Gunakan Aplikasi Canggih, BPS Siap Lakukan Sensus Penduduk Tahun 2020

Solo,- Pada tahun 2020 mendatang, Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan Sensus Penduduk di Indonesia. Rencananya, akan dimulai pada bulan Juli tahun 2020.

Joni Kasmuri, Kepala BPS Kota Cirebon mengatakan Sensus Penduduk pada tahun 2020 mendatang merupakan sensus penduduk yang ke-7 di Indonesia.

“Sensus Penduduk nanti, sangat berbeda dengan sensus penduduk pada tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya kepada About Cirebon usai memberikan materi Capacity Building Bank Indonesia bersama Media di The Royal Heritage Hotel, Solo, Jawa Tengah, Kamis (4/7/2019).

BACA YUK:  KADIN Kota Cirebon Beri Kuliah Umum di AKMI Suaka Bahari, Mahasiswa Tanya Cara Jadi Kaya

Lanjut Joni, Sensus Penduduk tahun 2020 nanti mengkombinasikan antara penduduk berbasis registrasi kependudukan yang dimiliki oleh Dirjen Dukcapil dengan fakta di lapangan.

“Sehingga nanti tidak ada data ganda, karena sistem sensus penduduknya sudah menggunakan sistem aplikasi, sesuai data registrasi administrasi dan fakta di lapangan,” ungkpanya.

Menurut Joni, aplikasi yang akan digunakan pada Sensus Penduduk 2020 yakni CAWI (Computer Assisted Web Interview) yakni masyarakat akan mengupdate sendiri atau pendataan secara mandiri.

Joni mencontohkan, misalnya, pada tahun lalu orang tersebut berada di Lemahwungkuk, lalu saat ini ada di Harjamukti, maka akan ada updatenya di web yang diberikan oleh BPS.

BACA YUK:  Komposisi AKD DPRD Kota Cirebon Dirombak, ini Susunannya

“Webnya sendiri bisa di akses melalui https://sensus.bps.go.id,” ungkapnya.

Aplikasi CAWI tersebut, kata Joni, sudah dilakukan uji coba di Sukamiskin Bandung, dan berhasil mengupdate data dirinya sendiri. (AC212)

(Dilihat: 14 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.