Empal Gentong Instan, Buah Tangan Khas Cirebon yang Praktis

0
292
Rachma Livia

Cirebon,- Empal gentong semakin bertransformasi menjadi lebih praktis dan ekonomis. Kali ini tersedia empal gentong instan yang bisa disajikan sendiri di rumah, hanya dalam hitungan menit langsung bisa disajikan.

Setelah melalui uji coba, Ratih Rachmaviati saat ini mulai memasarkan empal gentong instan nya secara online melalui instagramnya @mrh_traditionalfood. Dia mengaku, inovasinya ini melalui proses trial and error. Namun setelah percaya diri, Ratih memasarkannya.

Aston Hotel

“Konsen saya adalah ke produk oleh-oleh tradisional, karena banyak permintaan untuk makanan khas tradisional ini yang dikemas sebagai oleh-oleh yang praktis,” jelasnya kepada About Cirebon.

Empal Gentong Instan untuk harga retail dibanderol Rp 20 ribu. Isi dalam satu kemasan tersebut berisi daging sapi, bumbu rempah, sambal kering, bawang goreng, kucai, dan juga kerupuk. Penyajiannya cukup mudah dengan mendidihkan air sebanyak 300 ml, masukkan semua bumbu, setelah kurang lebih 3 menit empal gentong instan siap disajikan. Satu kemasan cukup untuk 1 mangkuk atau satu porsi.

“Selain untuk oleh-oleh, biasanya bagi yang malas masak atau bingung cara memasak empal gentong, akan lebih praktis menyeduh empal gentong instan ini,” jelasnya.

Istana Kerang

Dia mengaku, sudah ada beberapa toko oleh-oleh yang siap memasarkan empal gentong instan miliknya. Salah satunya yaitu oleh-oleh nusantara yang ada di Bali.

Ratih juga menjual beberapa produk oleh-oleh lainnya seperti cireng crispy aneka rasa, cilok, siomay, dan lainnya. Biasanya untuk oleh-oleh jenis ini dijual secara frozen atau beku agar produk tetap terjaga kualitasnya. Bahkan untuk oleh-oleh ini sudah tersebar di banyak toko oleh-oleh seperti di Palembang, Mataram, Bandung, Jakarta, dan lainnya sejak 3 tahun lalu.

“Ke depannya saya ingin terus mengembangkan kuliner instan lainnya. Bahkan sedang diuji coba tahu gejrot instan,” tutupnya. (AC560)