Saung Kopi Gowes Akan Kembangkan Wisata Sawah⁣

Cirebon,- Saung Kopi Gowes (Sakowes) yang beralamat di Jalan Raya Cirebon Girang – Desa Sarwadadi No. 5 Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon resmi melakukan Grand Opening, Sabtu (10/4/2021).⁣ ⁣ Grand Opening Sakowes ditandai dengan pemotongan pita, pemotongan tumpeng, hingga santunan kepada 23 anak yatim piatu. Jumlah anak yatim tersebut merupakan simbol awal dibukanya Sakowes pada tanggal 23 Desember 2020.⁣ ⁣ Selain prosesi pemotongan pita hingga santunan, acara grand opening dimeriahkan dengan penampilan kesenian tradisional. Kesenian yang ditampilkan yakni Tari Topeng dan Sintren.⁣ ⁣ Acara Grand Opening Sakowes dihadiri berbagai unsur pemerintahan Kabupaten Cirebon dan pihak kepolisian. Selain itu, dihadiri komunitas Silaturahmi Entrepreneur Cirebon Indonesia (SECI).⁣ H. Muhamad Ramdani, pemilik Saung Kopi Gowes mengatakan hadirnya Sakowes atas dasar kebutuhan para olahragawan, terutama olahr aga bersepeda atau gowes. Karena, sepanjang jalur Cirebon Girang hingga Pancalang belum terdapat pit stop untuk istirahat para goweser.⁣ ⁣ “Apalagi jalur ini (Sarwadadi) merupakan jalur favorit. Dimana, terdapat tanjakan Sarwadadi. Sehingga konsep yang diusung pun menyesuaikan untuk para pecinta gowes,” ujar Ramdani, saat ditemui About Cirebon usai acara Grand Opening, Sabtu (10/4/2021).⁣ ⁣ Ramdani menjelaskan, konsep bangunan dan ornamen-ornamen yang ada didalamnya didominasi dengan berbahan dasar sepeda onthel yang dijadikan meja, kursi, hingga menjadi hiasan.⁣ ⁣ “Untuk menambah unik, bangunan Sakowes mengusung konsep rumah Joglo dipadukan dengan Limasan di belakangnya. Hingga furniture dan hiasan menggunakan berbahan dasar sepeda,” ungkapnya.⁣ ⁣ Kedepannya, lanjut Ramdani, Sakowes akan mengembangkan wisata yang terintegrasi dengan tema alam. Wisata yang akan dibangun yakni spot-spot foto di sawah.⁣ “Nantinya persawahan akan tetap kita jaga, para petani tetap menggarap sawahnya. Tapi di atas sawah nanti dibuat jalur untuk wisatawan merasakan keindahan sawah dan akan dibuat spot untuk foto,” bebernya.⁣ ⁣ Kemudian, Sakowes juga akan membuat perkebunan jeruk dan akan membuat konsep hidroponik. Karena, kendala saat ini kurangnya regenerasi petani. ⁣ ⁣ “Karena anak-anak muda saat ini cenderungnya tidak ingin berkotor-kotoran. Sehingga, kita akan mencoba membuat konsep hidroponik sayur dan buah tanpa harus berkotor-kotor ria dengan hasil yang maksimal,” pungkasnya. (AC212)

Samakamu Kopi Tawarkan Menu Paket Buka Puasa Selama Ramadan

Cirebon,- Samakamu Kopi yang berlokasi di Area Apita Hotel, Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon menghadirkan promo buka puasa selama bulan Ramadan. Mengusung tema “Buffet Special Ramadhan”, paket buka puasa ini dibandrol mulai Rp. 28 ribu. “Selama Ramadhan, kami hadirkan paket buka puasa yang dibandrol mulai dari Rp. 28 ribu. Harga tersebut sudah termasuk main course, free takjil , dessert, hingga minuman segar,” ujar Chindy Manager Operasional Samakamu Kopi kepada About Cirebon, Jumat (9/4/2021). Chindy memaparkan, ada tiga pilihan paket buffet special Ramadhan, yakni Paket Berkat Untukmu A hingga C. Untuk paket A dengan harga Rp 28ribu/orang, paket B harga Rp 38ribu/orang dan paket C harga Rp 48ribu/orang. Setiap pemesanan minimal 10 pax, akan diberi dekorasi meja dan bunga serta kain sesuai dengan tema yang diinginkan secara gratis. Pemesanan paket ini bisa dilakukan untuk hari Jumat (16/4) dan kami buka mulai pukul 16.30 WIB,” tambah Chindy. Selain menu paket tersebut, Samakamu Kopi juga menawarkan menu lainnya seperti nasi tradisional (nasi, ayam goreng, tempe orek, dan sambal). Kemudian ada nasi ayam rendang, nasi kaki lima, nasi ayam bakar kecap, nasi goreng, dan mie goreng. “Harga menu ini kita bandrol mulai dari harga Rp. 24 ribu,” katanya. Untuk fasilitas, tambah Chindy, di Samakamu Kopi tersedia mushola yang terdapat di area hotel. Untuk pemesanan paket buka puasa di Samakamu Kopi bisa dilakukan sehari sebelumnya. Bisa menghubungi di nomor 089-639-365-711 atau Bayu di nomor 089-654-778-712. (AC212)

Take O Take, Kuliner Olahan Ayam Crispy dengan Sauce Kekinian dan Bumbu Tabur⁣

Cirebon,- Kuliner olahan ayam Take O Take kini hadir di Kota Cirebon, tepatnya di Area FoodLife Yogya Grand Karanggetas, Kota Cirebon.⁣ ⁣ Take O Take merupakan kuliner olahan ayam crispy yang dikombinasikan dengan berbagai pilihan sauce. Ada lima pilihan sauce, mulai dari sauce kekinian hingga sauce Nusantara.⁣ ⁣ Menggunakan ayam fillet pilihan, Take O Take sangat cocok dijadikan sebagai cemilan. Bahkan, menu dari Take O Take juga dikombinasikan dengan nasi menjadi rice box.⁣ ⁣ “Dibandingkan dengan yang lain, kelebihan Take O Take menggunakan daging ayam fillet pilihan, dagingnya lebih tebal dari tepung dan pastinya higienis,” ujar Yuli Yulianti, Pemilik Take O Take kepada About Cirebon, Jumat (2/4/2021).⁣ ⁣ Pilihan snack, Take O Take menawarkan dua pilihan ukuran, yakni Crispy Chicken L dan XL. Selain itu ada Crispy Fried Fries L dan XL dengan berbagai pilihan bumbu tabur.⁣ ⁣ Sedangkan untuk pilihan Rice Box, ada lima pilihan sauce. Mulai dari Rice Box Chicken Clasic Tartar Sauce, Cheese Spicy, BBQ, saus rendang, dan sambal bawang.⁣ ⁣ Soal harga, Take O Take membandrol mulai dari harga Rp. 15 ribu untuk menu Snack dan Rp. 28 ribu untuk menu Rice Box.⁣ ⁣ “Harga sangat terjangkau yah, kita jual mulai dari Rp. 15 ribu dan untuk Rice Box hanya Rp. 28 ribu. Harga tersebut sudah dijamin kenyang,” ungkapnya.⁣ ⁣ “Pilihan saucenya kita ada lima, mulai dari sauce kekinian hingga Nusantara. Kalau Nusantara ada saus rendang dan sambal bawang,” tambahnya.⁣ ⁣ Setiap harinya, Take O Take buka dari pukul 09.00 sampai 21.00 WIB. Namun, untuk yang malas keluar, Take O Take juga menawarkan layanan delivery. ⁣ ⁣ “Bisa delivery, tinggal menghubungi nomor 08112445455 aja, harga ongkos kirimnya lebih murah,” kata Yuli.⁣ ⁣ Sementara itu, menjelang lebaran idul Fitri, Take O Take menghadirkan promo THR untuk semua pelanggan. Setiap pembelian menu apa saja, pelanggan akan mendapatkan kupon yang akan diundi seminggu sebelum lebaran.⁣ ⁣ Hadiahnya berupa uang tunai Rp. 250 ribu untuk satu orang pemenang. Syarat untuk mengikuti program ini, pelanggan cukup follow Instagram @Take_OO_Take, kemudian unggah di IG dengan tag dan mention @Take_OO_Take, menyertakan caption dan tandai tiga orang teman. (AC212)⁣ ⁣

Menikmati Kudapan Dimsum Syabil Weru yang Lezat⁣ ⁣

Cirebon,- Bagi penikmat jajanan Dimsum, tepat rasanya jika mencicipi Dimsum Syabil yang berlokasi di Desa Megu Gede, Weru, Kabupaten Cirebon. Disana tersedia Dimsum rasa ayam yang lezat dengan beberapa varian saus.⁣ ⁣ Pemilik Dimsum Syabil Weru, Syifa mengatakan usahanya ini baru berjalan sejak pertengahan Maret 2021. Meski demikian, pelanggannya sudah cukup banyak, karena mengedepankan rasa, kualitas, dan harga yang terjangkau.⁣ ⁣ “Dimsum Syabil ini ada beberapa paket yang bisa dipilih, seperti paket hemat Rp12 ribu, Paket Kenyang Rp20 ribu, dan Paket Mie Goreng Dimsum (Gordim) Rp17 ribu,” ungkap Syifa kepada About Cirebon.⁣ ⁣ Ada pula paket dimsum sambal mentai, yang memiliki cita rasa berbeda yakni manis, asin, gurih, dan sedikit asam, dipadukan dengan dimsum hangat, sangat menggugah selera.⁣ ⁣ Menurut Syifa, paket yang paling disukai pelanggannya yakni paket Mie Gordim, karena bisa membuat isi perut terasa kenyang. Bagi penikmat pedas, pelanggan bisa atur sendiri selera pedasnya suka-suka.⁣ ⁣ “Bagi yang ingin jajan di Dimsum Syabil, kami buka jam 2 siang sampai jam 9 malam selama persediaan masih ada,” imbuhnya.⁣ ⁣ Menurut pelanggan Dimsum Syabil, Upi dan Amin, cemilan khas Negara China ini membuat ketagihan. Mereka yang biasa datang bersama pasangan masing-masing mengaku tak cukup memesan dengan porsi sedikit.⁣ ⁣ “Pokoknya rekomended banget nyemil dimsum ini, enak dan harganya terjangkau,” tutup Upi. (AC560)

Awal Opening, Volte Kitchen ⁣Hadirkan Promo Diskon 50%⁣ ⁣⁣

Cirebon,- Dunia kuliner di Cirebon semakin berkembang denga kehadiran resto-resto baru. Nah, di bulan Maret ini hadir restoran baru yang bernama Volte Kitchen.⁣⁣ ⁣⁣ Volte Kitchen adalah restoran yang berada di Jalan Kesambi Raya No. 204 Kota Cirebon dengan nama dan konsep yang unik. Nama Volte yang diambil dari bahasa Portugis berarti “Kembali” memiliki makna, agar siapapun yang datang ke restoran ini dapat kembali lagi dan kembali terus.⁣⁣ ⁣⁣ Menurut Fazri Kusuma Antoko, Manager Operational Volte Kitchen, restotan ini juga menghadirkan konsep yang elegan, dengan desain bangunan perpaduan antara gaya modern dan klasik, sehingga cocok dijadikan sebagai destinasi kuliner & hangout yang wajib anda kunjungi di Kota Cirebon. ⁣⁣ ⁣⁣ Sementara itu, Okky Andrianto, Head Chef Volte Kitchen mengatakan bahwa resto ini menyuguhkan berbagai menu terbaik dengan 2 kategori yaitu Indonesian Fusion Food & Western Fusion Food. Indonesian Fusion food adalah makanan indonesia yang diolah, dimodifikasi, dengan beberapa metode masak, serta pilihan bahan baku & presentasi yang menggugah selera makan anda, dengan tanpa menghilangkan keontetikan rasa makanan khasnya itu sendiri.⁣⁣ ⁣⁣ Sedangkan Western Fusion Food adalah sajian makanan khas dari berbagai negara di dunia yang dimodifikasi dengan pilihan bahan baku, tehnik memasak serta presentasi makanan yang disesuaikan dengan selera orang Indonesia.⁣⁣ ⁣⁣ Selain menu makanan yang variatif dan beda dari restoran lain yang ada di Cirebon khususnya, Volte kitchen juga menyuguhkan berbagai menu minuman dengan beraneka ragam keunikan, dibuat dengan cita rasa seni yang tinggi sehingga menghasilkan suguhan rasa yang nikmat, tampilan yang epic dan tentunya sangat instagramable.⁣⁣ ⁣⁣ ” Volte kitchen memiliki 2 area , smooking & non smooking room dengan fasilitas free wifi dan indoor parking dan memiliki total kapasitas seat 150pax. Tidak sekedar restoran, Volte Kitchen juga dapat dijadikan sebagai tempat pilihan untuk kegiatan meeting, ulang tahun, reuni dan acara musik,” tambah Okka Purwa, Creative Manager Volte Kitchen.⁣⁣ ⁣⁣ Volte kitchen Cirebon resmi dibuka untuk umum pada Sabtu, 27 Maret 2021 dalam program “Soft opening” yang diberi tajuk #Voltecomeforyou dan memiliki tagline khas yaitu #IniRestoran yang memiliki maksud bahwa Volte Kitchen adalah Restoran Sesungguhnya.⁣⁣ ⁣⁣ Aline, selaku Marketing Volte Kitchen mengemukakan pada awal pembukaaanya, Volte kitchen melangsungkan promo selama 1 minggu. Bagi tamu yang hadir pada tanggal 27, 28 ,29 Maret 2021 akan mendapatkan diskon sebesar 50% untuk pembelian all item, makanan dan minuman . ⁣⁣ ⁣⁣ ” Dan promo by 1 get 1 bagi tamu yang hadir pada 30 Maret sampai 1 April 2021 dengan syarat membeli 1 menu maincourse mendapatkan gratis 1 menu appetizer,” tambah Aline.⁣⁣ ⁣⁣ Selain promo, Volte Kitchen juga memberikan kenyamanan lebih bagi para tamunya dengan memberikan hiburan live musik akustik setiap hari mulai jam 19.30 – 22.30. Dan jam operasional normal jam 11 siang hingga jam 12 malam.⁣⁣ ⁣⁣ Volte Kitchen Cirebon memberikan suasana segar untuk dunia kuliner ditengah pandemi yang sedang kita alami ini, namun walaupun demikian Volte kitchen Cirebon tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang telah diatur oleh Pemerintah Kota Cirebon. ⁣⁣ ⁣⁣ Dengan mewajibkan seluruh staff serta tamu untuk mengenakan masker, pengecekan suhu badan sebelum memasuki area Volte Kitchen Cirebon, dan menyediakan tempat cuci tangan di area depan pintu masuk, serta Handsanitizer di setiap meja dan menerapkan social distancing.⁣⁣ ⁣⁣ Jadi anda tidak perlu bingung lagi untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang memuaskan, dengan berbagai menu pilihan, dan pelayanan yang terbaik. Karena kini Volte Kitchen Cirebon telah hadir untuk anda #VolteComeForYou (AC400)⁣⁣

RM Ayam Jago Sunda Khas Bandung, Tawarkan Konsep Pilih Sendiri dengan Harga Terjangkau

Cirebon,- Ayam Jago Sunda Khas Bandung berlokasi di kawasan Jalan Ciremai Raya (Perum), No. 306, Kota Cirebon. Rumah makan ini menyediakan menu ayam dengan harga yang terjangkau. Berada di lokasi yang strategis, Ayam Jago Sunda Khas Bandung ini menghadirkan konsep pilih sendiri. Menu yang diunggulkan yaitu Ayam Ungkep beserta turunannya seperti usus, ati ampela, sate kepala ayam, ceker ayam, dan masih banyak lainnya. Tak hanya menu ayam, di Ayam Jago Sunda Khas Bandung menawarkan pilihan menu lainnya, seperti ikan goreng atau bakar, belut penyet, cumi dan lain-lain. Selain itu, ada juga aneka menu tumis seperti tumis kangkung, toge, pakcoy dan masih banyak lainnya. “Menu yang diunggulkan disini memang spesial ayam ungkep. Untuk metode masaknya Khas Bandung, makanya kita beri nama Ayam Jago Sunda,” ujar Ruddy Madih, Pemilik RM Ayam Jago Sunda Khas Bandung kepada About Cirebon, Kamis (18/3/2021). Cara penyajian di Ayam Jago Sunda sedikit berbeda dengan rumah makan pada umumnya. Pelanggan datang langsung memilih menu yang diinginkan, kemudian langsung dimasak. Termasuk, menu sayuran yang masih dalam kondisi mentah seperti kangkung, toge, atau pakcoy. “Pilihan sayur ini bisa dijadikan cah kangkung atau tumis, terong balado atau menjadi terong penyet. Jadi sesuai keinginan ingin dimasak apa langsung dibuat dan disajikan hangat,” ungkapnya. Selain itu, keunggulan di Ayam Jago Sunda, pelanggan digratiskan sambal, lalapan hingga minuman teh hangat. Pelanggan boleh mengambil sambal, lalapan dan teh hangat sesuka hati. “Disini ada tiga pilihan sambal, ada sambal bawang Khas Bandung, sambal ijo, dan sambal khas Ayam Jago Sunda. Kita berikan gratis untuk sambal, lalapan dan teh hangat,” terangnya. “Kami juga ada menu karedok dan sambal dadak yang dibuat secara langsung. Jadi pelanggan bisa melihat cara pembuatannya dan pelanggan bisa memilih tingkat kepedasan sambal dadak,” tambahnya. Soal harga, RM Ayam Jago Sunda yang buka dari pukul 10.00 sampai 21.00 WIB dibandrol mulai dari harga Rp. 3 ribu sampai Rp. 17 ribuan. Untuk masa grand opening, pihaknya memberikan promo paket komplit hanya Rp. 17 ribu. “Sampai akhir bulan Maret 2021 ini, kita menghadirkan promo paket hanya Rp. 17 ribu. Paket ini sudah termasuk nasi, ayam, tahu, tempe, dan gratis teh hangat, sambal, lalapan,” jelasnya. Di RM Ayam Jago Sunda Khas Bandung ini tersedia minuman teh Kinocha dan juga menu baso kuah bening. Kinocha merupakan minuman specialis teh dengan berbagai varian rasa. Ada lima teh premium yang ditawarkan Kinocha, yakni Early Grey Black Tea, Chamomile Tea, Rosella Tea, Thai Tea Original, dan Thai Tea Green. Tak hanya itu, RM Ayam Jago Sunda dilengkapi fasilitas ruangan yang luas, toilet, mushola, dan ke depan akan disediakan play ground untuk anak-anak. (AC212)

Usung Konsep Kebun Hidroponik, Green House Kopi Tawarkan Minuman Sehat

0
Cirebon,- Berangkat dari konsep Griya Hidroponik Cirebon sebagai tempat agro wisata dan edukasi tanaman hidroponik, Green House (GH) Kopi Cirebon hadir nenawarkan minuman sehat dari sayuran hidroponik. Dengan konsep out door, Green House Kopi ini menyuguhkan suasana berbeda. Pasalnya, kedai ini berada di area Griya Hidroponik Cirebon Jalan Sultan Ageng Tirtayasa Kedawung, Kabupaten Cirebon. Minuman sehat yang ditawarkan GH Kopi ini berasal dari sayuran hidroponik. Seperti menu Griya Juice dan Green House Juice yang menjadi andalan. Selain menu sehat, GH Kopi juga menawarkan menu kopi. Abizar Bagas, Manager Green House Kopi mengatakan karena berangkat dari Griya Hidroponik Cirebon, menu yang ditonjolkan di GH Kopi ada dua. Disini ada Green House Juice dan Griya Juice. “Green House Juice disini kita buat dari Leci dan daun mint. Daun mint nya, kita tanam sendiri di Griya Hidroponik,” ujar Abizar kepada About Cirebon, Sabtu (20/02/2021). “Sedangkan menu Griya Juice menggunakan sayuran pakcoy yang dipadukan dengan nanas. Pakcoy nya juga kita ambil dari Griya Hidroponik. Tanaman Pakcoy nya, pengunjung bisa petik sendiri atau kita sediakan,” tambahnya. Selain minuman sehat, pengunjung juga bisa menikmati suasana di area Griya Hidroponik sambil minum kopi. Mulai dari Expresso, es kopi susu, Americano, capuccino, V60, dan lainnya. Tak hanya itu, di GH Kopi menawarkan aneka cemilan, mulai dari kentang goreng, sosis, nugget, hingga donut. Bahkan, menyediakan menu cake seperti Earl Grey Cake, Banana Chococ Cake, dan juga Cookie Bites. “Untuk minuman, harga disini mulai dari Rp. 10 ribu sampai Rp. 20 ribu. Dan untuk cemilan juga mulai dari Rp. 10 ribu,” kata Abizar. Abizar menjelaskan, hadirnya GH Kopi ini berangkat dari adanya Griya Hidroponik Cirebon. Melihat lokasi yang nyaman dan sejuk, kenapa tidak dibuat tempat untuk nongkrong. “Akhirnya, kita berinisiatif untuk membuka Green House Kopi ini. Jadi, disini selain bisa belanja sayuran hidroponik, bisa juga menikmati suasana sambil ngopi atau menikmati minuman sehat,” bebernya. Green House Kopi setiap harinya buka dari pukul 13.00 sampai 21.00 WIB. Kecuali hari Kamis tutup. Selama masa Grand Opening, GH menghadirkan promo diskon 50 persen sampai dengan Minggu (21/02/21). (AC212)

Sugoku Bento Hadir di Lemahabang Cirebon, Tawarkan Menu Olahan Ikan

0
Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang yang kelima, Sugoku Bento kini hadir di wilayah Cirebon Timur. Berlokasi di Jalan Raya Jalan KH A Wahid Hasyim, Desa Cipeujeh Wetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon ini menawarkan menu sehat. Beragam menu olahan ikan dapat dinikmati para pengunjung dengan harga yang terjangkau. Mulai dari Rp. 10 ribu sampai Rp. 25 ribu, pengunjung bisa menikmati menu di Sugoku Bento. Diana Rachmawati, selaku Manager Operasional Sugoku Bento mengatakan Sugoku Bento Lemahabang merupakan cabang yang keenam. Sebelumnya, sudah hadir di Surabaya, Kota Cirebon, dan Kuningan. “Di Surabaya ada tiga outlet, Kota Cirebon di Jalan Rajawali Raya, Kuningan, dan keenam ini di Lemahabang,” ujar Diana saat ditemui About Cirebon, Sabtu (06/02/2021). Hadirnya Sugoku Bento di wilayah Cirebon, menurut Diana, ingin menyasar ke semua kalangan. Pasalnya, menu makanan khas Jepang ini jarang yang mengkonsumsi. “Menu Bento kan jarang dikonsumsi. Jadi kita hadir agar semua orang bisa menikmati makanan sehat ini,” ungkap Diana. Gerai bento biasanya menawarkan menu dengan olahan ayam. Namun, lanjut Diana, yang berbeda dari Sugoku Bento yaitu menawarkan menu dari olah ikan. “Biasanya gerai bento kan pakai olahan ayam. Tapi, kita berbeda dengan lainnya. Disini bahan utama yang digunakan ikan. Sehingga, menu yang kami tawarkan sehat,” bebernya. Di Sugoku Bento yang buka dari pukul 09.00 sampai 21.00 WIB ini ada banyak pilihan menu yang disediakan. Mulai dari spesial set ebi furai, spesial set ekado, premium set, hingga paket hemat. Tak hanya itu, di Sogoku Bento ini juga menawarkan menu alacarte mulai dari siomay, lumpia, samoza, dan lainnya. Soal harga, menu yang ditawarkan mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp. 25 ribu. “Kalau harga disini sangat terjangkau, paling murah Rp. 10 ribu dan yang paling mahal hanya Rp. 25 ribu aja,” terangnya. Mengenai fasilitas, Sjgoku Bento Lemahabang dilengkapi dengan play ground, area outdoor dan juga indoor yang nyaman. Sehingga sangat cocok untuk menikmati Bento bersama keluarga. Selain itu, selama masa Grand Opening, Sugoku Bento hadirkan promo menarik. Setiap pembelanjaan minimal Rp. 50 ribu free alacarte. “Minimal pembelian Rp. 50 ribu pengunjung bisa pilih gratis otak-otak, yoghurt, sate kakap atau sate cumi. Promo ini berlaku sampai tanggal 14 Februari 2021,” tandasnya. (AC212)

