Jumat, 28 Februari 2020

Gelar Seminar Nasional, Prodia Beri Edukasi Pemeriksaan Nutrigenomics

Populer

Satlantas Polres Cirebon Kota Gelar Operasi Jaran Lodaya 2020, Ini Sasarannya

Cirebon,- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota menggelar Operasi Jaran Lodaya 2020 yang berlangsung dari tanggal 22 Februari...

McDonald’s Kembali Membuka Gerainya di Kota Cirebon, Ini Kelebihannya

Cirebon,- McDonald’s Indonesia kembali membuka gerainya kembali yang bertempat di Jalan Brigjen Darsono, Bypass, Kota Cirebon dan akan resmi...

BPOM Jawa Barat Sita Ribuan Kosmetik Tanpa Ijin Edar di Cirebon

Cirebon,- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jawa Barat menyita ribuan kosmetik yang diduga ilegal di rumah penyimpanan di...

Sultan Sepuh XIV Prihatin Atas Rusaknya Situs Petilasan Matangaji

Cirebon,- Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA. Arief Natadiningrat sangat prihatin atas kejadian rusaknya petilasan Matangaji yang berada...

Manulife Cirebon Gelar Program CSR Penyediaan Sumber Air Bersih

Cirebon,- Masyarakat desa Nanggela Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon tampak bergembira setelah sumur bor sebagai sumber mata air bersih mengalir...

Cirebon,- Laboratoriun Klinik Prodia menggelar seminar nasional yang berlangsung di Ruang Pangrango, Swiss-Belhotel Cirebon, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Minggu (25/8/2019).

Seminar dengan mengusung tema “Get Nutrified? Ask Your DNA!”, Prodia memberikan edukasi kepada masyarakat dengan mengenalkan kebutuhan nutrisi tepat bagi tubuh dengan Prodia Nutrigenomics.

Hadir sebagai pembicara, yakni dr. Yenni Zuhairini, M.Si., Sp, GK dan dr. Johanis Sp.PK, yang memperkenalkan dan memaparkan lebih jauh tentang Personalized Nutritions.

1. Pemeriksaan Prodia Nutrigenomics

Loading...

Regional Manager Marketing West Java Region, Nancy Pakpahan, M.Kes mengatakan event seminar nasional  ini merupakan roadshow di 22 kota di Indonesia, dan Cirebon merupakan kota ke-19.

“Memang ini adalah kegiatan rutin tahunan yang dilakukan Prodia dalam rangka memberikan informasi terkait pemeriksaan dan info-info terbaru,” ujarnya.

Terkait pemeriksaan Get Nutrified? Ask Your DNA!, lanjut Nancy, adalah pemeriksaan Nutrigenomics yang baru dilaunching pada bulan Juni 2019.

“Jadi, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan kesehatan, agar masyarakat itu aware terhadap gaya hidup yang sehat,” bebernya.

Nancy menjelaskan, pemeriksaan Nutrigenomics salah satu upaya prefentiv pencegahan penyakit sejak dini, yang nantinya dengan cara pengaturan pola hidup.

“Pola hidup itu baik dari pola makannya, kemudian terkait juga dengan aktivitas fisiknya yabg dilihat dari profil genetiknya,” jelasnya.

2. Mengetahui Kebutuhan Nutrisi

Jumlah kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan setiap orang berbeda berdasarkan kondisi tubuh masing-masing, namun yang utama adalah berdasarkan gen dalam tubuh.

Menurut Nancy, gen berpengaruh pada sifat, fisik, kesehatan, dan respon tubuh terhadap berbagai macam nutrisi. Sehingga, hal tersebut membuat Prodia menyadari pentingnya mengedukasi masyarakat tentang kebutuhan nutrisi setiap individu.

“Sehingga, dengan mengetahui kebutuhan nutrisi apa yang tepat untuk tubuh, dapat menjaga kesehatan dan mencegah timbulnha beragam resiko penyakit,” terangnya.

Pihaknya berharap dengan aeminar nasional ini dapat mendukung masyarakat menjalankan gaya hidup sehat dengan baik dan benar sesuai kebutuhan tubuh masing-masing.

3. Menentukan Respon Tubuh Melalui Pemeriksaan Nutrigenomics

Tidak hanya kebutuhan nutrisi yang berbeda, akan tetapi jenis serta jumlah olahraga setiap orang juga berbeda. Nutrisi dan latihan fisik dengan porsi yang sama, belum tentu memberikan efek yang sama bagi setiap orang.

dr. Yenni Zuhairini, M.Si., Sp, GK mengatakan bahwa penyakit tidak menular adalah penyakit utama saat ini yang disebabkan oleh prilaku, lingkungan, dan genetik.

“Asupan nutrisi yang tepat, dapat membantu kita dalam mencegah timbulnya penyakit,” ujarnya.

Namun, kata Yenni, kebutuhan nutrisi setiap individu ternyata berbeda satu sama lainnya yang dipengaruhi oleh variasi gen yang bersifat unik.

“Gen itu menentukan respon tubuh terhadak makanan dan aktivitas fisik, yang dimana personalized nutrition dapat diketahau dengan pemeriksaan Nutrigenomics,” jelasnya.

4. Mengetahui Kebutuhan Tubuh

Sementara itu, dr. Johanis Sp.PK menambahkan bahwa pentingnya untuk terlebih dahulu mengetahui kebutuhan tubuh agar dapat memilik dengan tepat makanan ataupun jenis kegiatan fisik yang sesuai.

“Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan Prodia Nutrigenomics, salah satu rangkaian pemeriksaan Prodia Genomics,” bebernya.

Menurut Johanis, Prodia Nutrigenomic cukup dilakukan satu kali seumur hidup,  untuk dapat mengetahui efek dari nutrisi terhadap gen, serta interaksi antara gen dan nutrisi yang berkaitan dengan kesehatan.

“Sehingga dapat digunakan sebagai baseline dan guidence untuk melakukan gaya hidup yang sesuai,” tutupnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Pertamina Suntik Modal Wirausaha Hingga Rp. 2 Milyar di Wilayah Region III

Bandung,- Gina Adhityalugina, dengan bangga menunjukkan produk pouch kulit berlabel "Gammara". Perempuan asal Bandung itu percaya diri produknya akan...

Telkomsel Raih Enam Penghargaan dari Opensignal

Jakarta,- Konsistensi Telkomsel dalam menghadirkan konektivitas dengan teknologi terdepan guna menjamin kenyaman gaya hidup digital pelanggan kembali mendapatkan penghargaan dari Opensignal. Telkomsel memenangkan enam penghargaan...

Kota Cirebon Masuk Prioritas Dalam Rencana Program Kota Layak Huni

Cirebon,- Asian Development Bank (ADB) melakukan penjajakan kerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon terkait program kota layak huni. Kota layak huni berkelanjutan merupakan...

KPP Pratama Cirebon Satu dan Dua Gelar Business Development Service

Cirebon,- Mendukung UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Cirebon, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cirebon Satu dan Dua menggelar kegiatan Business Development Service (BDS),...

Biznet Luncurkan Biznet IPTV, Hiburan TV Interaktif dengan Resolusi 4K

Jakarta – Biznet, perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia, hari ini resmi meluncurkan layanan terbarunya yaitu Biznet IPTV, layanan TV interaktif yang menampilkan hiburan...

More Articles Like This