Senin, 26 Oktober 2020

Global Qurban – ACT Cirebon Gelar Syukuran Qurban di Sumurwuni Argasunya Kota Cirebon

Populer

39 Nakes Positif Covid-19, Layanan di RSD Gunung Jati Tutup Selama 6 Hari

Cirebon,- Rumah Sakis Daerah (RSD) Gunung Jati Cirebon kembali menutup sementara pelayanan mulai tanggal 22 sampai 27 Oktober 2020. Sebelumnya,...

Bupati Cirebon Bolehkan Belajar Tatap Muka Bagi Kecamatan Zona Hijau

Cirebon,- Beberapa sekolah di Kabupaten Cirebon mulai memberlakukan belajar tatap muka. Bupati Cirebon, Drs. H. Imron meminta tetap menjaga...

Warga Cirebon Budidaya Ikan Cupang Hingga Dijual ke Luar Negeri

Cirebon,- Budidaya ikan cupang kini semakin diminati di Indonesia. Pasalnya, bisnis ikan cupang ini sangat menjanjikan omset hingga ratusan...

Siswa MANU Putra Buntet Cirebon Lolos Parlemen Remaja DPR RI

Cirebon,- Siswa kelas XII Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Putra Buntet Pesantren Cirebon, Alif Luqman Jayadi (18) lolos menjadi...

Kantor BRI Cabang Cirebon Kartini Gelar Undian Panen Hadiah Simpedes Secara Virtual⁣

⁣Cirebon,- Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedes (PHS) periode pertama tahun 2020...

Cirebon,- Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Cirebon menggelar acara bertajuk Syukuran Qurban yang berlangsung di Sumurwuni RT 01 / RW 07, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Selasa (13/8/2019).

1. Kurban 25 Kambing

Ade Ruli Supriatna, selaku Kepala Cabang ACT wilayah Ciayumajakuning mengatakan pada acara Syukuran Qurban pihaknya memotong sebanyak 25 hewan kurban kambing.

Loading...

“25 hewan kurban ini kita langsung sembelih di sini, kemudian membuka dapur umum, serta mendistribusikan dan makan bersama warga sekitar,” ujarnya kepada About Cirebon.

Lanjut Ade, tujuan acara syukuran qurban ini adalah bagaimana kita bisa merasakan nikmatnya menyantap hidangan kurban, agar masyarakat sekitar kita dapat juga merasakan yang mungkin belum pernah merasakan nikmatnya bersantap daging kurban.

“Ini adalah tahun pertama diselenggarakanya acara syukuran qurban ini. Mudah-mudahan, kedepan acara seperti ini akan terus menerus dilakukan setiap tahunnya,” terang Ade.

BACA YUK:  ⁣Sejumlah Elemen Masyarakat Kabupaten Cirebon Gelar Deklarasi ⁣Tolak Anarkisme⁣

2. Tujuan Syukuran Qurban

Disamping itu juga, kata Ade, tujuan syukuran qurban ini bisa menumbuhkan rasa kerukunan, kekompakan warga masyarakat. Seperti halnya memorong, memasak yang semuanya swadaya masyarakat.

Pada Iduladha tahun ini, kata Ade, ACT Kota Cirebon mendapatkan distribusi hewan kurban sebanyak 200 ekor kambing. Dari 200 ekor tersebut telah didistribusikan ke seluruh wilayah Ciayumajakuning.

“Untuk acara Syukuran Qurban ini hanya diselenggarakan di Kelurahan Argasunya saja, tetapi untuk pendistribusian hewan kurbannya disalurkan ke seluruh wilayah di Ciayumajakuning,” ugkapnya.

3. Acara Dihadiri Jajaran Pemkot

Acara Syukuran Qurban dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Camat Harjamukti, Lurah Argasunya, dan masyarakat sekitar.

Menurut Kepala DSPPA Kota Cirebon, Iing Daiman atas nama Pemerintah Daerah Kota Cirebon mengucapkan terima kasih kepada Global Qurban – ACT Kota Cirebon.

“Setidaknya kami memperoleh semangat kolaborasi dari ACT Cirebon untuk turut serta berbagai rasa bahagia, rasa suka di tengah-tengah masyarakat Argasunya ini,” ujarnya.

Menurut Iing, ini adalah bagian dari cara kita untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam konteksnya masyarakat terlibat langsung.

“Disini menyembelih langsung, memasak langsung dan memakan langsung bersama-sama. Inilah indahnya kebersamaan,” bebernya.

“Saya mengapresiasi teman-teman ACT, mudah-mudahan program ini terus dikembangkan, dikolaborasikan dengan kami, dan ini adalah support dari pihak di luar pemerintah untuk membantu masyarakat,” pungkasnya. (AC212)

BACA YUK:  Petugas Gabungan di Kota Cirebon Kembali Gelar Operasi Penegakan Protokol Kesehatan
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

HMJ Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Cirebon Gelar Webinar Kewirausahaan

Cirebon,- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Syekh Nur Jati Kota Cirebon menggelar kegiatan Webinar (Web...

Selama Pandemi Transaksi QRIS Mandiri Syariah Naik 16 Persen

Jakarta,- Sejalan dengan cara hidup baru di tengah pandemi, Mandiri Syariah mencatatkan kenaikan nilai transaksi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebesar 16 persen...

Daop 3 Cirebon Mencatat Kenaikan Penumpang Sebesar 3 Persen di Bulan Oktober

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon mencatat ada kenaikan volume penumpang sebesar 3 persen pada bulan Oktober 2020. Manager Humas...

Libur Panjang Maulid Nabi, 53 Perjalanan KA Jarak Jauh Melintas di Daop 3 Cirebon

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan sebanyak 53 perjalanan kereta api jarak jauh pada libur cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pekan...

More Articles Like This