Rabu, 19 Januari 2022

Hari Santri Nasional 2019, PCNU Kota Cirebon Inginkan Para Santri Harus Miliki Peran

Populer

Situs Sumur Buah, Bukti Penyebaran Islam di Cirebon

Cirebon,- Cirebon merupakan salah satu kota yang amat kental nuansa Islamnya. Cirebon merupakan pula salah satu kota yang disinggahi...

Awal Tahun, Manulife Mulia Putri Agency Mulai dengan Peduli Dunia Pendidikan

Cirebon,- Awal tahun, Manulife Mulia Putri Agency menyalurkan bantuan berupa perlengkapan sekolah dan paket sembako. Bantuan itu diberikan kepada...

Tiga Prodi Memulai Kegiatan Perkuliahan di Kampus ITB Cirebon

Cirebon,-:Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), telah memulai program multikampus sebagai wujud pengembangan institusi...

Polresta Cirebon Berkomitmen Menindak Tegas Geng Motor yang Meresahkan Masyarakat

Cirebon,- Seluruh jajaran Polresta Cirebon berkomitmen keras untuk pemberantasan geng motor di wilayah Kabupaten Cirebon. Hal ini dilakukan untuk...

TPID Kota Cirebon Akan Gelar Pasar Murah Pekan 18 – 20 Januari 2022

Cirebon,- Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon akan menggelar operasi pasar murah. Rencananya, operasi pasar murah akan berlangsung...

Cirebon,- Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Seperti di Kota Cirebon, Peringatan HSN tahun 2019 ini dimeriahkan dengan upacara dan Kirab Santri Nasional.

Upacara Hari Santri Nasional 2019 yang jatuh pada hari Selasa (22/10) berlangsung di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Cirebon, Jalan Pilang Raya.

Usai melaksanakan upacara, kegiatan dilanjut dengan Kirab Santri Nasional yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Cirebon.

Loading...

Kirab ini dimulai dari MAN 1 Cirebon, Jalan Pilang Raya, melewati jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, dan berakhir di Universitas Nahdatul Ulama (UNU), Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon.

BACA YUK:  Bupati Cirebon: Hentikan Wacana Ambil Alih Wilayah, Batas Wilayah Sudah Diatur Permendagri

1. Diselenggarakan Berbagai Kegiatan

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Cirebon, M. Yusuf.SE, MM mengatakan Peringatan Hari Santri Nasional yang ke-4 tahun 2019, PCNU Kota Cirebon telah menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan yang dimulai sejak tanggal 19 Oktober 2019.

“Rangkaian menyambut HSN tahun 2019 diantaranya Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Qiraatil Kutub, Hadroh, Futsal, Menggambar dan mewarnai logo NU, Upacara, Kirab Santri,” ujarnya saat ditemui About Cirebon usai Kirab Santri Nasional di UNU Cirebon, Selasa (22/10/2019).

Lanjut Yusuf, pada puncaknya acara Hari Santri Nasional tahun 2019, PCNU Kota Cirebon akan menyelenggarakan Tablig Akbar dan Istigosah tanggal 26 Oktober 2019 di Gedung BAT Kota Cirebon.

“Saat puncak kegiatan nanti, akan dilangsungkan juga pembagian hadiah dari lomba-lomba yang telah di adakan,” terangnya.

2. Santri Harus Memiliki Peran

Dengan diadakannya Peringatan Hari Santri Nasional (HSN), PCNU Kota Cirebon mengharapkan para Santri dan Pemuda harus memiliki peran dalam agama, peran dalam bidang budaya, peran dalam ekonomi, dan peran lain sebagainya.

BACA YUK:  Tekan Angka Kecelakaan, Jasa Raharja Cirebon Fokus Terhadap Upaya Pencegahan

“Sehingga harapnya adalah, para santri dan pemuda harus ambil bagian dan peran. Jangan sampai, peran-peran itu diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya.

Sekarang ini, kata Yusuf, bisa kita lihat bersama, Cirebon sudah dikatakan zona merah, karena pemahaman agamanya tidak pas, sehingga salah faham dan timbul gagal pagam.

“Oleh karena itu, dalam Hari Santri Nasional ini mendorong para santri dan pemuda harus diberikan peran, karena mereka adalah harapan bangsa,” terangnya.

“Ketika pemudanya akhlaqnya baik, moralnya baik, santrinya juga seperti itu, tidak ada santri yang menjadi radikal atau teroris. Adapun orang yang terlibat itu santri, itu sebetulnya bukan santri dan tidak memegang agama,” imbuhnya.

3. HSN Jadi Libur Nasional

Pada Hari Santri Nasional tahun 2019, pihaknya menginginkan kepada pemerintah pada HSN tahun-tahun berikutnya bisa menjadi hari libur nasional.

“Mudah-mudahan setiap tanggal 22 Oktober bisa diputuskan menjadi hari libur nasional,” bebernya.

“Sampai hari ini saja, tidak ada tanggal merah, tidak diliburkan. Mudah-mudahan santri ini disamakan atau disetarakan dengan sekolah formal lainnya,” pungkas Yusuf. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Pemkot Cirebon Targetkan Vaksin Anak Selesai Sebelum Akhir Januari 2022

Cirebon,- Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon meminta rumah sakit untuk melakukan kesiapsiagaan. Vaksinasi Covid-19 juga...

Komitmen Dukung Gerakan Zakat, Wali Kota Cirebon Terima Penghargaan Baznas Award 2022

Cirebon,- Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H. dianugerahi penghargaan Baznas Award 2022 pada kategori Kepala Daerah Pendukung Gerakan Zakat Indonesia. Penganugerahan tersebut diberikan...

Kendalikan Harga, Mulai Hari ini Operasi Pasar Murah di Kota Cirebon Berlangsung Selama Tiga Hari

Cirebon,- Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon menggelar operasi pasar murah selama tiga hari 18 - 20 Januari 2022. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Jalani Hidup Terbaikmu dengan Berolahraga

Memasuki tahun baru, banyak dari kita yang memiliki keinginan untuk memperbaiki diri secara fisik maupun mental. Dalam Bahasa Latin, terdapat sebuah ungkapan “men sana in...

More Articles Like This