Hari Jadi Cirebon, Pemda Kota Cirebon Gelar Kirab Agung Ziarah Sunan Gunung Jati

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon melaksanakan Kirab Agung Ziarah Sunan Gunung Jati, Jumat (29/7/2022). Kirab atau pawai ini dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-653 Cirebon yang jatuh pada 1 Muharram.

Kirab Agung diikuti oleh peserta dari 5 kecamatan dan 22 kelurahan yang ada di Kota Cirebon dan juga keraton-keraton. Selain itu, kirab agung juga dihadiri oleh Wali Kota Cirebon, Bupati Cirebon, dan juga Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cirebon.

Pantauan About Cirebon, Wali Kota Cirebon Drs. Nashrudin Azis didampingi oleh istrinya melakukan kirab agung dengan berjalan kaki dari depan Balaikota Cirebon menuju Makam Sunan Gunung Jati.

BACA YUK:  RSIA Cahaya Bunda Cirebon Gelar Seminar Awam Mengenal dan Mencegah Pneumonia

“Kirab Agung Ziarah Sunan Gunung Jati merupakan rangkaian Hari Jadi ke-653 Cirebon. Kirab Agung ini dimulai dari Balaikota Cirebon menuju Makam Sunan Gunung Jati yang jaraknya 4,5 km,” ujar Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis.

Tujuan dari Kirab Agung Ziarah Sunan Gunung Jati, kata Azis, kita sebagai orang Cirebon untuk mengenang, meneladani salah satu apa yang diajarkan oleh Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

“Untuk menunjukan semangat kita, ini kita berjalan dari Balaikota Cirebon menuju Makam Sunan Gunung Jati,” ungkap Azis.

BACA YUK:  Resesi Global: Kesempatan atau Ancaman?

Peserta Kirab Agung Ziarah Sunan Gunung Jati, menurut Azis, diikuti oleh 22 kelurahan dari 5kecamatan yang ada di Kota Cirebon, dan juga dengan perwakilan Keraton yang ada di Kota Cirebon.

“Hari Jadi Cirebon ini bertepatan dengan Tahun Baru Islam. Sehingga sekalian merayakan juga tahun baru Islam,” pungkasnya.

Pada Kirab Agung Ziarah Sunan Gunung Jati dimeriahkan dengan arak-arakan kereta Kencana, prajurit kirab dari seluruh Keraton di Cirebon. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *