Kamis, 29 Oktober 2020

Gelar Seminar Nasional, Prodia Beri Edukasi Pemeriksaan Nutrigenomics

Populer

Momen Mengharukan Saat Wisuda, Seorang Ayah Gantikan Wisuda Anaknya yang Meninggal

Cirebon,- Sebanyak 803 wisudawan/ wisudawati program Sarjana dan Magister Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Kota Cirebon mengikuti acara wisuda...

Warga Cirebon Budidaya Ikan Cupang Hingga Dijual ke Luar Negeri

Cirebon,- Budidaya ikan cupang kini semakin diminati di Indonesia. Pasalnya, bisnis ikan cupang ini sangat menjanjikan omset hingga ratusan...

Mulai Besok Pembatasan Aktivitas Masyarakat di Kota Cirebon Dicabut

Cirebon,- Pembatasan aktivitas masyarakat di Kota Cirebon rencananya akan berlangsung sampai 31 Oktober 2020. Namun, Walikota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis...

Bupati Cirebon Bolehkan Belajar Tatap Muka Bagi Kecamatan Zona Hijau

Cirebon,- Beberapa sekolah di Kabupaten Cirebon mulai memberlakukan belajar tatap muka. Bupati Cirebon, Drs. H. Imron meminta tetap menjaga...

Siswa MANU Putra Buntet Cirebon Lolos Parlemen Remaja DPR RI

Cirebon,- Siswa kelas XII Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Putra Buntet Pesantren Cirebon, Alif Luqman Jayadi (18) lolos menjadi...

Cirebon,- Laboratoriun Klinik Prodia menggelar seminar nasional yang berlangsung di Ruang Pangrango, Swiss-Belhotel Cirebon, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Minggu (25/8/2019).

Seminar dengan mengusung tema “Get Nutrified? Ask Your DNA!”, Prodia memberikan edukasi kepada masyarakat dengan mengenalkan kebutuhan nutrisi tepat bagi tubuh dengan Prodia Nutrigenomics.

Hadir sebagai pembicara, yakni dr. Yenni Zuhairini, M.Si., Sp, GK dan dr. Johanis Sp.PK, yang memperkenalkan dan memaparkan lebih jauh tentang Personalized Nutritions.

Loading...

1. Pemeriksaan Prodia Nutrigenomics

Regional Manager Marketing West Java Region, Nancy Pakpahan, M.Kes mengatakan event seminar nasional  ini merupakan roadshow di 22 kota di Indonesia, dan Cirebon merupakan kota ke-19.

“Memang ini adalah kegiatan rutin tahunan yang dilakukan Prodia dalam rangka memberikan informasi terkait pemeriksaan dan info-info terbaru,” ujarnya.

Terkait pemeriksaan Get Nutrified? Ask Your DNA!, lanjut Nancy, adalah pemeriksaan Nutrigenomics yang baru dilaunching pada bulan Juni 2019.

“Jadi, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan kesehatan, agar masyarakat itu aware terhadap gaya hidup yang sehat,” bebernya.

Nancy menjelaskan, pemeriksaan Nutrigenomics salah satu upaya prefentiv pencegahan penyakit sejak dini, yang nantinya dengan cara pengaturan pola hidup.

“Pola hidup itu baik dari pola makannya, kemudian terkait juga dengan aktivitas fisiknya yabg dilihat dari profil genetiknya,” jelasnya.

2. Mengetahui Kebutuhan Nutrisi

Jumlah kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan setiap orang berbeda berdasarkan kondisi tubuh masing-masing, namun yang utama adalah berdasarkan gen dalam tubuh.

Menurut Nancy, gen berpengaruh pada sifat, fisik, kesehatan, dan respon tubuh terhadap berbagai macam nutrisi. Sehingga, hal tersebut membuat Prodia menyadari pentingnya mengedukasi masyarakat tentang kebutuhan nutrisi setiap individu.

“Sehingga, dengan mengetahui kebutuhan nutrisi apa yang tepat untuk tubuh, dapat menjaga kesehatan dan mencegah timbulnha beragam resiko penyakit,” terangnya.

Pihaknya berharap dengan aeminar nasional ini dapat mendukung masyarakat menjalankan gaya hidup sehat dengan baik dan benar sesuai kebutuhan tubuh masing-masing.

3. Menentukan Respon Tubuh Melalui Pemeriksaan Nutrigenomics

Tidak hanya kebutuhan nutrisi yang berbeda, akan tetapi jenis serta jumlah olahraga setiap orang juga berbeda. Nutrisi dan latihan fisik dengan porsi yang sama, belum tentu memberikan efek yang sama bagi setiap orang.

dr. Yenni Zuhairini, M.Si., Sp, GK mengatakan bahwa penyakit tidak menular adalah penyakit utama saat ini yang disebabkan oleh prilaku, lingkungan, dan genetik.

“Asupan nutrisi yang tepat, dapat membantu kita dalam mencegah timbulnya penyakit,” ujarnya.

Namun, kata Yenni, kebutuhan nutrisi setiap individu ternyata berbeda satu sama lainnya yang dipengaruhi oleh variasi gen yang bersifat unik.

“Gen itu menentukan respon tubuh terhadak makanan dan aktivitas fisik, yang dimana personalized nutrition dapat diketahau dengan pemeriksaan Nutrigenomics,” jelasnya.

4. Mengetahui Kebutuhan Tubuh

Sementara itu, dr. Johanis Sp.PK menambahkan bahwa pentingnya untuk terlebih dahulu mengetahui kebutuhan tubuh agar dapat memilik dengan tepat makanan ataupun jenis kegiatan fisik yang sesuai.

“Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan Prodia Nutrigenomics, salah satu rangkaian pemeriksaan Prodia Genomics,” bebernya.

Menurut Johanis, Prodia Nutrigenomic cukup dilakukan satu kali seumur hidup,  untuk dapat mengetahui efek dari nutrisi terhadap gen, serta interaksi antara gen dan nutrisi yang berkaitan dengan kesehatan.

“Sehingga dapat digunakan sebagai baseline dan guidence untuk melakukan gaya hidup yang sesuai,” tutupnya. (AC212)

BACA YUK:  Pemkab Cirebon Keluarkan Surat Edaran Peniadaan Pasar Malam Muludan
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Maknai Sumpah Pemuda, Telkomsel Gelar Digital Creative Millennials 2020

Jakarta,- Telkomsel kembali menghadirkan program berbasis digital sebagai wadah untuk memacu kewirausahaan di segmen youth atau millennial. Program yang diberi...

Lapas Kesambi Cirebon Bagikan Masker Hasil Karya Warga Binaan

Cirebon,- Dalam rangka Hari Dharma Karyadhika tahun 2020, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Kesambi Kota Cirebon membagikan masker, hand sanitizer, dan juga vitamin kepada...

Wali Kota Cirebon Berikan Rekomendasi Pembukaan Bioskop di Kota Cirebon

Cirebon,- Wali Kota Cirebon Drs. Nashrudin Azis telah memberikan surat rekomendasi terkait pembukaan bioskop di Kota Cirebon. Penyerahan tersebut diberikan usai rapat evaluasi bersama para...

Momen Mengharukan Saat Wisuda, Seorang Ayah Gantikan Wisuda Anaknya yang Meninggal

Cirebon,- Sebanyak 803 wisudawan/ wisudawati program Sarjana dan Magister Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Kota Cirebon mengikuti acara wisuda ke-57 Tahun Akademik 2020/2021. Acara wisuda...

More Articles Like This