Tawarkan Konsep dan Menu Jadul, Kopi Montong Resmi Dibuka

0
Cirebon,- Destinasi agrowisata dan edukasi Kopi Montong resmi dibuka, Kamis (04/02/2021). Berada di kawasan perumahan Kota Baru Keandra, Jalan Nyi Ageng Serang, Sindangjawa, Sumber, Kabupaten Cirebon, Kopi Montong menyuguhkan konsep jaman dulu (jadul). Dengan konsep bangunan rumah joglo, Kopi Montong menawarkan aneka menu jadul. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati durian montong yang bisa langsung petik dari pohon. Direktur Kopi Montong, Achmad Supardi mengatakan Kopi Montong mengusung konsep jadul. Mulai dari makanan, permainan jadul, hingga wahana lainnya mengusung konsep jadul. “Saat ini kita membangun kembali kuliner-kuliner Nusantara yang memang hampir hilang. Kita buka warung di tengah hutan, namun fasilitas tidak semuanya jadul,” ujar Supardi kepada About Cirebon di sela-sela grand opening Kopi Montong, Kamis (05/02/2021). Selain menghadirkan konsep kuliner jadul, Kopi Montong juga akan menghadirkan wisata selfie di lahan seluas 5 hektar. Didalamnya, wisata selfie ini akan ada Kampung Sabin. “Kampung Sabin ini bisa berjalan diatas sawah konsep selfie kita. Namun, kita juga menghadirkan konsep dapur jadul yang bisa dipakai untuk selfie,” jelasnya. Tak hanya itu, fasilitas di Kopi Montong dilengkapi dengan play ground, mini zoo, becak mini, hingga flying fox. Ke depan, pihaknya juga akan menambah fasilitas mini cross, MPV dan lainnya. “Terus ada Tawang Pamirso (Area Outdoor). Untuk pagelaran layar tancap bagi pengunjung Kopi Montong,” terangnya. Untuk edukasi kepada anak-anak, Kopi Montong juga menawarkan fasilitas cara penanaman sayuran, buah-buahan dan lainnya. Sehingga, hadirnya Kopi Montong ini sebagai destinasi agrowisata dan edukasi. “Selain tempat makan dan kopi, Kopi Motong hadir untuk edukasi. Kopi spesial yang kami punya ada kopi Montong. Kopi dipadukan dengan durian Montong,” ungkapnya. Uniknya, untuk pembayaran di Kopi Montong menggunakan koin. Pengunjung yang ingin menikmati aneka kuliner dan fasilitas bermain harus menukarkan uang dengan koin. “Pengunjung harus menukar koin terlebih dahulu. Ada tiga jenis koin, yakni koin 5 perak, 10 perak dan 20 perak. Koin ini menjadi dibelanjakan di semua stall kami, mulai dari permainan maupun makanan,” ujarnya. Untuk meningkatkan UMKM, kata Supardi, Kopi Montong mengandeng pedagang-pedagang kaki lima. Menunya tetap makanan tradisional. “Pedagang ini akan menghiasi sederetan jalan di Kopi Montong. Ada makanan tradisional seperti gonjing, es kepal, es teler, dan juga gulali,” tandasnya. Kopi Montong sendiri beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 22.00 WIB dari Senin sampai Jumat. Sabtu mulai pukul 09.00 sampai 23.00 WIB, dan Minggu 07.00 sampai 22.00 WIB. Setiap hari Minggu, Kopi Montong menghadirkan menu breakfast. Hal ini untuk mengakomodir para pecinta gowes di wilayah Cirebon. (AC212)

