Dunia Bisnis Cirebon : Antara Inovasi dan Stagnasi

Dunia Bisnis Cirebon : Antara Inovasi dan Stagnasi

Oleh : Agus Gineer 

 

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan dunia bisnis di Cirebon berkembang sangat pesat. Hampir banyak perusahaan nasional menanamkan modalnya di Cirebon atau membuka cabang di Cirebon. Jika diamati, dunia usaha ini jika tidak diimbangi oleh inovasi dan ekspansi konsumen dalam arti hanya mengandalkan Cirebon saja maka lama kelamaan dunia usaha di Cirebon akan saling berjatuhan.

Hal ini disebabkan oleh konsumen yang mempunyai daya beli terbatas sedangkan pemain di dunia usaha sangat banyak. Di sinilah posisi dunia usaha yang bisa mempromosikan diri dan berinovasi akan eksis dan berkembang. Sebaliknya, yang tidak bisa promosi dan hanya stagnan dengan pola lama akan berjatuhan.

BACA YUK:  Solusi Islam Menghentikan Kaum Pelangi

Letak Cirebon yang strategis di antara jalur pantura baik yang menuju ke Jakarta maupun Surabaya hendaknya bisa dijadikan sebagai keunggulan dibandingkan kota lain. Perlu adanya daya tarik untuk bisa agar masyarakat di luar Cirebon berbondong-bondong ke Cirebon sebagai konsumen yang mempunyai daya beli tidak hanya dari wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) tapi juga Jawa Bagian Utara seperti Purwakarta, Subang, Brebes, Tegal dan Pekalongan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *