Dua TPS di Kota Cirebon Ganti Tinta Pilkada dengan Tinta Kunyit

Cirebon,- Dua Tempat Pemungutuan Suara (TPS) di Kota Cirebon menggunakan tinta kunyit penganti tinta pemilu.

Dua TPS tersebut berada di TPS 25 Pesantren Benda Kerep dan TPS 26 Lebak Ngok Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 25, RW 11 RT 1, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Hasbullah mengatakan beberapa kali berjalan pemilu atau pilkada, warga Benda Kerep menggunakan kunyit sebagi pengganti tinta pemilu.

“Alasan mengganti kunyit, karena warga khawatir kalau menggunakan tinta pemilu susah dihilangkan,” ujarnya kepada About Cirebon, Senin (26/6/2018).

BACA YUK:  "AIA Sepak Bola Untuk Negeri" Hadir di Bandung Gandeng Pelatih Tottenham Hotspur Untuk Kembangkan 100 Talenta Muda

Lanjut dia, khawatirnya tinta pemilu untuk ibadah seperti mau sholat susah hilang, dan menghalangi untuk air wudhu.

“Untuk tinta kunyitnya sudah disediakan dari KPU Kota Cirebon, tapi biasanya warga sudah menyiapkan juga,” katanya.

Sekedar diketahui, untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 25 Benda Kerep berjumlah 483 pemilih, yakni jumlah pemilih laki-laki berjumlah 243 orang dan 240 pemilih perempuna.

Hampir setiap pemilu atau Pilkada, kata Hasbullah, masyarakat di Benda Kerep yang berpartisipasi tidak sampai 50 persen.

BACA YUK:  Jadikan Skala Prioritas, Sekda Minta SKPD Hadir Saat Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon

Ia berahap, pada Pilkada tahun ini, masyarakat sadar akan hak-hak untuk menyukseskan pilkada dan jumlah partisipasi masyarakat bisa mencapai lebih dari 50 persen. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *