Dukung UMKM dan Ramah Difabel, Daop 3 Cirebon Gelar Pojok UMKM dan Pentas Musik Difabel

Cirebon,- Masa arus balik lebaran 1444 H, PT KAI Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon membuka pojok UMKM Ekonomi Kreatif di ruang tunggu Stasiun Cirebon, Senin (24/4/2023). Pojok UMKM tersebut akan berlangsung dari tanggal 24 – 30 April 2023 dengan melibatkan sebanyak 25 UMKM dari Kabupaten dan Kota Cirebon, serta Kabupaten Indramayu.

Selain menghadirkan para UMKM, PT Daop 3 Cirebon juga menghadirkan live musik untuk menghibur penumpang yang sedang menunggu kereta. Live musik ini dimeriahkan oleh Katon Wiranata dan Halimah dari anak-anak difabel.

Takdir Santoso, Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon mengatakan mulai hari ini, kami PT KAI Daop 3 Cirebon mengadakan pojok UMKM Ekonomi Kreatif dan juga pentas musik difabel. Kegiatan ini, lanjut Takdir, bertujuan untuk mengenalkan produk-produk UMKM kepada pengguna kereta api.

BACA YUK:  Dukung Pelestarian Lingkungan Lewat Kampanye Tanam Oksigen, Indosat Rilis Film Pendek Jaga Raya

“Jadi kegiatan ini merupakan bentuk dukungan KAI untuk kemajuan UMKM di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon, serta Kabupaten Indramayu. Kami juga menghadirkan pentas musik dari difabel,” ujar Takdir kepada About Cirebon.

Selain memperkenalkan produk-produk UMKM, kata Takdir, PT KAI Daop 3 Cirebon ingin memperkenalkan kepada pelanggan bahwa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon secara bertahap melengkapi fasilitas untuk difabel.

“Mulai dari untuk naik turun kereta maupun fasilitas di Stasiun sudah ramah difabel. Fasilitasnya seperti menggunakan ubin guiding block, kemudian tangga naik turun kereta, kursi standar yang memang harus kita penuhi untuk difabel,” katanya.

BACA YUK:  Libur Isra Miraj dan Imlek 2024, Daop 3 Cirebon Siapkan 14.210 Tempat Duduk

Takdir menjelaskan bahwa untuk kegiatan-kegiatan bagi difabel di wilayah Daop 3 Cirebon akan mengupayakan agenda khusus difabel. Seperti pada event-event tertentu akan diadakan, sehingga menurut Takdir, bisa memperkenalkan keterampilan maupun keahlian difabel.

“Selain itu, produk-produk dari UMKM juga bisa diperkenalkan kepada khalayak umum, khususnya kepada pelanggannya kereta api. Karena stasiun merupakan titik temu dari berbagai kalangan, jadi potensi untuk memperkenalkan itu makin banyak,” ungkapnya.

Takdir berharap dengan Pojok UMKM ini dapat meningkatkan penjualan dan memperkenalkan produk UMKM kepada pasar yang lebih luas. Dengan terus pulihnya layanan angkutan penumpang KAI pada masa angkutan lebaran 2023, maka semakin banyak masyarakat yang beraktivitas di Stasiun dan semakin besar kesempatan penjualan produk UMKM.

BACA YUK:  Bentani Hotel Cirebon Gelar Donor Darah dengan Tema “Love At The First Drop”

Selain itu, PT KAI Daop 3 Cirebon memberikan 100 suvenir untuk para penumpang kereta api yang mengunjungi tenant di Pojok UMKM dan melakukan transaksi pembelanjaan. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *