Hadiri Rakor Kepegawaian Kaltim, Ridwan Kamil Paparkan Resep Jabar Respons Disrupsi Digital

Bandung,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri Rapat Koordinasi Kepegawaian se-Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2022 di Grand Ballroom Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Rabu (19/10/2022).

Dalam acara tersebut, Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– memaparkan resep jitu Pemda Provinsi Jabar dalam mengatasi disrupsi teknologi digital. Salah satunya, mengimplementasikan transformasi digital secara intens.

“Merespons disrupsi 4.0 yang tengah melanda dunia, Pemda Provinsi Jawa Barat melakukan transformasi digital secara simultan dan intensif,” ucap Kang Emil.

Menurut Kang Emil, Pemda Provinsi Jabar memanfaatkan teknologi digital untuk menilai kinerja ASN. Dengan begitu, penilaian kepada ASN menjadi transparan dan adil.

BACA YUK:  Kepemimpinan itu Profesi yang Tidak Akan Pernah Hilang

“Salah satu pemanfaatan teknologi di lingkungan Pemda Provinsi Jawa Barat adalah dengan mengimplementasikan sistem penilaian pegawai yang adil dan transparan melalui box talenta, sehingga sudah tidak ada lagi jual-beli maupun sistem lelang jabatan,” ucapnya.

“Pemda Provinsi Jawa Barat juga telah menggunakan sistem digital yakni TRK untuk mengukur kinerja pegawai sehingga kinerja pegawai lebih jelas dan terukur,” imbuhnya.

Selain transformasi digital, Kang Emil juga menuturkan tentang pentingnya reformasi birokrasi dalam mendorong tata kelola pemerintahan yang dinamis.

BACA YUK:  PPKM Dicabut, Gubernur Ridwan Kamil Imbau Masyarakat Jabar Tetap Waspada

“Reformasi birokrasi juga menjadi salah satu langkah strategis dan dimaknai sebagai upaya perbaikan sistem dan tata kelola pemerintahan untuk mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang dinamis,” tutur Kang Emil.

“Oleh sebab itu, Provinsi Jawa Barat menyiapkan seperangkat tools yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan tugas dengan struktur dan mekanisme kerja baru yakni dengan model Team of Teams agar struktur pekerjaan menjadi lebih dinamis,” tambahnya. (*)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *