Gali Potensi di Setiap RW, Pemda Kota Cirebon Kembali Gelar Festival Milm Kampung 2024

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) akan kembali menggelar Festival Milm Kampung tahun 2024.

Tahun ini, merupakan tahun ketiga diselenggarakannya Festival Milm Kampung di Kota Cirebon.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa mengatakan Festival Milm Kampung 2024 ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya digelar.

Festival Milm Kampung, menurut Ma’ruf, untuk menggali potensi-potensi yang ada di setiap RW di Kota Cirebon.

“Harapannya, setelah kegiatan Festival Milm Kampung ini selesai, dapat memberikan masukan-masukan untuk pemerintah daerah dalam melakukan perencanaan program pembangunan. Jadi, bukan hanya sekedar melaksanakan program saja, tapi salah satu tujuan besarnya adalah itu,” ujar Ma’ruf, Senin (20/5/2024).

BACA YUK:  Rangkaian Hardiknas Tahun 2024, Disdik Kota Cirebon Gelar Senam Bersama

Sehingga, kata Ma’ruf, setiap penilaian program Festival Milm Kampung, sebelum dilakukan penjurian oleh juri profesional, dilakukan terlebih dahulu penjurian oleh seluruh kepala SKPD di Kota Cirebon.

“Jadi mudah-mudahan ini bagan dari bagaimana kita menyatukan, mengikatkan simpul-simpul yang belum tersambung,” jelasnya.

Kemudian, kegiatan Festival Milm Kampung tahun 2024 ini juga bertujuan untuk mendorong kreativitas, termasuk membantu membranding masing-masing RW di Kota Cirebon.

Karena, dengan hasil karya sebuah filmlah, potensi yang ada di RW atau di Kota Cirebon bisa diketahui oleh masyarakat secara luas.

BACA YUK:  Edarkan Obat Keras Terbatas, 2 Pelaku Diamankan Satresnarkoba Polresta Cirebon

“Sudah banyak contohnya melalui sebuah film itu akan lebih banyak dikenal. Termasuk mendorong, karena saya yakin akan terbangun sebuah ekosistem didalamnya. Seperti anak-anak mudanya memiliki target setiap tahun harus apa, jadi kami yakin efek dari penyelenggaraan kegiatan ini bisa lebih banyak lagi manfaatnya,” ungkapnya.

Untuk itu, Ma’ruf juga berharap anak-anak muda di Kota Cirebon bisa mendapat akses untuk mengembangkan hobi maupun kemampuan yang dimilikinya. Termasuk juga mendorong industri kreatif.

“Agar anak-anak muda kita, generasi muda kita punya kegiatan. Justru saya khawatir, kalau tidak punya kegiatan akan berdampak ke hal-hal negatif,” jelasnya.

BACA YUK:  Sensasi Adventure, Metland Hotel Cirebon Tawarkan Paket City Tour Offroad yang Asyik

Dari kedua kali penyelenggaraan Festival Milm Kampung di Kota Cirebon, kata Ma’ruf, mendapatkan beberapa catatan. Pada saat penyelenggaraan pertama diikuti banyak peserta, namun penyelenggaraan kedua sempat menurun jumlah pesertanya, meskipun dari sisi kualitas mengalami peningkatan.

“Saya berharap di penyelenggaraan tahun ini pesertanya lebih banyak lagi dan kualitasnya lebih baik lagi. Kami juga berharap, dengan Festival Milm Kampung ini lebih banyak lagi potensi yang tergali,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *