Fakultas Kedokteran UGJ Cirebon Kembali Melahirkan 42 Dokter Baru

Cirebon,- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon kembali melahirkan dokter baru. Sebanyak 42 dokter baru, mengikuti sumpah dokter ke-25 Fakultas Kedokteran UGJ tahun 2024 di Convention Hall The Luxton Cirebon Hotel, Jalan RA Kartini, Kota Cirebon, Selasa (6/2/2024).

Ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ), Prof. Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si mengatakan para dokter yang baru saja lulus telah mengucapkan sumpah dokter yang mewakili komitmen untuk mengabdikan diri kepada profesi yang mulia ini.

“Dokter baru yang disumpah hari ini sejumlah 42 dokter baru. Jumlah tersebut menjadi 516 lulusan FK UGJ yang saat ini usianya telah 15 tahun,” ujar Mukarto usai acara.

Hal ini, kata Mukarto, menjadi prestasi yang sangat membanggakan bagi FK UGJ yang usianya ke-15 tahun. Untuk itu, Mukarto berharap kepada dokter baru yang baru lulus, jadilah dokter profesional yang terus mengabdi, berkomitmen untuk kepentingan bangsa dan masyarakat yang membutuhkan.

BACA YUK:  Hadirkan Konsep All You Can Eat, Buka Puasa di Dapur Ramadhan Cordela Hotel Cirebon Hanya Rp 98 Ribu

“Profesionalisme harus terus dijaga dengan terus mengembangkan keilmuannya, skillnya dan attitude nya. Seorang profesional itu harus memilik tiga tadi, knowladge, skill dan attitude,” katanya.

Mukarto berharap, dokter-dokter baru ini bisa terus mengembangkan keilmuannya dan skillnya, serta melanjutkan pendidikan ke jenjang spesialis san yang paling tinggi. Karena menurut Mukarto, ilmu kedokteran terus berkembang.

“Saya berpesan juga kepada mereka untuk jangan berhenti belajar, karena dari hari ke hari, keilmuan di bidang kedokteran terus berkembang,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UGJ Cirebon, Prof Dr. H. Achmad Faqih, SP, MM menambahkan FK UGJ Cirebon hari ini sudah meluluskan sebanyak 42 dokter baru. Dari 42 dokter baru tersebut, terdapat 30 dokter baru perempuan dan 12 dokter baru laki-laki.

BACA YUK:  DPRD Kota Cirebon Sampaikan Rekomendasi atas LKPj Walikota Tahun 2023

“Sampai saat ini, FK UGJ telah melahirkan 516 dokter yang sekarang sudah mengabdi dan menyebar di seluruh Indonesia. Dengan dilantiknya dokter baru ini, kiprah FK UGJ sudah banyak membantu masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan,” ujarnya.

Faqih berharap dengan di sumpah dokter baru ini, FK UGJ dapat membantu lagi di bidang kesehatan, khususnya membantu pemerintah. Karena, kata Faqih, banyak sekali target-target pemerintah di bidang kesehatan yang harus dicapai dalam menyukseskan di bidang kesehatan di masyarakat.

“Terutama dalam menangani stunting, kemiskinan ekstrim, serta mengatasi yang berkaitan dengan penyakit-penyakit yang mewabah di tengah masyarakat. Untuk itu, FK UGJ dituntut untuk membantu program ini,” katanya.

BACA YUK:  Info Loker ! Lowongan Kerja Terbaru di Army Online Shop April 2024

Dekan FK UGJ, dr. H. Catur Setiya Sulistiyana, M.Med.Ed. mengatakan FK UGJ Cirebon telah meluluskan 516 dokter, dan ini adalah wujud dari kepedulian UGJ terhadap kesehatan. Pihaknya berharap seluruh alumni FK UGJ dapat memberikan kontribusi dalam layanan kesehatan di Indonesia.

“Alhamdulillah dari 516 dokter sudah banyak yang berkiprah di pelayanan dasar dan ada juga yang sudah mengambil spesialis. Harapannya, mereka bisa menjadi dokter-dokter yang kompeten dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” singkatnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *