Sabtu, 18 September 2021

Februari 2021 Kota Cirebon Alami Inflasi 0,07 Persen, Cabai Sumbang Inflasi

Populer

Fenomena Ribuan Burung Pipit Mati di Bali, Terjadi Juga di Cirebon

Cirebon,- Setelah beberapa hari lalu terjadi di Pulau Bali, fenomena burung mati mendadak terjadi di Kota Cirebon. Ribuan Burung...

Tujuh Kecamatan di Kabupaten Cirebon Disurvei PT Pertamina Hulu Energi

Cirebon,- Kabupaten Cirebon dijadikan sebagai lokasi penelitian pencitraan lapisan dan struktur melalui survei kebumian dimensi vibroseis sub vulkanik Jawa...

Pemerintah Izinkan Bioskop di PPKM Level 3 dan Level 2 Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Jakarta,- Pemerintah akhirnya mengizinkan bioskop beroperasi di Jawa dan Bali. Hal ini diungkapkan oleh Koordinator PPKM Jawa dan Bali Luhut...

Kota Cirebon Siapkan Jalur Khusus Sepeda, Dishub Segera Uji Coba

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mulai menyiapkan uji coba pemberlakuan jalur khusus sepeda di...

Sample Burung Pipit Mati Mendadak di Balaikota Cirebon akan Dites dengan Metode PCR

Cirebon,- Tim medis veteriner dari Lab Kesehatan Masyarakat Veteriner Provinsi dan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota...

Cirebon,- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon mencatat, pada Februari 2021 Kota Cirebon alam inflasi sebesar 0,07 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 103,49. Dari 7 kota pantauan IHK di Provinsi Jawa Barat, tercatat semua kota mengalami inflasi.

Inflasi tertinggi terjadi di Kota Bogor sebesar 0,24 persen. Inflasi terendah terjadi di Kota Tasikmalaya sebesar 0,02 persen.

Joni Kasmuri, Kepala BPS Kota Cirebon mengatakan pada bulan Februari 2021 Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,07 persen. Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

Loading...

Sebaliknya, lanjut Joni, deflasi terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

BACA YUK:  Vaksinasi Pelajar di Kota Cirebon untuk Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Sudah Dimulai

“Ada beberapa komoditas yang mengalami peningkatan harga pada Februari 2021. Sehingga, Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,07 persen,” ujar Joni, Kamis (4/3/2021).

Joni menjelaskan beberapa komoditas yang mengalami peningkatan harga pada Februari 2021, antara lain cabai rawit, cabai merah, roti manis, melon, pembersih lantai, bawang merah, dan mie kering instant.

“Dari sebelas kelompok pengeluaran, lima kelompok mengalami inflasi, empat kelompok mengalami deflasi, dan dua kelompok lainnya tidak mengalami perubahan indeks,” bebernya.

Kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi yaitu kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,32 persen, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,09 persen. Kemudian, kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,05 persen.

Sedangkan kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,50 persen, dan kelompok kesehatan sebesar 0,07 persen.

“Kelompok yang mengalami deflasi adalah kelompok transportasi sebesar 0,39 persen, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,02 persen, kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 0,01 persen, dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,29 persen,” terangnya.

BACA YUK:  Ribuan Santri Ponpes Gedongan Antusias Ikuti Vaksinasi Merdeka

Namun, kata Joni, kelompok yang tidak mengalami perubahan indeks yaitu, kelompok pendidikan, dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran.

Tingkat inflasi tahun kalender Februari 2021 sebesar 0,15 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Februari 2021 terhadap Februari 2020) sebesar 1,04 persen. Sedangkan tingkat inflasi pada periode yang sama tahun kalender 2020 dan 2019 masing-masing sebesar masing-masing sebesar 0,26 persen dan 0,04 persen.

Tingkat inflasi tahun ke tahun untuk Februari 2020 terhadap Februari 2019 dan Februari 2019 terhadap Februari 2018 masing-masing sebesar 1,76 persen dan 1,21 persen.

“Februari 2021, Provinsi Jawa Barat mengalami inflasi 0,19 persen dan Nasional mengalami inflasi 0,10 persen,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

RajaBackLink.com

Latest News

Revitalisasi Mangrove Pesisir Utara Jawa Perlu Dilakukan Bersama-sama

Cirebon,- Fungsi ekosistem mangrove di Pesisir Utara tidak hanya berhenti pada gerakan penanaman mangrove saja. Harus ditindaklanjuti dengan gerakan...

Dua Pengusaha Pengadaan Makanan Nakes, Minta Rekanan Kemenkes Segera Lunasi Tagihan Pembayaran

Cirebon,- Dua pengusaha minta rekanan Kementerian Kesehatan untuk segera membayar kekurangan tagihan pembayaran. Surat pernyataan yang ditandatangani tak kunjung dipatuhi. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun,...

Saat Uji Coba di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Petugas Masih Menemukan Kendaraan Parkir di Jalur Sepeda

Cirebon,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon mulai melakukan uji coba jalur khusus sepeda di sepanjang Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Jumat (17/9/2021). Uji coba jalur...

Lewat Desa Wisata Pantai Tirta Ayu, Pertamina Bantu Gerakkan Ekonomi Desa di Masa Pandemi

Indramayu,- Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat secara bertahap menghidupkan kembali potensi pariwisata di Desa Balongan, Indramayu. Melalui program DERMAYU atau Desa Wisata...

More Articles Like This