Festival TIK 2018 Akan Digelar Di Kota Cirebon

Cirebon,- Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (Festik) tahun 2018 akan dilaksanakan di Kota Cirebon. Kepastian ini didapat usai audiensi antara Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto dengan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Kamis (4/10) di Command Center DKIS.

Didampingi Ketua RTIK Wilayah Jawa Barat, Fajar Nur Muharom serta Ketua RTIK Cabang Kota Cirebon, Arifin, Festival TIK 2018 rencananya akan digelar pada 1 – 2 Desember.
Rencananya, kegiatan ini akan dihadiri oleh perwakilan RTIK se-Indonesia serta dibuka secara langsung oleh Menteri Kominfo, Rudiantara.

“Festik merupakan acara tahunan yang digelar oleh RTIK Nasional, Kemenkominfo yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah serta lembaga dan stakeholder lainnya,” ungkap Fajar Eri.

BACA YUK:  Tahun 2023, Pertumbuhan Ekonomi di Ciayumajakuning Harus Tetap Dipertahankan

Menurut Fajar Eri, Festik pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 di Gedung Politeknik Telkom Kota Bandung Jawa Barat dengan mengangkat tema “Wilujeng surfing”. Selanjutnya pada tahun 2013 di JX International Expo Surabaya dengan tema “Jer Basuki Mawa Tekno”, dan tahun 2014 di Lion Plaza Hotel Manado dengan tema “Sitou Timou Tumou Tou deng TIK”.

“Tahun 2015 diadakan di Kota Bandung dengan tema “Building Indonesia Smart Society” sementara pada tahun 2016 diadakan di Yogyakarta dan yang terakhir tahun 2017 diadakan di Aceh. Untuk tahun ini dipastikan akan diadakan di Kota Cirebon, Jawa Barat. Selamat buat RTIK Kota Cirebon,” tambah Fajar Eri.

BACA YUK:  RTIK Kabupaten Cirebon Borong Penghargaan Festik 2022 di Pontianak

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Iing Daiman, S.IP, M.Si mengungkapkan rasa syukurnya serta bangga Kota Cirebon dipercaya sebagai penyelenggara Festik 2018.

Ia berharap melalui event ini semakin memperkokoh kolaborasi antara Pemkot Cirebon, RTIK Indonesia dan stakeholders lainnya dalam memajukan Kota Cirebon yang telah terpilih menjadi salah satu Smart City di Indonesia.

Berkaitan dengan Tema yang diusung, yaitu “Sehati ing Smart City”, Iing Daiman bertutur hal ini sebagai ikhtiar bersama dalam menunjukan keselarasan/sinkronisasi/kebersamaan.

“Dipilihnya tema tersebut yaitu sebagai refleksi Visi Wali Kota terpilih yaitu SEHATI yang berarti Sehat, Hijau, Agamis, Tentram dan Inovatif, mudah-mudahan bisa menginspirasi kita semua dalam mewujudkan Smart City di Indonesia,” ungkapnya.

BACA YUK:  Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar Gelar Turnamen Bola Voli Tingkat Pelajar Se-Wilayah III Cirebon

Dikatakan oleh Muhammad Arifin, selaku Ketua RTIK Kota Cirebon, Festival TIK yang pertama kali digelar di Kota Cirebon ini akan diisi dengan berbagai seminar, workshop, pameran yang berkaitan dengan TIK dan Tema yang diangkat oleh Pemerintah Daerah selaku tuan rumah serta melibatkan seluruh anggota RTIK Kota Cirebon dan komunitas lainnya.

“Selain itu, Festik juga menjadi ajang silaturahmi Relawan TIK se-Indonesia, untuk informasi venue, dan rangkaian kegiatan lainnya secepatnya kami akan publikasikan,” ungkap Arifin. (AC560)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *