Hadiri Ramah Tamah, LVRI Kota Cirebon Ajukan Pembangunan Monumen Perjuangan Rakyat Cirebon

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon menggelar ramah tamah bersama Perintis Kemerdekaan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Cirebon tahun 2022. Acara berlangsung di Rumah Dinas Wali Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Selasa (16/8/2022).

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Cirebon, Didi Supardi mengatakan selama 77 tahun kita merdeka, telah banyak capaian yang kita nikmati. Pertama, mengalami dan merasakan arti kemerdekaan, kedua sedang menikmati dan melaksanakan kemerdekaan.

“Kita perlu bersyukur atas berkat Allah SWT kita bisa memproklamirkan kemerdekaan. 77 tahun Kota Cirebon, sangat berbeda dari tahun 70an, Kota Cirebon masih semak belukar, tapi semaknya sudah berganti dengan mall, hotel dan lain sebagainya,” ujar Didi dalam sambutannya.

BACA YUK:  Kemeriahan Acara Festival Sastra Arab 2022 Yang Diselenggarakan Oleh HIMABSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon

“Itulah berkat kemerdekaan yang kita sama-sama perjuangkan oleh seluruh rakyat Indonesia, khususnya warga Kota Cirebon,” katanya.

Keberadaan LVRI, kata Didi, masih tetap eksis di Kota Cirebon, walaupun yang hadir saat ini adalah basic perjuangannya bukan di Kota Cirebon, seperti dari Irian Barat Trikora, Seroja dan sebagian dari Cirebon sekarang fisiknya sudah tidak mendukung seperti Ibu Hj. Emon dari Tentara Pelajar yang usianya sudah 97 tahun.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya menjelaskan bahwa anggota LVRI Kota Cirebon pada HUT ke-75 Kemerdekaan RI jumlahnya 75 orang. Namun, saat ini jumlahnya tinggal 60 orang.

“Dari 60 orang, sebagain sudah tidak bisa apa-apa, hanya bisa di tempat tidur dan kursi roda. Oleh karena itu kami berpikir, suatu saat veteran ini akan habis,” katanya.

BACA YUK:  Cegah Penggunaan Narkoba, Seluruh Pejabat Utama Polresta Cirebon Lakukan Tes Urine Secara Mendadak

Atas dasar itu, Didi mengungkapkan beberapa waktu lalu pihaknya bersama anggota LVRI Kota Cirebon sudah mengajukan untuk pembangunan monumen perjuangan rakyat Cirebon.

“Ini sebagai sumbangsih kami dan memohon untuk diwujudkan sebagai edukasi kepada generasi muda dan sebagai mewariskan nilai-nilai 45 khususnya kepada generasi akan datang. Mudah-mudahan keinginan kami bisa terwujud,” harapnya.

Sementara itu, sambutan Wali Kota Cirebon yang dibacakan oleh Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati mengatakan kehadiran para Veteran di sini tentu saja tidak bisa dilepaskan dengan sejarah perjuangan rakyat Indonesia, khususnya rakyat Cirebon, dalam merebut, mempertahankan, dan menegakkan kemerdekaan serta kedaulatan bangsa Indonesia.

“Perjuangan dan pengorbanan para pendahulu telah menggugah kita semua untuk tetap meningkatkan penghayatan terhadap nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, kejuangan dan kesetiakawanan sosial,” ujarnya.

BACA YUK:  Kota Cirebon Dapat Perbaikan RTLH di Kawasan Pesisir Panjunan Dalam Program Kotaku

Pihaknya berharap Legiun Veteran akan senantiasa bersama kami sebagai komponen bangsa untuk saling bahu membahu mewujudkan cita–cita proklamasi 17 Agustus 1945. Dirinya sangat meyakini bahwa legiun veteran memiliki peran yang besar dalam perjalanan sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Oleh sebab itu, kata Eti, sudah sepatutnya pemerintah harus dapat memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menyumbangkan tenaganya secara aktif atas dasar sukarela dalam ikatan kesatuan bersenjata baik resmi dalam memperjuangkan, membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita berharap kolaborasi seperti ini dapat terus dilakukan, sebagai wujud gotong royong dan kebersamaan yang merupakan nilai dasar bangsa Indonesia,” katanya. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *