Ekonomi Syariah Meningkat, Universitas Berbasis Syariah Pun Semakin Diminati

Bandung,- Jurusan yang berbasis ekonomi syariah memang mulai diminati oleh banyak orang. Hal ini karena mulai banyaknya aktivitas ekonomi yang berbasis syariah di Indonesia.

Tidak hanya itu, faktor lain yang mendorong pertumbuhan aktivitas ekonomi syariah di Indonesia yang begitu cepat juga disebabkan jumlah penduduk Muslim yang ada di Indonesia mencapai 87,2% dari populasi.

Sehingga, jumlah tersebut membuat penduduk muslim di Indonesia menjadi masyarakat mayoritas dan itu menjadikan potensi perkembangan sektor keuangan dan ekonomi syariah menjadi sangat besar.

Taman Kampus Universitas Masoem

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan dalam siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada 29 April 2021 lalu, adanya potensi keuangan syariah di Indonesia yang sangat besar dapat dilihat dari perkembangan indeks inklusi keuangan yang meningkat didukung dengan total aset keuangan syariah.

BACA YUK:  Jadikan ADWI Program Unggulan, Sandiaga Uno Fokus Ciptakan Lapangan Kerja yang Berdampak pada Peningkatan Ekonomi Masyarakat

“Potensi keuangan syariah di Indonesia sangat besar. Ini terlihat dari perkembangan indeks inklusi keuangan yang meningkat didukung dengan total aset keuangan syariah. Selain itu juga didukung penyaluran KUR Syariah dan jumlah debitur syariah yang terus meningkat,” katanya dikutip pada Minggu, 17 April 2022.

Sementara itu, berdasarkan data yang disampaikan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bahwa pada tahun 2021, Indonesia berada di peringkat ke-4 dunia dalam hal pengembangan keuangan syariah setelah Malaysia, Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab.

BACA YUK:  Tingkatkan Imunitas, DKPPP Kota Cirebon Berikan Vitamin untuk Hewan Ternak

Sedangkan, aset keuangan syariah di Indonesia menempati peringkat 7 dunia dengan total aset sebesar US$99 miliar pada tahun 2021.

Mahasiswa Universitas Masoem siap KKN

Beberapa hal tersebut yang juga mendorong pemerintah untuk menyediakan pendidikan dengan jurusan bahkan fakultas yang berbasis syariah di seluruh Indonesia, tidak terkecuali untuk wilayah Jawa Barat.

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri pada tahun 2021 mencatat bahwa Jawa Barat menjadi provinsi peringkat pertama yang memiliki jumlah penduduk Muslim terbesar di Indonesia.

BACA YUK:  OPINI : Cirebon Katon ; Tari Topeng Cirebon Kesenian yang Jadi Media Dakwah

Oleh sebab itu, tidak dapat dipungkiri apabila Bandung sebagai ibu kota provinsinya memiliki beberapa universitas yang menyediakan prodi atau jurusan bahkan fakultas berbasis syariah.

Lobi Kampus Universitas Masoem

Salah satu universitas di Bandung yang memiliki jurusan berbasis syariah adalah Ma’soem University yang merupakan universitas swasta yang menyediakan beberapa jurusan berbasis syariah, diantaranya perbankan syariah dan manajemen bisnis syariah.

Diketahui kedua prodi tersebut berada dalam satu fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Ma’soem University sendiri menjadi universitas di Bandung yang didirikan di bawah Yayasan Al Ma’soem yang juga memiliki jenjang pendidikan TK, SD, SMP dan SMA, lokasinya di Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat (*)

(Dilihat: 87 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.