Sabtu, 8 Mei 2021

Gandeng BPBD, Aston Cirebon Gelar Sosialisasi Siaga Bencana Gempa

Populer

Penyekatan Mulai 6-17 Mei, Ini Kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota akan melakukan penyekatan larangan mudik. Penyekatan akan berlangsung mulai tanggal 6...

Pra Pengetatan Mudik, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik di Kedawung

Cirebon,- Pra mudik lebaran dari tanggal 22 April hingga 5 Mei 2021, Satlantas Polres Cirebon Kota melakukan operasi penyekatan...

Selama Ramadan, Citradream Hotel Hadirkan Paket Buka Puasa Rp. 60 ribu Makan Sepuasnya⁣

Cirebon,- Selama bulan Ramadan, Citradream Hotel Cirebon yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon menghadirkan promo menarik....

Kepala Daerah di Ciayumajakuning Sepakati Fleksibilitas Perbatasan Selama Larangan Mudik

Cirebon,- Kebijakan larangan mudik yang saat ini tengah diterapkan, kini dibahas lima kepala daerah di Cirebon kota/kabupaten, Indramayu, Majalengka,...

Larangan Mudik Dimulai, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik

Cirebon,- Satuan Lalulintas Polres Cirebon Kota mulai melakukan penyekatan kendaraan pemudik. Sebanyak kurang lebih 80 kendaraan pemudik diputarbalikan di...

Cirebon,- Setelah sukses menggelar seminar penanggulangan dan solusi bencana kebakaran, Aston Cirebon Hotel & Convention Center kembali menggelar Sosialisasi Siaga Bencana Gempa.

Sosialisasi Siaga Bencana Gempa, Aston Cirebon bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBP) dan juga About Cirebon.

Sosialisasi siaga bencana gempa, diikuti ratusan peserta. Kegiatan tersebut berlangsung di Onxy Room Aston Cirebon Hotel, Jalan Brigjen Darsono Bypass, Cirebon, Sabtu (6/10/2018).

Loading...

Kartika Mulya Putri, selaku Direktur Aston Cirebon Hotel & Convention Center mengatakan digelarnya sosialisasi siaga bencana gempa dilatarbelakangi atas tiga hal.

Yang pertama, karena letak geografis Indonesia merupakan salah satu negara yang ada pertemuan tiga lempeng utama dunia, dan Indonesia menjadi salah satu negara yang rawan gempa.

BACA YUK:  Di Depan Toko Karomah Anak, Para Pedagang Kecil itu Berjuang Melawan Pandemi⁣⁣

Kedua, gempa bumi ini merupakan salah satu bencana yang tidak pernah bisa diprediksi. Dan ketiga, tingkat pengetahuan masyarakat Indonesia sendiri masih sangat rendah dalam hal menghadapi bencana.

“Pengetahuan terhadap bencana kan tidak dimasukkan dalam kurikulum pendidikan, apalagi masyarakat awam pun belum tau,” ujarnya kepada About Cirebon.

Bahkan, lanjut Kartika, masyarakat yang well educated atau berpendidikan pun belum tentu mengerti bagaimana caranya menyelamatan diri.

“Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat banyak dan juga banyak pihak lain yang tergerak untuk mengadakan kegiatan semacam ini, agar kita sama-sama siap untuk selamat nantinya,” harap Kartika.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, diikuti peserta dari berbagai kalangan, mulai dari TNI, pelajar, pekerja, hingga ibu rumah tangga.

Sementara itu, Eman Sulaeman, dari BPBD Kabupaten Cirebon sangat mengapresiasi kepada Aston Cirebon atas digelarnya sosialisasi siaga bencana gempa.

“Ini adalah kepedulian Aston Cirebon untuk menyosialisasikan bagaimana cara siaga menghadapi gempa,” ujarnya.

BACA YUK:  Saung Kopi Gowes Akan Kembangkan Wisata Sawah⁣

Menururt Eman, sosialisasi seperti ini sangat penting sekali, bagaimana masyarakat bisa menyelamatkan diri sendiri sebelum menyelamatkan orang lain. Karena, kalau kita lihat kejadian-kejadian yang sudah terjadi, kesiapsiagaan masyarakat masih kurang. Sehingga, resiko bencananya lebih tinggi.

“Mudah-mudahan dengan sosialisasi ini , harapan kami BPBD bahwa resiko terjadinya korban nyawa bisa dikurangi. Karena, mereka sudah tau bagaimana cara menyelamatkan diri sendiri,” harapnya.

Pada kegiatan sosialisasi siaga bencana gempa, BPBD Kabupaten Cirebon memberikan materi terkait bagaimana keadaan geologis Cirebon, ancaman-acaman yang ada di Cirebon, potensi-potensi bencana, dan juga materi bagaimana menyelamatkan diri sendiri baik teori maupun secara simulasi.

“Dengan praktek simulasi ini, bisa mengena langsung dan bagaimana melindungi keluarganya dari bencana gempa,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

The Cartel Katiasa Gym Kembali Salurkan Bantuan di Bulan Ramadan

Cirebon,- The Cartel, Komunitas Katiasa Gym Cirebon kembali menggelar bakti sosial (Baksos) di bulan Ramadan. Kali ini, anggota The...

Tenaga Ahli KSP RI: Situasi Mudik Tahun 2021 Berbeda Dengan Tahun Lalu

Cirebon,- Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja di Kota Cirebon. Dalam kunjungan kali ini, KSP RI meninjau pelaksanaan penyekatan...

Yogya Grand Cirebon Tawarkan Banyak Fasilitas Menarik dan Bertabur Diskon

Cirebon,- Yogya Grand Cirebon terus berinovasi memberikan pelayanan dan fasilitas terbaiknya untuk para pelanggan. Terlebih, selama ramadan ini pihaknya menawarkan diskon gede-gedean hingga 50%. Seperti...

Tularkan Semangat Positif dalam Peringatan International Midwife Day⁣ ⁣

Cirebon,- International Midwife Day (IMD) yang diperingati setiap 5 Mei ini menjadi momentum yang bermakna bagi seluruh bidan di dunia. Peringatan ini secara formal...

More Articles Like This