Gagal Panen Wisata Durian Sepi Pengunjung

Cirebon, 12 Desember 2013,- Salah satu kebun durian sebanyak 500 pohon durian jenis montong yang terletak Desa Kepompongan Blok Jurang Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon disinyalir mengalami gagal panen. Penyebab gagal panen karena cuaca panas sejak awal Januari hingga Juli tahun 2013. Hal ini diungkapkan Susi salah seorang karyawan Wisata Durian.

“Kalau lagi bagus pas di Hari Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha. Namun saat hujan deras setelah Lebaran Idul Fitri, buah dan tanaman menjadi rontok,” ujar Susi.

BACA YUK:  Inilah Hasil Kajian Penelitian dan Pengembangan Pariwisata Berbasis Kawasan di Kabupaten Cirebon

Jumlah lahan kebun seluas satu hektar ada 500 pohon dan untuk yang satu pohon durian mencapai 10 buah, kalau tahun kemarin bahkan bisa lebih.

Wisata surga hati  merupakan wisata durian dan kolam renang. Kalau lagi panen biasanya pengunjung sangat ramai dan bisa memetik langsung, namun sekarang hanya kolam renangnya saja yang ramai.

Sementara itu menurut Jumadi, karyawan yang tiap hari mengurusi kebun durian mengatakan cuaca sejak bulan Januari hingga bulan Juli mulai panas terik sehingga durian pun tidak kuat dan saat masuk musim hujan pertama buah pada berjatuhan karena pergantian cuaca. Hanya beberapa pohon saja yang mampu bertahan dari terpaan pergantian musim.

BACA YUK:  Harga Tiket Masuk dan Parkir Pantai Kejawanan, Akses Masuk dari Pelabuhan Ikan

” Sedangkan pohon durian yang ada di sini dari 500 pohon hanya 1 pohon yang lolos dari pergantian musim pancaroba,” katanya. (Kir/Job)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *