Hari Jadi ke-654, Kota Cirebon Siap Gelar Berbagai Kegiatan

Cirebon,- Rangkaian Hari Jadi ke-654 Kota Cirebon tahun 2023 akan dimulai dari tanggal 18 Juli sampai 17 Agustus 2023. Dengan tema “Cirebon Ngobeng Maning”, berbagai kegiatan akan diselenggarakan di beberapa titik.

Ketua Panitia Hari Jadi ke-654 Kota Cirebon, Kadini mengatakan rangkaian Hari Jadi ke-654 Kota Cirebon akan dimulai Selasa 18 Juli 2023 dengan kirab agung, berziarah ke makam Sunan Gunung Jati. Kirab itu akan dimulai pukul 14.00 WIB dari Balai Kota Cirebon sampai dengan Makam Sunan Gunung Jati.

“Kirab ini akan dibagi menjadi tiga rombongan, rombongan pertama jalan dari Balai Kota menuju Makam Sunan Gunung Jati yang dipimpin oleh Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Forkopimda. Kemudian rombongan kedua akan melakukan sholat ashar berjamaah di Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) dan rombongan ketiga akan menunggu di Makam Gunung Sembung oleh Ketua DPRD dan Ratu Arimbi,” ujar Kadini saat ditemui About Cirebon, Senin (17/7/2023).

BACA YUK:  H+6 Lebaran 2024, Secara Umum Inflasi di Jabar Terkendali

Kadini menjelaskan, Hari Jadi Cirebon tahun ini dengan tahun lalu sangat jauh berbeda. Walau tak semeriah tahun lalu, perayaan Hari Jadi ke-654 Kota Cirebon akan lebih khidmat dan akan dimeriahkan dengan pawai obor.

“Tahun lalu kita tidak ada pawai obor, tapi tahun ini kita melaksanakan pawai obor di malam Jumat atau tanggal 20 Juli 2023. Pawai obor ini kita melibatkan sebanyak 654 siswa dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) menuju Keraton Kanoman untuk melaksanakan Babad Cirebon,” kata Kadini.

BACA YUK:  Menuju Indonesia Emas 2045, Anak-anak di Kabupaten Cirebon Harus Sehat

Kemudian di tanggal 18 Juli 2023, ada pengajian bersama Buya Yahya di Masjid Raya At-Taqwa. Pada tanggal 19 Juli 2023 akan diawali dengan upacara Hari Jadi Cirebon dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Kota Cirebon.

“Untuk tahun sekarang diharapkan Pak Gubernur bisa datang ke Cirebon dan bisa menyaksikan bersama-sama dengan masyarakat Cirebon dalam memeriahkan Hari Jadi ke-654 Kota Cirebon. Setelah Sidang Istimewa, akan ada peluncuran BRT koridor dua di depan Gedung DPRD Kota Cirebon, Jalan Siliwangi,” bebernya.

BACA YUK:  Pj Wali Kota Cirebon, Kapolres Cirebon Kota dan Staf Presiden RI Berikan Bantuan untuk Anak yang Alami Depresi Berat

Rangkaian kegiatan hari jadi lainnya, tambah Kadini, akan dilakukan sampai dengan 17 Agustus 2023. Dalam rangkaian Hari jadi itu akan dimeriahkan juga dengan panggung kreasi pelajar. Dihadirkannya panggung kreasi itu, kata Kadini, untuk menanamkan kepada anak-anak sebagai penerus budaya Cirebon.

“Panggung Kreasi ini nantinya akan diisi dengan berbagai perlombaan cirebonan, sehingga dalam diri anak-anak itu tumbuh kecintaan kepada Cirebon. Makannya saya buat panggung kreasi pelajar ini dimulai tanggal 24-27 Juli 2023, disamping ada expo pendidikan dan bazar. kegiatan ini akan berlangsung di Gedung Negara,” jelasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *