Sabtu, 17 April 2021

Februari 2021 Kota Cirebon Alami Inflasi 0,07 Persen, Cabai Sumbang Inflasi

Populer

Di Depan Toko Karomah Anak, Para Pedagang Kecil itu Berjuang Melawan Pandemi⁣⁣

⁣Cirebon,- Jam hampir menunjukkan pukul 10.00 pagi, laki-laki separuh baya itu tampak bergegas mendorong gerobak Es Cendol Bandung menuju...

Alun-Alun Kejaksan Cirebon Baru Soft Opening, ini Fasilitasnya

Cirebon,- Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon dan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Cirebon resmi diluncurkan, Senin (12/4/2021). Soft launching tersebut...

Selama Dua Minggu, Naik BRT Trans Cirebon Gratis

Cirebon,- Bus Rapid Transit (BRT) Trans Cirebon resmi diluncurkan bersamaan dengan Soft Opening Alun-alun Kejaksan, Kota Cirebon, Senin (12/4/2021). Selama...

Pendaftaran BLT BPUM Kota Cirebon Mulai Dibuka, Ini Syaratnya

Cirebon,- Pendaftaran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi UMKM dibuka Rabu (14/4/202) kemarin. Pendaftaran...

Konsisten dan Semangat Jalani Usaha akan Membuahkan Hasil⁣

Cirebon,- Menjadi pengusaha adalah jalan yang ditempuh oleh pasangan Mila Wijayanti dan Syahrizal Rizal. Keduanya memiliki berbagai usaha, mulai...

Cirebon,- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon mencatat, pada Februari 2021 Kota Cirebon alam inflasi sebesar 0,07 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 103,49. Dari 7 kota pantauan IHK di Provinsi Jawa Barat, tercatat semua kota mengalami inflasi.

Inflasi tertinggi terjadi di Kota Bogor sebesar 0,24 persen. Inflasi terendah terjadi di Kota Tasikmalaya sebesar 0,02 persen.

Joni Kasmuri, Kepala BPS Kota Cirebon mengatakan pada bulan Februari 2021 Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,07 persen. Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

Loading...
BACA YUK:  Carissa Wakili Cirebon di Ajang Pemilihan Puteri Cilik Jawa Barat⁣ ⁣

Sebaliknya, lanjut Joni, deflasi terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

“Ada beberapa komoditas yang mengalami peningkatan harga pada Februari 2021. Sehingga, Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,07 persen,” ujar Joni, Kamis (4/3/2021).

Joni menjelaskan beberapa komoditas yang mengalami peningkatan harga pada Februari 2021, antara lain cabai rawit, cabai merah, roti manis, melon, pembersih lantai, bawang merah, dan mie kering instant.

“Dari sebelas kelompok pengeluaran, lima kelompok mengalami inflasi, empat kelompok mengalami deflasi, dan dua kelompok lainnya tidak mengalami perubahan indeks,” bebernya.

Kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi yaitu kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,32 persen, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,09 persen. Kemudian, kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,05 persen.

Sedangkan kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,50 persen, dan kelompok kesehatan sebesar 0,07 persen.

“Kelompok yang mengalami deflasi adalah kelompok transportasi sebesar 0,39 persen, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,02 persen, kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 0,01 persen, dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,29 persen,” terangnya.

BACA YUK:  Cirebon Power Raih Penghargaan Teladan Pajak Tiga Tahun Berturut-turut

Namun, kata Joni, kelompok yang tidak mengalami perubahan indeks yaitu, kelompok pendidikan, dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran.

Tingkat inflasi tahun kalender Februari 2021 sebesar 0,15 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Februari 2021 terhadap Februari 2020) sebesar 1,04 persen. Sedangkan tingkat inflasi pada periode yang sama tahun kalender 2020 dan 2019 masing-masing sebesar masing-masing sebesar 0,26 persen dan 0,04 persen.

Tingkat inflasi tahun ke tahun untuk Februari 2020 terhadap Februari 2019 dan Februari 2019 terhadap Februari 2018 masing-masing sebesar 1,76 persen dan 1,21 persen.

“Februari 2021, Provinsi Jawa Barat mengalami inflasi 0,19 persen dan Nasional mengalami inflasi 0,10 persen,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tingkatkan Kemampuan Gamer Indonesia, Telkomsel Kembali Gelar Dunia Games League 2021

Jakarta,- Untuk meningkatkan kemampuan para Gamer Indonesia, Telkomsel kembali menggelar Dunia Games League (DGL) 2021. Kompetisi tersebut akan dibuka...

Hargai Perjuangan Difabel, Polresta Cirebon Berikan Sim D Gratis

Cirebon,- Ada suasana yang sedikit berbeda di Polresta Cirebon ketika Sat Lantas Polresta Cirebon melakukan pengujian SIM D kepada peserta uji SIM dari komunitas...

STF Muhammadiyah Cirebon Pilihan Cerdas Generasi Muda Meraih Presatasi

Cirebon,- Sekolah Tinggi Farmasi (STF) Muhammadiyah Cirebon yang berlokasi di Jalan Cideng Indah No. 3 Kertawinangun, Kabupaten Cirebon merupakan transformasi berkemajuan dari Akademi Farmasi...

Daop 3 Cirebon Serahkan Barang Temuan Kepada Kepolisian

Cirebon,- PT. KAI Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon menyerahkan 14 barang berharga milik penumpang KA yang tertinggal kepada Unit Reskrim Polres Cirebon Kota, Kamis...

More Articles Like This