Mengenal Opak Bakar, Panganan Khas Kuningan Yang Renyah

0
Kuningan,- Opak Bakar merupakan salah satu makanan khas Kuningan berbahan beras dan kelapa. Panganan renyah yang bercita rasa gurih manis ini biasanya dijadikan buah tangan atau oleh-oleh bagi pelancong. Ditarani adalah Pemilik Opak Bakar Kartika yang hasil olahannya sudah tersebar di toko oleh-oleh di Jawa Barat. Dia mengaku membuka usaha opak sejak tahun 2007 lalu. “Sudah sejak tahun 2007 berdiri, saat itu saya masih kuliah keperawatan dan ayah saya keluar dari PNS kemudian melihat peluang bisnis dan melihat bahwa makanan khas daerah Kuningan opak bakar masih kurang dikenal,” ceritanya kepada About Cirebon, Selasa (2/2/2021). Kemudian opak bakar tersebut dipacking sedemikian rupa agar menarik, bercita rasa enak dan mudah untuk dijadikan sebagai buah tangan. Opak yang biasanya berbentuk bulat kini dibentuk persegi dan mudah untuk dikonsumsi. “Saya namai Opak Bakar Kartika yang artinya Karya ti Kampoeng atau karya dari kampung,” imbuh wanita berusia 32 tahun ini. Dia mengatakan rumah produksi ada di 2 lokasi. Pertama di Kramatmulya Jalaksana dan di Darma. Sedangkan harga jual wilayah Kuningan/Cirebon berkisar Rp23 ribu sampai Rp25 ribu. “Opak Bakar Kartika dijual sudah hampir disemua toko oleh-oleh Kuningan, Cirebon. Ada juga di beberapa toko oleh-oleh di Bandung, Jakarta, dan Indramayu. Reseller kita juga ada di Garut dan Tasik,” jelasnya. Opak Bakar Kartika sudah 4 tahun tergabung dalam Wirausaha Binaan Bank Indonesia (WUBI). Ditarani pun aktif mengikuti berbagai pameran di Cirebon, Bandung dalam acara Karya Kreatif Indonesia (KKI), di Jakarta, untuk mengenalkan produk peluang expor impor. Namun saat pandemi kegiatan tersebut sudah jarang diadakan. “Kami juga sering diikut sertakan dalam pelatihan-pelatihan seperti digital marketing, perpanjangan sertifikat halal, pembukuan SIKEPANG, QRIS serta kami pula diberikan kesempatan untuk gala dinner busines matching bersama para pengusaha-pengusaha besar,” tambah wanita yang memiliki dua orang anak tersebut. Selain itu, masih banyak lagi pelatihan dan bimbingan yang Bank Indonesia berikan. Baru-baru ini, ungkap Ditarani, BI telah membuka galeri UMKM binaan dikantor pusat BI Cirebon sehingga setiap pengunjung yang datang bisa melihat dan membeli produk-produk binaan BI Cirebon. (AC560)