Selasa, 25 Januari 2022

Edukasi Perlindungan Konsumen, BPKN Republik Indonesia Gelar Sosialisasi

Populer

Bakso Rusuk Joss Sajikan Menu Fenomenal dan Tempat yang Nyaman

Cirebon,- Kamu pecinta bakso? Jangan ngaku pecinta bakso kalau kamu belum coba bakso yang unik, viral dan fenomenal ini,...

Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang di berbagai daerah, Crab 1818 kini membuka kembali di Majalengka, Sabtu (22/1/2022). Lokasinya berada...

Deteksi Dini Semakin Krusial Cegah Progresivitas Glaukoma, Faktor Anatomis Turut Berpengaruh Memicu Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronis

Jakarta,– Nyaris tak memiliki gejala pada tahap awal, glaukoma berpotensi memberi impak yang lebih fatal: kebutaan permanen. Peningkatan tekanan...

Kerja Sama dengan Kodim 0620/Cirebon, Aston Cirebon Jalani Vaksin Booster COVID-19

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk seluruh karyawan, Sabtu (22/1/2022)....

Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang....

Cirebon,- Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Republik Indonesia menggelar Sosialisasi Edukasi Perlindungan Konsumen di Era Digital, yang berlangsung di Nasi Jamblang Hj. Lili, Jalan Kabupaten, Kota Cirebon, Selasa (17/12/2019).

Arief Safari, selaku Koordinator Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN RI mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada komunitas yang ada di wilayah Kota Cirebon terkait perlindungan konsumen.

“Sekarang ini melihat bahwa, hasil survei yang dilakukan oleh Kemendag masalah Indek Keberdayaan Konsumen dari tujuh dimensi yang diukur nilanya adalah 41,7. Hasi ini meningkat dari tahun 2018 yang lalu,” ujarnya kepada About Cirebon.

Loading...
BACA YUK:  Rayakan Hari Jadi yang Pertama, GH Kopi Cirebon Gelar Event GH Jazz Day

Lanjut Arief, pada tahun 2018 yang lalu nilainya 41 dan tahun menjadi 41,7. Namun dari tujuh dimensi yang diukur masih ada dua dimensi yang rendah, pertama yaitu mengenai pemahaman hak dan kewajiban konsumen dan juga pemahaman terhadap kelembangaan PK.

“Jadi konsumen tidak paham, kalau mau mengadu harus mengadu kemana. Kemudian hak-hak yang dilanggar apa saja merek tidak paham. Itu nilanya 23, dan rendah dari pada 41,7,” terangnya.

Kemudian dimensi yang kedua yang rendah, lanjut Arief, yaitu prilaku masalah pengaduan. Secara budaya, konsumen di Indonesia menerima saja, saat ada haknya dilanggar membiarkan saja.

“Karena konsumen tidak mau ribet dan tidak mau ribut, padahal tanpa melakukan pengaduan pelaku usaha tidak tau sebetulnya apa yang mereka keluhkan. Sehingga, mereka tidak memberikan satu perbaikan kedepannya,” bebernya.

“Jadi sosialisasi dan edukasi ini penting, konsumen harus berani mengadu. Oleh karena itu kami menyampaikan apa saja hak dan kewajiban konsumen,” imbuhnya.

Pada tahun 2019, kata Arief, pengaduan di BPKN meningkat,  pada tahun 2018 580 pengaduan dan tahun ini sampai 1.510 pengaduan, dan 80 persennya adalah terkait masalah perumahan.

BACA YUK:  Menjadi DPO Selama 2 Tahun, Kejaksaan Negeri Kota Cirebon Amankan Terpidana Kasus Fidusia

“Dari 80 persen pengaduan ini kasus yang terjadi karena ketidakjelasan mengenai akte jual beli maupun sertifikat,” ungkapnya.

Pihaknya berharap dengan melakukan sosialisasi dan edukasi ini, maka konsumen paham akan hak dan kewajibanya. Sehingga apabila hak-haknya dilanggar, mereka berani untuk mengadukan hal tersebut.

“Pengaduan ini bisa dilakukan melalui online atau bisa melalui WA 08153 153 153, atau kalau berpekara bisa salurkan kepada Badan Lembaga Sengketa Konsumen yang ada di Kabupaten/Kota,” tutupnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Rayakan Hari Jadi yang Pertama, GH Kopi Cirebon Gelar Event GH Jazz Day

Cirebon,- Green House (GH) Kopi Cirebon yang berlokasi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa No. 113, Kedungjaya, Kabupaten Cirebon menggelar...

Pemda Kota Cirebon Mulai Pelaksanaan Vaksinasi Booster COVID-19 untuk Lansia dan Pelayanan Publik

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon mulai menjalankan program vaksinasi dosis tiga atau booster. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga tersebut berlangsung di Gedung Sekretariat...

SMKN 2 Kota Cirebon Luncurkan SMK Pusat Keunggulan dan Le Zaat Bake House

Cirebon,- SMKN 2 Kota Cirebon meluncurkan SMK Pusat Keunggulan program keahlian kuliner tahun 2022, Senin (25/1/2022). Selain itu, acara yang berlangsung di SMKN 2...

Mulai Besok Pagi, Tol Cisumdawu Seksi I Terapkan Tarif Gratis Selama Dua Minggu

Bandung,- Tol Cisumdawu dibuka mulai besok, Selasa (25/01/22) pukul 06.00 untuk seksi I sepanjang 11,45 kilometer yang menghubungkan antara Cileunyi dan Pamulihan. Adapun tarif tol...

More Articles Like This