Sabtu, 30 Mei 2020

Hari Armada 2019, Lanal Cirebon Gelar Bakti Sosial di Desa Bungko Lor

Populer

Ada Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Ditutup Sementara Selama 14 Hari

Cirebon,- Dua Pedagang Pasar Sumber Kabupaten Cirebon terkonfirmasi Positif Covid-19 setelah dilakukan tes massal swab pada tanggal 18 Mei...

Masuk Zona Biru, Kabupaten Cirebon Tidak Perpanjang PSBB

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Cirebon berakhir pada hari ini, Jumat 29 Mei 2020.Pemerintah Daerah Kabupaten...

Mulai Besok Grage Mall dan Grage City Mall Siap Beroperasi Kembali

Cirebon,- Setelah menutup sementara operasional mall, Grage Group memutuskan Grage Mall dan Grage City Mall akan dibuka kembali besok,...

Tanpa Gejala Klinis, Dua Pedagang Pasar Sumber Terkonfirmasi Positif Covid-19

Cirebon,- Dua pedagang Pasar Sumber terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil test swab massal menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction)...

Kondisi Rumah Sangat Memprihatikan, Baznas Kota Cirebon Turun Tangan⁣ ⁣

Cirebon,- Sungguh mengejutkan saat memasuki rumah warga di RT 005 RW 001 No. 196 Gg. Rebon Pesisir Selatan Kelurahan...

Cirebon,- Dalam rangka Hari Armada RI tahun 2019, Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Cirebon melaksanakan kegiatan Bhakti TNI AL dan Komsos (Komunikasi Sosial) yang berlangsung di Desa Bungko Lor, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Senin (25/11/2019).

Dalam pembukaan kegiatan Bhakti TNI AL dan Komsos dihadiri langsung Bupati Cirebon Imron Rosyadi, Camat Kapetakan, Kuwu Desa Bungko Lor, dan Polri.

Komandan Lanala Cirebon, Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengatakan kegiatan Bhakti TNI AL dan Komsos akan berlangsung kurang lebih selama tujuh hari mulai tanggal 25 November sampai 1 Desember 2019.

“Kegiatan ini mencakup sasaran pembangunan yang bersifat fisik. Dimana sasaran kegiatan fisik ini lebih di fokuskan kepada pembangunan yang betul-betul menyentuh kepentingan masyarakat setempat,” ujarnya.

Loading...

Lanjut Agung, pembangunan berupa renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) sebanyak 8 unit dan rehabilitasi atau perawatan musholah sebanyak 4 unit, dan bhakti sosial pemeriksaan kesehatan umum dan gigi serta penyuluhan.

“Oleh karena itu, peranan dan kerjasama yang sinergis antara TNI AL, TNI-Polri, dan Instansi terkait, serta partisipasi aktif masyarakat jadi penentu keberhasilan kegiatan karya bhakti ini,” terangnya.

Dalam Undang-undang TNI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, menurut Agung, ada salah satu tugas pokok TNI adalah membantu pemerintah daerah.

“Kami dari Lanal Cirebon telah berkoordinasi dan mendapat informasi serta masukan dari Kabupaten Cirebon, bahwa ada salah satu daerah yang memang harus dibantu. Kebetulan kami melaksanakan kegiatan ini, selain untuk mejawab pertanggung jawaban TNI AL sesuai UUD tadi, kami juga ingin mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya masyarakat pesisir,” bebernya.

“Karena, tugas TNI AL salah satunya ada yang namanya tugas pembinaan potensi maritim atau daerah pesisir, sebagai pengendalian wilayah pertahanan laut,” tambahnya.

Sehingga, kata Agung, dengan kehadiran TNI AL Lanal Cirebon di Desa Bungko Lor, selain bersinergi dengan pemerintah daerah, pihaknya ingin merangkul masyarakat.

“Harapannya, walaupun bentuk pembangunan secara fisik ini belum optimal, namun kami senantiasa akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon, terkait dengan apa saja yang kita bisa bantu dalam kegiatan-kegiatan kedepan,” paparnya.

Selain merenovasi rumah dan musholah, serta pemeriksaan kesehatan umum dan gigi, Lanal Cirebon juga melakukan penyuluhan kepada para pelajar terkait dengan paham radikalisme, bahaya narkoba, dan juga penyuluhan kepada nelayan pesisir tentang keselamatan pelayaran.

“Dan juga memperdayakan para nelayan menjadi agen-agen informasi untuk kepentingan pertahanan seperti aktifitas ilegal dan pencurian di wilayah perairan Cirebon,” jelasnya.

Tak hanya itu, Lanal Cirebon juga akan menyelenggarakan pameran alusista di Grage Mall pada pertenghan bulan Desember 2019, Perkemahan Genta Negara, dan juga tak kalah penting Lanal Cirebon akan mendatangkan Kapal Perang RI.

Sementara itu, Bupati Cirebon, Imron Rosyadi mengatakan kegiatan ini merupakan wujud dari kepedulian terhadap sesama manusia. Dimana dengan kegiatan ini kita dapat merekatkan rasa kekerabatan kita terhadap orang lain.

“Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan manfaat, dan saya ucapkan terima kasih serta apresiasi atas prakrasa Lanal Cirebon yang menyelenggarakan Karya Bhakti dan Komsos di Desa Bungko Lor,” ujarnya.

Lanjut Imron, karya bhkati dan komsos ini adalah wujud kepedulian Lanal Cirebon untuk membantu kesulitas ekonomi yang dialami masyarakat kecil di Kabupaten Cirebon.

“Diharapkan melalui kegiatan ini semakin terwujud kecintaan dan dukungan masyarakat terhadap TNI, khususnya Lanal Cirebon ini,” harapnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kepala Daerah di Ciayumajakuning Sepakat Perniagaan Antar Wilayah Ada Kelonggaran⁣

⁣Cirebon,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau...

Tren Kopi Susu Literan, Lebih Hemat dan Bisa Untuk Hampers

Cirebon,- Belum selesai dengan tren kopi susu, akhir-akhir ini berbagai Coffee Shop mulai mengembangkan produksi kopi susu dengan kemasan literan.Apalagi, di tengah situasi Pandemi...

Mulai Hari ini Objek Wisata Keraton Kasepuhan, Goa Sunyaragi, dan Makam Sunan Gunung Jati Dibuka Kembali

Cirebon,- Setelah pusat perbelanjaan dan masjid diperbolehkan untuk ibadah Salat Jumat di Kota Cirebon, kini tempat wisata di Cirebon juga mulai buka.Sudah hampir 3...

Moment RAFI 2020, Layanan Data Telkomsel Alami Peningkatan

Jakarta,- Momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) yang baru saja berlalu, pemanfaatan layanan berbasis data Telkomsel mengalami peningkatan.Seperti layanan data mengalami peningkatan yang tertinggi...

Setiap Pekan, PT Soca Samudera Nusantara Rutin Berbagi Nasi dan Masker

Cirebon,- PT Soca Samudera Nusantara membagikan nasi kotak dan masker kepada para pengendara yang melintas di Jalan Pangeran Cakrabuana, Kelurahan Sendang, Kabupaten Cirebon, Jumat...

More Articles Like This