Hari Jadi Cirebon ke-654, Pemda Kota Cirebon Gelar Panggung Kreatif Pelajar dan Expo Pendidikan

Cirebon,- Masih dalam rangkaian Hari Jadi Cirebon ke-654, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon menggelar Panggung Kreativitas Pelajar dan Expo Pendidikan. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Negara Kota Cirebon itu, akan diselenggarakan dari tanggal 24-27 Juli 2023.

Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengatakan kegiatan panggung kreativitas pelajar ini merupakan sebuah kegiatan yang juga memiliki keselarasan, dengan upaya Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam melakukan mewujudkan kualitas sumber daya manusia Kota Cirebon yang berdaya saing, berbudaya, dan unggul di segala bidang.

“Ragam kegiatan yang diselenggarakan hari ini dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi Cirebon Ke-654, betul-betul menunjukkan komitmen Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam menyiapkan generasi penerus yang kuat di zaman modern melalui penguatan aspek ruhiyah, aqliyah, dan jasmaniyah,” ujar Azis dalam sambutannya.

BACA YUK:  Pj Wali Kota Cirebon Tinjau Lokasi Tewasnya 4 Karyawan Mall, ini Hasilnya

“Sehingga anak-anak kita siap menghadapi tantangan global tanpa kehilangan jati diri sebagai anak Indonesia,” tambahnya.

Panggung Kreativitas Pelajar, kata Azis, menjadi wujud komitmen Pemerintah Daerah Kota Cirebon untuk mengenalkan, menanamkan, dan melestarikan eksistensi dari budaya Cirebon kepada anak-anak. Karena, Anak-anak adalah generasi penerus yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan dan pembangunan di masa mendatang.

Kegiatan hari ini juga, menurut Azis, berdekatan dengan momentum Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2023. Tepat kiranya untuk menjadikan pertemuan kita semua di sini sebagai upaya untuk mendorong seluruh pihak menjadi leading sector dalam melakukan kerja-kerja aktif dan inovatif yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak.

BACA YUK:  Gelar Bazar Ramadan di Pendopo Bupati Cirebon, Sambil Kenalkan Produk UMKM

“Kerja aktif dan riil yang paling mungkin dapat dilakukan adalah dengan cara melakukan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di sektor masing-masing. Kita tidak dapat menyangkal bahwa masa depan bangsa ini berada di tangan mereka yang hari ini masih berusia anak-anak,” katanya.

Tentunya, semakin baik kualitas anak saat ini maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa.
Namun sebaliknya, apabila kualitas anak tersebut buruk maka akan buruk pula masa depan bangsa.

“Oleh sebab itu, saya ingin mendorong keluarga-keluarga di Kota Cirebon untuk benar-benar mewujudkan keluarga sebagai lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pantia Hari Jadi Cirebon ke-654, Kadini menambahkan Panggung Kreatifitas Pelajar dan Expo Pendidikan ini berlangsung dari tanggal 24-27 Juli 2023. Kegiatan ini diisi oleh 12 jenis perlombaan dari tingkat PAUD hingga SMA se-Kota Cirebon.

BACA YUK:  Berdayakan Pengrajin Sekitar, Rizqi Batik Cirebon Tawarkan Batik Klasik dan Modern

“Untuk Lomba PAUD dan TK terdiri dari Tari Kreasi, fashion show dan mewarnai. Untuk tingkat SD ada lomba membaca puisi, nembang SD, mewarnai, dongeng SD, dan Tari Kreasi SD,” ujar Kadini.

Sedangkan untuk tingkat SMP, tambah Kadini, terdapat lomba tari kreasi SMP, pidato, dan Nembang SMP. Kemudian tingkat SMA terdapat lomba nembang solo.

“Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan bazar dan expo dari setiap instansi, baik pendidikan maupun instansi yang ada di Kota Cirebon,” jelasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *