Rabu, 18 September 2019

Festival Empal Gentong 2019 Ramaikan Hari Jadi Cirebon ke-650

Populer

Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan Festival Budaya Cirebon

Cirebon,- Festival Budaya Cirebon (Nadran Gunung Jati) yang berlangsung di Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon berlangsung meriah, Sabtu (14/9/2010). Ribuan...

Gadis Asal Cirebon yang Masuk The Voice of Germany 2019 Sudah Memiliki Bakat Sejak Balita

Cirebon,- Claudia Emmanuela Santoso yang mengikuti ajang pencarian bakat di Jerman yakni The Voice of Germany 2019 merupakan gadis...

Polres Cirebon Kota Nyatakan Perang Untuk Premanisme, Pemerasan Hingga Penganiayaan

Cirebon,- Pasca kejadian yang terjadi di Jalan Ciptomangunkusumo, Kota Cirebon pada Jumat (6/9/2019), Jajaran Polres Cirebon Kota berupaya meminimalisir...

Remaja Masjid dan At-Taqwa Center Kota Cirebon Tolak Aksi Premanisme dan Geng Motor

Cirebon,- Puluhan remaja Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon melakukan aksi tolak premanisme dan geng motor, yang berlangsung di halaman...

Antisipasi Kriminalitas di Kota Cirebon, Azis Minta Tingkatkan Koordinasi Terpadu

Cirebon,- Kejadian yang menimpa seorang remaja di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon beberapa hari lalu hingga meninggal dunia, membuat...

Cirebon,- Dalam rangka memperingati Hari Jadi Cirebon ke-650, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Cirebon dan Badan Pengusaha Pemuda Pancasila (BPPP) Kota Cirebon menggelar Festival Empal Gentong 2019.

Festival Empal Gentong 2019 akan berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 31 Agustus sampai 1 September 2019 di Halaman Gedung DPRD, Jalan Siliwangi Kota Cirebon.

1. Meningkatkan Produk Lokal Asli Cirebon

Muhammad Sultoni, selaku Koordinator Festival Empal Gentong 2019 mengatakan selain memeriahkan Hari Jadi ke-650 Cirebon, kegiatan Festival Empal Gentong dalam rangka meningkatkan awareness produk-produk lokal asli Cirebon.

“Dan juga sebagai ajang berkumpulnya para pelaku pegiat usaha kuliner tradisional, khususnya kuliner empal gentong,” ujarnya, Sabtu (31/8/2019).

Lanjut Sultoni, Festival Empal Gentong ini diikuti pengusaha empal gentong yang ada di wilayah Cirebon, mulai dari penjual kaki lima hingga yang sudah memiliki nama dan tempat yang memadai.

“Tujuan utamanya adalah bagaimana membangun silaturahmi bersama pengusaha empal gentong, bukan berkompetisi di festival ini. Tetapi bagaimana menciptakan ukhuwah kemanusiaan dan ukhuwah ekonomi,” ugkapnya.

2. Rangkaian Kegiatan

Gelaran produk kuliner tradisional tersebut merupakan kolaborasi dari Pemerintah Daerah Kota Cirebon beserta HIPMI dan BPPP Kota Cirebon sebagai media silaturahmi dan informasi bagi multi stakeholder kuliner tradisional di Kota Cirebon.

“Ini juga sebagai sarana promosi, transaksi, negosiasi, edukasi dan transformasi baik pengetahuan, produk, inovasi, maupun kreativitas; serta, sarana meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk kuliner tradisional,” bebernya.

Bernagai jenis kegiatan pun dihadirkan selama dua hari mulai dari 650 Empal Gratis, 650 Balon Gratis, Bazaar Empal, Tari Topeng Rumyang, Lomba Foto Empal, Hiphop Gentong Competition, Sulap Gentong, Live Music, dan Oleh-Oleh Cirebon.

“Untuk 650 empal gentong gratis, kita sediakan di hari kedua setelah sidang paripurna selesai sekitar pukul 11.00 sampai 13.00 WIB,” terangnya.

Pihaknya pun memohon maaf kepada masyarakat  terkait info yang tersebar bahwa 650 empal gratis dibagikan hari pertama.

“Kami sebagai panitia tidak bermaksud untuk membohongi masyarakat tentang pembagain empal gentong gratis. Empal gentong gratis tetap kita berikan, namun di puncak acara pada tanggal 1 September 2019 setelah sidang paripurna selesai,” ucapnya.

3. HipHop Gentong Competition

Pelaksanaan Festival Empal Gentong 2019 diisi dengan beragam kegiatan seperti talkshow mengenai empal, demo menyajikan Empal Kaleng (Inovasi By Empal H.Apud), serta lomba photo bertema empal.

Disamping itu juga, kegiatan ini diramaikan dengan penampilan kesenian khas Cirebon berupa tari Topeng Rumyang, serta sebuah kompetisi music yang dinamai HipHop Gentong Competition yang berkonsep kreasi akulturasi.

Menurut Sultoni, para peserta membawakan 2 buah lagu dengan 1 lagu bebas dan 1 lagu wajib ciptaan sendiri yang menggunakan kata-kata empal, HIPMI & BP3 Kota Cirebon.

“Di konten acara HipHop Gentong Competition ini menghadirkan dewan juri dari ibu kota yaitu  Raben, adik dari Rapper Nasional Saykoji ditemani dewan juri lokal,” ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan diselenggarakannya Festival Empal Gentong 2019, kelestarian kuliner tradisi akan selalu terjaga, terciptanya peningkatan nilai tambah produk lokal Cirebon dan kesempatan mengembangkan usaha di sektor kuliner dan usaha kreatif lainnya.

“Serta meningkatkan pendapatan pelaku usaha lokal, sehingga dapat mewujudkan wong Cirebon Pasti Hebat menuju Jawa Barat Juara Lahir Batin,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Pegiat Kopi Cirebon Gelar Aksi Solidaritas di Polres Cirebon Kota, Ini Kata Kapolres

Cirebon,- Para pegiat Kopi Cirebon melakukan aksi solidaritas untuk kedai Kopi Pekalipan yang berlangsung di Halaman Polres Cirebon Kota,...

Kerap Terjadi Kecelakaan, PT. KAI Daop 3 Cirebon Lakukan Sosialisasi di Perlintasan Sebidang

Cirebon,- Perlintasan sebidang KA merupakan salah satu titik dimana sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Melihat fakta tersebut, PT. KAI (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3...

Daop 3 Cirebon Gelar Bazar UMKM Mitra Binaan PT. KAI

Cirebon,- Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kereta Api Indonesia ke-74 pada tanggal 28 September 2019 mendatang, PT. KAI Daerah Oprasional (Daop) 3 Cirebon menggelar...

Ini Tanggapan Pihak Sekolah dan Adik Kelas Claudia yang Masuk The Voice of Germany 2019

Cirebon,- Gadis asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso yang mengikuti ajang pencarian bakat di Jerman The Voice of Germany 2019 membuat bangga Indonesia dengan penampilannya...

Penampilan Bunga Jelita Bersama Aini Griya Pengantin Tutup Acara En’s Wedding Festival 2019

Cirebon,- En’s Wedding Festival 2019 yang melibatkan vendor andalan dari wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) selesai digelar, Minggu (15/9/2019) malam.Pameran pernikahan terbesar...

More Articles Like This