharusnya.

“Terkadang kan masyarakat belum bisa membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Ada yang membuang ke sungai, ke laut, padahal secara tidak sadar itu bisa mencemarkan lingkungan,” jelasnya.

Keindahan laut pun seakan sirna ketika sampah-sampah berserakan di sekitarnya. Dengan landasan demikian, pihaknya menyelenggarakan kegiatan ini, dan disambut baik oleh para peserta lainnya.

Kegiatan ini juga diikuti oleh hotel-hotel lainnya baik dari Cirebon maupun dari Kuningan, para peserta juga terdapat dari beberapa kampus yang ada di Cirebon seperti Untag Cirebon, IAIN Cirebon, dan juga komunitas Sanggar Lingkungan Hidup, Komunitas Go Green, dan lainnya.

“Mudah-mudahan acara kampanye ini akan berdampak baik, bisa terus diadakan sebagai kegiatan rutin, dan saling sadar tentang pentingnya menjaga lingkungan,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu peserta dari Vinotel Cirebon, Rizka mengatakan kegiatan ini sangat bagus. Melalui kegiatan ini, dia menilai bahwa kekompakkan dan juga kebersihan terjaga dengan baik.

“Baru pertama kali ikutan acara seperti ini. Ternyata sangat menyenangkan, bisa menjaga kebersihan dan bisa saling kenal antar satu hotel dengan hotel lainnya,” ujarnya. (AC560)