Grebeg Cirebon Katon, Ajang Lestarikan Kebudayaan dan Tingkatkan Perekonomian Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Memperingati Hari Jadi ke-541, Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar berbagai kegiatan pesta rakyat Grebeg Cirebon Katon. Kegiatan tersebut akan berlangsung di Stadion Watubelah, Sumber dari tanggal 5 sampai 19 Maret 2023.

Ketua Panitia Hari Jadi ke-541 Kabupaten Cirebon, Dr. H. Hilmy Rivai, M.Pd mengatakan peringatan Hari Jadi Kabupaten Cirebon ini mengangkat tema Cirebon Ning Kene Kih yang artinya Cirebon Itu Disini dan menjadi kebanggaan kita bersama. Momentum saat ini, lanjut Hilmy, dalam rangka meningkatkan ekonomi kerakyatan, sehingga digelar Grebeg Cirebon Katon yang berpusat di Stadion Watubelah.

“Event Grebeg Cirebon Katon ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti pameran expo, kuliner, UMKM, tampilan seni budaya, dan penampilan yang lainnya. Serta diisi oleh kesenian seniman seluruh Kabupaten Cirebon, serta dimeriahkan juga dengan artis-artis lokal Kabupaten Cirebon maupun artis nasional di sesi I dan sesi II,” ujar Hilmi saat sambutan di pembukaan Grebeg Cirebon Katon, Senin (6/3/2023).

Kegiatan Grebeg Cirebon Katon sesi I, kata Hilmi, akan diselenggarakan dari tanggal 5 sampai dengan 19 Maret 2023. Sedangkan untuk acara inti akan diselenggarakan pada tanggal 2 April 2023 dengan kegiatan upacara Hari Jadi Kabupaten Cirebon dan rapat paripurna istimewa.

BACA YUK:  Mall UKM Klemprakan Digelar Digelar 2 Minggu Sekali, Setiap Hari Jumat

“Kami merencanakan pula Grebeg Cirebon Katon Sesi II yang akan dimulai dari tanggal 2 sampai dengan 14 Mei 2023. Acara ini terselenggara dengan konsep pentahelix dan kami ucapkan terima kasih kepada unsur Forkopimda dan BJB menjadi sponsor utama dan juga seluruh sponsor lainnya,” kata Hilmi.

Event Grebeg Cirebon Katon ini, kata Hilmi, akan diselenggarakan setiap tahun dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Cirebon. Dengan kegiatan Grebeg Cirebon Katon ini menjadi awal sinergi pemerintah dengan budayawan, seniman, pengusaha, tokoh masyarakat, dan unsur Forkopimda.

“Kami sudah berencana kegiatan Grebeg Cirebon Katon ini akan diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Cirebon,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron Rosyadi, M.Ag mengatakan Kabupaten Cirebon umurnya sudah 541 tahun artinya Kabupaten Cirebon ini sudah tua. Di hari jadi ini, lanjut Imron, bisa mengambil suri tauladan yang telah diperjuangkan oleh pendahulu kita.

BACA YUK:  Info Loker! Lowongan Kerja Terbaru Glafidsya Clinic Maret 2023

“Kami ini memiliki Tagline Cirebon Katon, Katon ini supaya katon bagus katon blesake, yang bagusnya harus dilestarikan dan harus dipertahankan. Sedangkan yang blesake (jelek) kita harus mengurai,” ujarnya.

Terkait tema Cirebon Ning Kene Kih, kata Imron, karena Cirebon dahulu adalah tempat peradaban manusia dan Cirebon salah satunya kabupaten Cirebon ini. Oleh karena itu, kita harus bersama-sama melestarikan nilai-nilai yang baik dan kita menggali nilai-nilai baru yang lebih baik.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seniman, budayawan yang ikut serta dalam kegiatan Grebeg Cirebon Katon,” katanya.

Menurut Imron, di event Grebeg Cirebon Katon ini menampilkan budaya-budaya, agar para budayawan dan seniman, serta masyarakat mengetahui kesenian yang ada di Kabupaten Cirebon. Maka pihaknya ingin melestarikan seni dan budaya Kabupaten Cirebon kepada anak dan cucu-cucu kita.

“Karena tidak ada lain, orang yang melestarikan seni dan budaya lamun dudu kita, lamun dudu wong Cirebone. Karena hanya orang Cirebon yang bisa melestarikan, sehingga pemerintah harus tampil untuk melestarikan itu. Jadi kesuksesan itu antara masyarakat, seniman, budayawan dengan Pemerintah harus menjadi satu kesatuan untuk melestarikan,” ungkapnya.

BACA YUK:  Pengurus DKKC Resmi Dilantik, Bupati Minta Lestarikan Budaya Cirebon Jangan Sampai Punah

“Dengan adanya Grebeg Cirebon Katon ini, hayu kita sama-sama melestarikan nilai-nilai yang bail dan kita menggali nilai-nilai yang baru,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Grebeg Cirebon Katon dalam hal ini pesta rakyat tidak dipungut biaya alias gratis. Namun hanya ada dua konser musik yang berbayar pada tanggal 11 Maret dan 15 Maret 2023.

Untuk tanggal 11 Maret 2023 akan dimeriahkan oleh artis Kabupaten Cirebon yakni Rumput Laut, Diana Sastra, dan Rafi Gimbal. Sedangkan untuk konser musik pada tanggal 15 Maret 2023 dimeriahkan oleh Ndarboy Genk, Kapten, dan Nunung Alvi. Untuk tiketnya dijual dengan harga Rp. 30 ribu dan Rp. 35 ribu untuk VVIP.

Dalam kegiatan ini juga, pihaknya menggandeng 48 UMKM binaan Bank Indonesia dan mantan napiter, tenant kuliner sebanyak 40, dan untuk tenant multi produk dan otomotif sebanyak 20. Tak hanya itu, Grebeg Cirebon Katon menggandeng 560 sanggar seni yang ada di Kabupaten Cirebon. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *