Gedung Pemerintah di Kabupaten Cirebon Bakal Gunakan PLTS Atap

Cirebon,- Sejumlah gedung pemerintahan di Kabupaten Cirebon, akan menerapkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap. Hal tersebut diungkapkan dalam pertemuan Bupati Cirebon, Drs H Imron, M.Ag, dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat, Kamis (14/04/2022).

Imron mengatakan, bahwa program PLTS atap ini, bukan hanya ramah terhadap lingkungan, tapi menarik juga untuk bisa segera direalisasikan.

“PLTS ini energi ramah lingkungan. Semoga bisa segera direalisasikan,” ujar Imron.

Untuk tahap pertama, lanjut Imron, ada sebanyak 4 sekolahan di Kabupaten Cirebon, yang akan menerapkan penggunaan PLTS atap, sebagai sumber energinya. Empat sekolah tersebut yaitu, SMAN 1 Plumbon, SMKN 1Jamblang, SMKN 1 Kedawung dan SMKN 1 Mundu.

BACA YUK:  404 Jemaah Haji asal Kabupaten Cirebon Berangkat ke Tanah Suci

“Untuk tahap pertama ada 4 sekolah yang gunakan PLTS atap. Ada SMAN 1 Plumbon, SMKN 1 Jamblang, SMKN 1 Kedawung, dan SMKN 1 Mundu,” beber Imron.

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, Ai Saadiyah menuturkan ada dua program yang akan dilaksanakan oleh ESDM Jabar, yaitu Jabar Caang dan penerapan energi terbarukan.

Untuk penerapan energi terbarukan sendiri, nantinya akan menggunakan PLTS Atap. Pihaknya saat ini sedang melakukan kajian, untuk menerapkan sumber energi tersebut di gedung sekolah, pesantren dan gedung pemerintahan.

BACA YUK:  Prakiraan Cuaca Kota Cirebon, 14 April 2022

“Saat ini masih dalam kajian untuk gunakan teknologi ini. Biar nantinya, gedung pemerintahan di Kabupaten Cirebon, bisa menggunakan PLTS,” ungkapnya.

Ai juga menambahkan, dengan adanya penggunaan PLTS Atap ini, bukan hanya ramah lingkungan saja, namun juga bisa melakukan penghematan biaya listrik.

“Sekarang juga, sudah banyak rumah-rumah warga yang menggunakan metode ini,” kata Ai. (HSY)

(Dilihat: 55 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.