Gubernur Jawa Barat Resmi Membuka Festival Keraton Nusantara XI

Cirebon, 16 September 2017,- Gubernur Jawa Barat secara resmi membuka Festival Keraton Nusantara (FKN) XI di Cirebon. Pembukaan yang digelar di Alun-alun Kasepuhan Cirebon, Sabtu (16/09/2017) dihadiri oleh Raja dan Sultan se-Nusantara.

Pembukaan Festival Keraton Nusantara XI ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Walikota Cirebon Drs. Nasrudin Azis, dan Sultan Sepuh XI PRA. Arief Natadiningrat.

Dalam sambutanya, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, pada saat saya melihat Raja-raja dan Ratu-ratu Nusantara, saya sangat amat gembira dan bergetar hati saya. Apa sebabnya, inilah wajah-wajah yang menggambarkan kebhinekaan bangsa Indonesia.

BACA YUK:  Jadwal Samsat Keliling P3DW Ciledug Kabupaten Cirebon, 23 – 28 Mei 2022

Katanya, secara kesejarahan tentu saja bangsa ini harus memperkokoh ingatannya dan komitmenya berupa penghormatan, berupa pelestarian budaya, yang dikembangkan oleh keraton-keraton selama ini. Sebab, saya memandang keraton-keraton nusantara, mereka adalah dalam konteks sejarah bangsa Indonesia  dan embrio lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Raja-raja Nusantara menggambarkan keanekaragaman kita semuanya, kebhinekaan kita semuanya. Tidak ada bangsa yang paling berbhineka selain bangsa Indenesia, itulah kebanggan kita,” ujarnya.

Selain itu, Sultan Sepuh XIV, PRA. Arief Natadiningrat menyampaikan, kegiatan Festival Keraton Nusantara merupakan ajang silaturahmi dan mempererat persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

BACA YUK:  Lewat Program Mekaar, Menteri BUMN Ingin Retas Kemiskinan di Kota Cirebon

Lanjut dia, tak hanya sebagai forum silaturhami antara Raja-raja dan Sultan se-Nusantara, tetapi diselengarakannya FKN juga untuk melestarikan seni, adat, tradisi dan budaya nusantara.

“Dari kegiatan FKN ini juga ikut menjaga persatuan Indonesia melalui Keraton-keraton se-Nusantara, melestarikan dan memajukan kebudayaan Nasional, dan memajukan pariwisata daerah dan nasional. Diharapkan, dengan FKN ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan di Cirebon,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 21 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.