Hari Lingkungan Hidup, Integrated Terminal Balongan Gelar Bersih-bersih Pantai Tirta Ayu

Indramayu,- Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat melalui Integrated Terminal (IT) Balongan menggelar kegiatan bersih-bersih Pantai Tirta Ayu Balongan, Sabtu (10/6/2023).

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada 5 Juni itu, berkolaborasi dengan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit VI Balongan dan PT Kilang Pertamina Internasional Project Balongan.

Acara dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup, Pertamina, Perangkat Desa Balongan, Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan Daerah (FKP3D), Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan Kelompok Pelajar.

Pembersihan pantai ini melibatkan 323 peserta termasuk para pedagang di Pantai Tirta Ayu, karena para pemilik warung telah bekerja sama dengan pihak Pertamina untuk menyediakan makanan dan minuman kepada para peserta kegiatan ini.

BACA YUK:  Bupati Cirebon Resmi Membuka Pameran Keris Nasional

Pjs Manager Integrated Terminal Balongan, Ratno Rohanda mengatakan dengan hamparan Pantai Tirta Ayu Balongan seluas 6.090m2, kegiatan ini dibagi menjadi 4 zona sepanjang pesisir pantai.

“Dari kegiatan ini berhasil mengumpulkan sampah dengan total 1.099 Kg yang terdiri dari 967 Kg sampah organik, dan 132 Kg sampah An-organik. Sampah an-organik yang masih dapat diolah selanjutnya akan dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai kerajinan sampah olahan,” ujar Ratno.

Pihaknya mengucapkan selamat hari lingkungan hidup internasional dan berterimakasih kepada PT KPI karena turut melibatkan IT Balongan di acara ini dan menjadikan Pantai Tirta Ayu sebagai lokasi utama. Termasuk, pada masyarakat yang telah mempercayakan Pantai Tirta Ayu menjadi mitra Binaan CSR IT Balongan.

BACA YUK:  Berkolaborasi, Disparbud Jabar dan KJRI Penang Gelar Familiarization Trip ke Cirebon Raya dan Bandung

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat sekitar untuk selalu menjaga lingkungan dengan baik,” harap Ratno.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan menyampaikan bahwa Kegiatan bersih Pantai Tirta Ayu, Balongan ini merupakan bentuk komitmen Pertamina untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan.

Terlebih, kata Eko, di Balongan terdapat banyak unit bisnis Pertamina termasuk Intergrated Terminal Balongan.

“Pertamina berterima kasih kepada seluruh peserta yang hadir untuk membersihkan Pantai Tirta Ayu agar terbebas dari sampah. Semoga kolaborasi ini dapat terus dilakukan sebagai pengingat kita semua untuk terus menjaga lingkungan” tutup Eko. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *