Gelar Donor Darah, BI Cirebon dan BMPD Ciayumajakuning Targetkan 500 Pendonor

Cirebon,- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon bersama Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) wilayah Ciayumajakuning berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon menggelar kegiatan donor darah, Rabu (1/11/2023).

Dengan tema “Setetas Darah Anda Menyelamatkan Jiwa” itu berlangsung di Ruang Gunung Jati Bank Indonesia, Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon. Kegiatan donor darah kali ini, Bank Indonesia Cirebon menargetkan 500 kantong darah.

Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo mengatakan kami Bank Indonesia bekerja sama dengan BMPD Ciayumajakuning menyelenggarakan kegiatan sosial donor darah bekerjasama dengan PMI Kota Cirebon.

“Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin, dalam setahun diselenggarakan tiga kali. Jadi setiap tiga bulan kita menyelenggarakan donor darah,” ujar Hestu saat ditemui About Cirebon.

BACA YUK:  Dalam Peringatan HKG ke-52, Bupati Imron Sebut Pentingnya Peran Perempuan

Kegiatan donor darah kali ini, kata Hestu, pihaknya menargetkan sebanyak 500 pendonor. Jumlah tersebut ditingkatkan dari yang sebelumnya hanya menargetkan 400 pendonor.

“Kita tingkatkan dari 400 pendonor tahun lalu, saat ini kita targetkan sebanyak 500 pendonor. Paling tidak, walaupun kebutuhan di atas 5000, mudah-mudah dengan sedikit tambahan ini bisa membantu dalam ketersedian stok darah di PMI,” kata Hestu.

“Ini adalah program sosial Bank Indonesia dalam rangka untuk membantu masyarakat dan tenaga medis dalam memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat di wilayah Ciayumajakuning,” sambungnya.

Pihaknya berkomitmen kegiatan donor darah ini akan rutin diselenggarakan dan tahun depan kembali berkolaborasi dengan PMI dan Pemerintah Daerah Kota Cirebon.

BACA YUK:  PMI Kota Cirebon : Siklus Musim Pancaroba, Permintaan Darah Mengalami Peningkatan

“Dari data pendaftaran kegiatan donor darah ini yang dibuka selama 3 hari telah melibihi target. Ini mungkin menandakan antusias masyarakat yang tinggi dan ini juga cerminan masyarakat Cirebon sangat peduli dalam membantu sesama,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati, M.A.P yang hadir dalam kegiatan ini mengapresiasi kepada Bank Indonesia Cirebon atas inisiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada para pendonor yang telah antusias secara sukarela menyumbangkan darahnya.

“Semoga kegiatan kemanusian ini dapat dilakukan secara rutin dan berkelanjutan, serta dapat mendorong minat masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah,” ujar Eti.

BACA YUK:  Bantu Persediaan Darah, Karyawan Alfamart Cirebon Antusias Ikuti Donor Darah

“Sebab setiap tetes darah dari kita sangat berarti bagi orang lain, satu sumbangan darah dapat menyelamatkan setidaknya satu nyawa,” sambungnya.

Pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti teladan para pendonor darah sukarela. Praktik dan semangat kebersamaan para pendonor darah sukarela menjadi bagian dari penyebaran nilai-nilai kemanusiaan.

Oleh karena itu, kata Eti, gerakan ini harus terus menerus digulirkan dan dikampanyekan kepada masyarakat luas. Sehingga, mendorong munculnya aksi-aksi kemanusiaan yang berkelanjutan.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan sumbangan darah untuk berbagai keperluan medis dan menambah persediaan darah,” tandasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *