Hari Darma Samudera di Cirebon Diperingati dengan Mengenang Gugurnya Kapten Samadikun

Cirebon,- TNI Angkatan Laut Cirebon bersama dengan unsur pimpinan daerah Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon menggelar acara peringatan Hari Darma Samudra tahun 2019 dalam rangka mengenang gugurnya Kapten Samadikun, yang berlangsung di Dermaga Pelabuhan, Kota Cirebon, Selasa (15/1/2019).

Pada peringatan Hari Darma Samudra tahun 2019, Dicky Saromi selaku Penjabat (Pj) Bupati Cirebon menjadi inspektur upacara.

Turut hadir dalam peringatan tersebut Danlanal Cirebon, Wakil Walikota Cirebon, Kapolres Cirebon Kota, Kapolres Cirebon, Danrem 063 SGJ, Dandim Kota Cirebon, Danlanal Cirebon, Dandim Cirebon, Brimob Detasemen C Polda Jabar, Ditpolair Poda Jabar serta Danlanud.

BACA YUK:  Mocca Music Card, NFT Terbaru Mocca yang Bisa Kamu Dengarkan

Usai upacara peringatan Hari Darma Samudara, rombongan langsung menuju tengah laut untuk melakukan tabur bunga.

1. Peringati Pahlawan Bangsa

Hari Darma Samudra yang selalu diperingatin setiap tahunnya, diselenggarakan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur di laut samudera.

Tabur bunga di tengah laut

Pj Bupati Cirebon, Dicky Saromi mengatakan peringatan Hari Darma Samudera merupakan dalam rangka memperingati aksi heroik pahlawan bangsa Indonesia.

“Alhamdulillah, hari ini bisa dilaksanakan di Pantai Cirebon, untuk mengenang gugurnya Kapten Anumerta Samadikun,” ujarnya.

BACA YUK:  Sosialisasi Keadaan Perairan Cirebon kepada Pemangku Kepentingan

Lanjut Dicky, aksi heroik yang dilakukan oleh Kapten Anumerta Samadikun bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

2. Akan Dijadikan Situs Wisata Sejarah

Peringatan Hari Darma Samudera selain untuk mengingat gugurnya para pahlawan, sekaligus untuk mengingatkan kepada para generasi penerus.

Para pejabat menghadiri peringatan Hari Darma Samudra di Dermaga Cirebon

Selain itu, kata Dicky, kegiatan tersebut bisa dikemas dan dijadikan agenda wisata sejarah di Kabupaten dan Kota Cirebon.

“Tadi sudah dibicarakan bahwa tragedi tenggelamnya kapal KRI Gajah Mada yang dikomandoi oleh Kapten Samadikun akan dijadikan salah satu situs sejarah,” ungkapnya.

BACA YUK:  Pencarian Terus Dilakukan, Ridwan Kamil Ikut Langsung dalam Pencarian Eril di Bern, Swiss

“Bahkan untuk wisata-wisata lainnya bisa dikembangan juga di sini,” imbuhnya.

Jadi, kata Dicky, yang akan dilakukan kedepan termasuk akan dikembangan monumen-monumen di pantai, merupakan momen yang bagus. (AC212)

(Dilihat: 15 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.