FK Unswagati Cirebon Gelar Pelatihan Kompetensi Dasar Review

Cirebon, 26 September 2015, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon bekerja sama dengan Komisi Nasional Etik Kesehatan, siang tadi menggelar Pelatihan Kompetensi Dasar Reviewer yang dilaksanakan di Diamond 7, Aston Hotel Cirebon.

 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor Unswagati, Prof. DR. H. Rochanda Wiradinata, MP dan dihadiri oleh pemateri, dr. R. Syamsul Hidayat Sp.Bd, Wakil Dekan 3 FK Unswagati, Richardi Wicaksono, Ketua Komisi Etik Kesehatan FK Unswagati, dr. Catur Setiya Sulistiyana M.Med., Ed. serta peserta yaitu para Dosen Fakultas Kedokteran dari Yogyakarta, Semarang, Bandung dan Jakarta.

BACA YUK:  Dukung Program Pemerintah, Daop 3 Cirebon Tanam 300 Pohon

 

Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan tentang bagaimana cara membuat Komisi Etik di bidang kesehatan, memberikan wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana cara mereview proposal penelitian di bidang kesehatan bagi reviewer dan calon reviewer, serta memberikan wawasan tentang bagaimana pentingnya bagian unit komisi etik dalam sebuah penelitian.

 

Ketua Komisi Etik Kesehatan FK Unswagati, dr. Catur Setiya Sulistiyana M.Med., Ed mengatakan, Etika ialah seperangkat prinsip yang harus dipatuhi pada diri sendiri, dokter atau yang terdekat. 

BACA YUK:  Jawab Keresahan Masyarakat, Polresta Cirebon Beri Imbauan Atas Maraknya Isu Penculikan Anak

 

“FK ini telah dua tahun punya Komisi Etik. Mereview Etik Penelitian dosen dan mahasiswa saat mereview masih sangat minim, sehingga membuat komisi Etik sendiri dibawah naungan Komisi Etik Universitas Diponorogo (UNDIP) sebagai pembina.” Tuturnya.

 

Dekan FK yang diwakili oleh Wakil Dekan 3 FK Unswagati, Richardi Wicaksono menuturkan, Komitmen dengan mewujudkan tri dharma pendidikan untuk mengembangkan metode pembelajaran.

 

“Komitmen dengan wujudkan tri dharma pendidikan itu untuk mengembangkan metode pembelajaran dan evaluasi agar bisa bersaing dalam pengabdian di kota dan kabupaten Cirebon.” Jelasnya.

BACA YUK:  Pemda Komitmen Seluruh Masyarakat Kota Cirebon Miliki Jaminan Kesehatan

 

Dalam sambutannya, Rektor Unswagati, Prof. DR. H. Rochanda Wiradinata, MP. Mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tulus untuk pemateri, dan seluruh peserta pelatihan. Serta berharap, FK Unswagati bisa menjunjung tinggi visi misi Universitas. (AC530)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *