Kamis, 20 Januari 2022

Fanny Naftalena Sosok Multitalenta yang Pandai Mengatur Waktu

Populer

Situs Sumur Buah, Bukti Penyebaran Islam di Cirebon

Cirebon,- Cirebon merupakan salah satu kota yang amat kental nuansa Islamnya. Cirebon merupakan pula salah satu kota yang disinggahi...

Tiga Prodi Memulai Kegiatan Perkuliahan di Kampus ITB Cirebon

Cirebon,-:Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), telah memulai program multikampus sebagai wujud pengembangan institusi...

Awal Tahun, Manulife Mulia Putri Agency Mulai dengan Peduli Dunia Pendidikan

Cirebon,- Awal tahun, Manulife Mulia Putri Agency menyalurkan bantuan berupa perlengkapan sekolah dan paket sembako. Bantuan itu diberikan kepada...

Polresta Cirebon Berkomitmen Menindak Tegas Geng Motor yang Meresahkan Masyarakat

Cirebon,- Seluruh jajaran Polresta Cirebon berkomitmen keras untuk pemberantasan geng motor di wilayah Kabupaten Cirebon. Hal ini dilakukan untuk...

Permudah Proses Kepemilikan Rumah, Tulus Asih Group Gelar Akad Kredit Massal

Cirebon,- Memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin memiliki rumah impian, Tulus Asih Group, Developer Properti Terbesar Se-Wilayah III Cirebon...

Cirebon,- Dibesarkan oleh ibu yang single parent, menjadikan sang anak Fani Mutyaning Purwandari terbiasa produktif sejak tahun 2002 lalu. Saat itu dia baru kelas 2 SMP di Magelang, Jawa Tengah.

Berkat kemandirian dan kerja kerasnya, ia kini terbiasa dengan kegiatan yang beragam. Mulai jadi pekerja kantoran di salah satu Bank di Cirebon, menjadi Master of Ceremony (MC), ibu dengan 2 orang anak, mengurus suami, Make Up Artis (MUA), dan juga membuat konten youtube.

“Jadi dulu pas SMP, saya memanfaatkan waktu luang dengan membuka jasa pengetikkan skripsi, tugas akhir, dan sebagainya. Dan pas SMA freelance sebagai penyiar radio,” ungkap wanita yang dikenal dengan nama showbiz, Fanny Naftalena ini kepada About Cirebon, beberapa waktu lalu.

Loading...

Sedangkan di masa kuliah di Yogyakarta, Fanny juga bekerja sebagai penyanyi dan foto model. Dia mengaku, menjadi perempuan mandiri adalah salah satu edukasi dari ibunya yang ditanamkan sejak dia kecil.

Kemudian, saat dinyatakan lulus kuliah dia memutuskan untuk menikah namun tetap diperbolehkan bekerja dan juga berkarya. Sampai akhirnya hijrah dan menetap di Cirebon, lalu menjadi seorang Bankir di salah satu perusahaan perbankan (BUMD).

“Berbekal dengan skill yang pernah dimiliki dalam dunia entertainment membuat saya lebih mudah bergaul dan beradaptasi. Saya juga sering melakukan brainstorming dengan orang lain dan selalu berusaha menjadi orang yang open minded lalu muncullah ide-ide untuk berkarya,” ungkap wanita kelahiran 30 Maret itu.

BACA YUK:  Satreskrim Polresta Cirebon Berhasil Tangkap Anggota Geng Motor yang Terlibat Pengeroyokan dan Penganiayaan

Ketertarikan dalam seni dia tuangkan untuk bermake-up. Fanny tertarik untuk mempelajari lebih dalam dunia makeup melalui Youtube dan mengikuti short course lalu menguatkan keberanian untuk mempromosikan diri melalui sosial media, hingga akhirnya sebagai profesi tambahan baginya.

BACA YUK:  Jelang Pergantian Tahun, Wali Kota Cirebon Minta Masyarakat Tetap Patuhi Aturan

Tak berhenti di situ saja, keterampilan berbicara dan pengalaman menjadi seorang penyiar membuat Fanny seringkali dipercaya membawakan acara di kantor tempatnya bekerja. Lalu bergabung dengan komunitas public speaker/MC dan secara berkala mengikuti kelas public speaking.

“Dengan memanfaatkan relationship dan media sosial, saya mulai mempromosikan diri sebagai Master of Ceremony secara komersial, seperti acara wedding, engagement, birthday, dan lainnya,” papar wanita yang hobi travelling tersebut.

Sadar akan perkembangan sosial media yang begitu kuat, Fanny juga berpikir ingin memiliki Pasive Income dari Youtube. Meskipun demikian, Fanny lebih fokus pada manfaat apa yang bisa Fanny berikan kepada orang lain dan mungkin hal ini yang memudahkan Fanny untuk dapat monetesasi dan resmi bergabung dalam Youtube Partner Program hanya dalam waktu 5 bulan saja.

Sementara itu, manfaat yang dirasakan oleh penonton youtube membuat mereka tertarik lebih dalam untuk sharing dengan Fanny dan begitu banyak request agar Fanny dapat membuka kelas khusus. Selain itu Relationship Fanny juga seringkali mengundang untuk menjadi pemateri atau sharing kepada para karyawannya.

“Berkat youtube dan keterampilan tersebut membuat saya menemukan profesi baru yaitu menjadi seorang trainer,” singkatnya.

Namun, semakin banyak aktivitas semakin berhadapan dengan risiko. Apalagi Fanny selalu ingin mencari peluang-peluang baru dan keluar dari zona nyamannya.

Meskipun Fanny seringkali fokus pada kontek suka dibandingkan duka dalam menjalani banyak profesinya, kepada About Cirebon dia menceritakan tentang sedikit duka saat menjalani berbagai profesinya.

“Kesulitan dan ketidaknyamanan itu selalu terjadi saat kita memulai. Misal untuk pertama kalinya melakukan sesuatu, terbersit ah gak mudah kayanya. Dan rasanya itu mirip ketika kita mau menaiki wahana flying fox. Ada deg-degannya, takut risiko jatuh atau gagal, antara mau lanjut atau mundur aja deh. Dan itulah kesulitan terberat ketika kita ingin memulainya,” bebernya.

BACA YUK:  Penanaman Pohon Jamblang dan Gayam di Taman Kehati Kota Cirebon

Sedangkan saat pertama kali menjadi MUA, Fanny sempat merasakan sehari semalam tidak bisa tidur dan harus berangkat bekerja jam 3 pagi, adalah hal yang berat. Tapi tetap dia jalani, karena yakin dan mampu.

Sama halnya saat bertugas sebagai MC pertama kali sangat menguras emosi. Melawan rasa takut, mengatasi grogi agar tetap memberikan yang terbaik untuk audience, itu bukan hal mudah waktu itu.

BACA YUK:  Selama Januari 2022, Hotel Neo Cirebon Hadirkan Korean Food Promo

“Tapi semakin banyak berlatih, dan meningkatkan kualitas diri maka semua ketakutan semakin mudah diatasi,” yakinnya.

Sampai kemudian, dia dijuluki sebagai wanita multitalenta, yang bisa membagi waktu dengan segudang kegiatan dan rutinitasnya. Karena dia percaya selagi ada kemauan, keberanian, dan juga dukungan orang sekitar, adalah kunci keberhasilan.

“Cara pertama yang bisa dimulai untuk menetapkan sesuatu adalah yang kita sukai atau kita gemari, lalu bangkitkan kemauan tersebut untuk belajar dan keberanian untuk memulai. Nah ke dua point ini bersumber dari internal,” jelasnya.

Berikutnya adalah dukungan eksternal yang juga sangat penting, untuk menciptakan sebuah lingkungan yang mendukung. Mulai dari temukan anggota keluarga yang mendukung, menentukan teman yang memberi dampak positif, dan bergaul dengan orang-orang yang dapat membantu meningkatkan kualitas diri.

“Setelah tiga point tadi selanjutnya hanyalah PD atau percaya diri dengan apa yang kita jalani, fokus pada pencapaian diri kita, bukan membandingkan dengan pencapaian orang lain,” tegasnya.

Fanny juga memiliki harapan dan keinginan besar untuk hidupnya kelak. Diantaranya yaitu ingin menjadi penulis buku, menjadi influencer, memiliki Wedding Organizer (WO) atau Event Organizer (EO), memiliki panti asuhan, dan ingin pula memiliki sekolah Islam terpadu terbaik di Indonesia. (AC560)

Loading...
- Advertisement -

Latest News

Tespoin Akan Gelar Munas di Bandung, Ini Agenda Kegiatannya

ABOUT SEMARANG – Perkumpulan Teknisi Ponsel Indonesia (Tespoin) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) dan silaturahmi yang akan digelar di Hotel...

Menghibur Anak Saat Vaksin, Transformer Hadir di Vaksin Merdeka

Cirebon,- Vaksinasi Merdeka anak usia 6-11 tahun yang diselenggarakan oleh Polres Cirebon Kota bersama dengan Pemerintah Kota Cirebon menghadirkan cosplay kartun, Rabu (19/1/2022). Kegiatan...

Perkuat Ekonomi Digital Indonesia, Telkomsel Bentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital

Cirebon,- Telkomsel memastikan keberlanjutan peta jalan transformasi sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, dengan membentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital, yang sekaligus menjadi wujud...

Forum Pengada Layanan Apresiasi Atas Diresmikan RUU TPKS

Cirebon,- DPR RI resmi menetapkan Rancangan Undang-undang (RUU) TPKS (Tindak Pidana Kekerasan Seksual) yang menjadi inisiator DPR. Dengan diresmikan RUU TPKS, Forum Pengada Layanan...

Satu Warga Ber-KTP Kota Cirebon Positif Omicron, Isolasi di Wisma Atlet Jakarta

Cirebon,- Satu warga Kota Cirebon dinyatakan positif COVID-19 varian Omicron. Namun, saat ini tengah menjalani isolasi di Wisma Atlet di Jakarta. Wali Kota Cirebon, Drs....

More Articles Like This