Gawarebon Unpad Peduli Korban Banjir Cirebon Timur

0
139
Penyerahan Bantuan kepada Sekretaris Kecamatan Ciledug Zaenal Aripin dari Gawarebon Unpad, BEM Kema Unpad dan SAR Unpad di Posko Utama Kantor Kecamatan Ciledug, Jumat (2/3/2017).

Cirebon,- Keluarga Mahasiswa Cirebon (Gawarebon) Unpad bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kema Unpad dan SAR Unpad memberikan bantuan untuk korban banjir di posko utama Desa Ciledug, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Jumat (2/3/2018).

Bantuan ini langsung diterima oleh Zaenal Arifin selaku Sekretaris Kecamatan Ciledug yang selanjutkan akan disortir menjadi beberapa paket bantuan. Penyortiran ini dilakukan bertujuan agar bantuan yang diberikan dapat diterima masyarakat secara merata.

Aston Hotel

Bantuan yang diberikan diantaranya berupa sembako, makanan siap saji, alat kebersihan, peralatan sekolah, pakaian maupun obat-obatan.

“Untuk saat ini masyarakat korban banjir masih banyak membutuhkan bahan sembako. Karena sebagian besar dari mereka banyak yang kehilangan usaha dan pekerjaanya,” ujar Zaenal.

Menurut Zaeal Arifin, banjir yang menimpa kecamatan Ciledug ini terjadi sepekan yang lalu akibat dari hujan deras yang terus mengguyur wilayah Cirebon Timur sehingga mengakibatkan meluapnya sungai Cisanggarung dan Cijangkelok.

Istana Kerang

Banjir ini merendam 8 desa dari Kecamatan Ciledug. Ada tiga desa yang tedampak paling parah diantaranya Desa Ciledug Wetan, Ciledug Lor, dan Jatiseng Kidul. Ketinggian banjir bahkan sampa 3 meter dan menenggelamkan rumah warga.

Meskipun banjir sudah surut sejak Rabu kemarin, dan para pengungsi sudah kembali ke rumahnya masing-masing, tapi bekas banjir masih menyisakan lumpur yang cukup tebal di area rumah dan di jalan-jalan raya.

Zaenal berharap, bencana banjir seperti ini tidak akan terjadi kembali dan untuk masyarakat kecamatan Ciledug agar tetap semangat dalam menjalani hari-harinya.

Sementara itu, Alvin Rizkiyansyah selaku perwakilan dari Gawarebon Unpad yang ikut serta dalam kegiatan ini berharap agar bantuan yang diberikan bisa meringankan dan bermanfaat bagi korban banjir.

“Meskipun bantuan yang diberikan tidak seberapa dibanding dengan jumlah kerugian yang dialami para korban banjir, semoga sedikit banyaknya bisa memberikan manfaat,” kata Alvin.

Sejalan dengan itu Ega Apriliana selaku Ketua Gawarebon menambahkan bantuan ini juga sebagai wujud bakti anak daerah yang sedang menempuh pendidikan di luar kota untuk tetap peduli dan berkontribusi pada kampung halamannya yakni Cirebon.

“Tidak lupa ucapan terima kasih kepada seluruh pihak dan donatur yang telah membantu dengan ikhlas menyisihkan hartanya untuk meringankan beban para korban bencana banjir ini,” tutup Ega. (rls)