Gerakan Masyarakat Jaga Lingkungan, Wali Kota Cirebon Minta Rutin Gelar Lomba Kebersihan

Cirebon,- Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon menggelar berbagai perlombaan kebersihan. Kegiatan tersebut, langsung diapresiasi Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis.

Bahkan, Azis meminta kepada DLH Kota Cirebon untuk rutin menggelar kegiatan perlombaan terkait dengan lingkungan. Karena, menurut Azis, hal tersebut merupakan satu cara yang efektif untuk menggerakkan masyarakat untuk bisa bisa menjaga lingkungannya.

“Saya berterima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon yang telah menggelar berbagai macam perlombaan yang berkaitan dengan lingkungan. Ini satu cara yang efektif untuk bagaimana menggerakkan masyarakat untuk kemudian bisa menjaga lingkungannya,” ujar Azis usah menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia di Kantor DLH Kota Cirebon, Senin (5/6/2023).

BACA YUK:  Peringati Hari Tari Sedunia, Wabup Cirebon Minta Pertahankan Seni Budaya

Lomba kebersihan lingkungan, menurut Azis, mampu memberikan motivasi bagi masyarakat untuk menjaga lingkungan. Oleh karena itu, kegiatan itu harus dilakukan terus menerus, sampai pada suatu titik nanti masyarakat terbiasa.

“Terbiasa memiliki refleks untuk selalu menjaga lingkungannya. Jadi, saya selaku kepala daerah mengucapkan terima kasih dan memberikan pengarahan kepada Dinas Lingkungan Hidup yang berupaya agar masyarakat Kota Cirebon ini, kesadaran untuk menjaga lingkungannya menjadi lebih baik,” ungkap Azis.

Keberisihan lingkungan hidup itu, kata Azis, bukan saja satu kelompok, tetapi lingkungan hidup masuk kepada semua lapisan. Baik itu seluruh masyarakat Kota Cirebon tanpa memandang usia.

BACA YUK:  BPJS Kesehatan Cirebon Hadirkan Inovasi Teman Dengar JKN untuk Teman Tuli

“Bahkan saya sangat tertarik kalau kemudian melibatkan anak-anak sekolah. Mulai dari anak SD, SMP sudah diperkenalkan untuk bisa memiliki kesadaran menjaga lingkungan,” katanya.

Selain itu, Azis meminta kepada DLH Kota Cirebon untuk rutin menggelar perlombaan kebersihan di tingkat Rukun Warga (RW). Sehingga, untuk menjaga semangat lingkungan dirasakan oleh semua warga, maka harus ada lomba-lomba di tingkat RW.

“Lakukan lomba-lomba kebersihan, utamanya adalah lomba-lomba membersihkan sampah plastik. Karena sampah plastik ini memiliki kelemahan sukar diurau, tapi sampah plastik memiliki nilai ekonomis yang cukup bagus. Kalau di daur ulang bisa menjadi yang produktif,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *